Panduan Dasar Mengurus Anak

Panduan Dasar Mengurus Anak

Berikut ini adalah Hal yang Perlu Anda Ketahui yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Jika anda memiliki anak, dan jika Anda merasa agak di luar kendali dan membutuhkan beberapa panduan tambahan, Anda tidak sendirian.

Tetapi di antara semua hal seperti ‘kecelakaan’ pispot, bangun pagi, pertengkaran saudara kandung, dan menunggu di jalur penjemputan prasekolah, Anda mungkin memiliki energi yang tersisa untuk membaca buku parenting penuh nasihat.

Pada saat yang sama, perhatian adalah hal utama, dan beberapa orang memasukkannya ke dalam filosofi pengasuhan mereka. Strategi yang bermanfaat ini mungkin bukan ide yang buruk. Berikut adalah ikhtisar tentang pengasuhan yang penuh perhatian dan mengapa mungkin ada baiknya mengambil waktu ekstra untuk bernafas saat berikutnya Anda menghadapi situasi yang membuat frustrasi.

Dengan sendirinya, perhatian adalah praktik hidup di saat ini. Itu berarti Anda menyadari di mana Anda berada di dunia, apa yang Anda pikirkan, dan bagaimana perasaan Anda di dalam dan luar.

Bukan hanya itu, tapi perhatian juga tentang melihat dunia dengan penilaian yang lebih sedikit dan penerimaan yang lebih besar. Gagasan membawa kesadaran pada saat ini adalah inti dari meditasi Buddhis, dan telah dipraktikkan dan dipelajari selama berabad-abad.

Gagasan pengasuhan yang penuh perhatian secara khusus telah ada semenjak 1997. Intinya, ini menerapkan prinsip perhatian pada banyak situasi di keluarga Anda yang kadang-kadang bisa terasa sedikit gila.

Tujuan membawa perhatian penuh pada pengasuhan anak adalah untuk merespons dengan sungguh-sungguh perilaku atau tindakan anak Anda versus sekadar bereaksi. Anda berusaha menerima anak Anda dan, pada gilirannya, untuk diri Anda sendiri. Memelihara hubungan Anda dengan cara ini dapat membantu perkuat ikatan Anda dan menghasilkan manfaat lain.

BACA JUGA:  10 Jenis Stiker yang Ada di Pasaran

Ini bukan untuk mengatakan bahwa jadi orang tua yang penuh perhatian selalu berarti berpikir positif. Alih-alih, ini tentang benar-benar terlibat di saat ini dan tidak membiarkan emosi atau trauma dari masa lalu atau masa depan mewarnai pengalaman Anda atau reaksi Anda. Anda mungkin masih merespons dengan amarah atau frustrasi, tapi itu berasal dari tempat yang lebih luas dan bukan yang otomatis.

Ada banyak penelitian yang telah melihat kemungkinan manfaat yang berkaitan dengan pengasuhan penuh perhatian dan kepedulian penuh perhatian. Bagi orang tua, manfaat ini mungkin termasuk mengurangi stres dan gangguan suasana hati, seperti depresi dan kecemasan.

Untuk anak-anak, pengasuhan anak yang bijaksana dapat membantu dalam pengambilan keputusan sosial. Jadi, pemahaman dan penerimaan emosi yang dipromosikan oleh pola asuh seperti ini dapat membantu anak-anak mengerjakan keterampilan hidup yang penting ini semenjak usia sangat muda.

Parenting yang penuh perhatian bahkan dapat mengurangi potensi penganiayaan, seperti kekerasan fisik. Sebuah studi 2007 menunjukkan beberapa pengurangan pelecehan anak di antara orang tua yang menggunakan strategi perhatian yang berbeda. Bukan hanya itu, tapi sikap mengasuh anak juga meningkat. Begitu juga masalah perilaku anak.

Jadi seperti apa pengasuhan yang penuh perhatian nampak dalam tindakan dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi pendekatan Anda terhadap tantangan pengasuhan anak.

Luangkan waktu sejenak untuk bernafas. Anda mungkin menemukan pikiran Anda berkeliaran ke semua malam sebelumnya ketika si kecil Anda menolak tidur. Anda mungkin khawatir mereka tidak akan pernah tidur lagi atau bahwa Anda tidak akan pernah memiliki waktu dewasa untuk diri sendiri. Emosi Anda bisa berubah. Tetapi, sekali lagi, bernapaslah. Anda ada dalam hal ini. Dan Anda telah mendapatkan ini.

BACA JUGA:  10 Cara Mengatasi Anak yang Suka Pilih-pilih Makanan

Berhentilah untuk memahami emosi Anda, yang semuanya normal. Apakah Anda merasa marah atau frustrasi? Akui ini tanpa menilai diri sendiri. Berhentilah lagi untuk memahami dan menerima bahwa banyak bayi sulit tidur sepanjang malam dan bahwa malam ini tidak berarti setiap malam selama sisa hidup.

Jadi, apa yang membedakan pengasuhan anak secara sadar dari gaya pengasuhan lainnya? Ini bukan soal lakukan sesuatu secara khusus, melainkan tentang meluangkan waktu untuk sekadar jadi. Jika itu terdengar agak aneh bagi Anda, jangan khawatir. Jelas ini adalah perubahan pikiran yang mungkin perlu waktu untuk dipahami.

Scroll to Top