Mencari Tahu Mengenai Pro dan Kontra dari Memukul Anak

Mencari Tahu Mengenai Pro dan Kontra dari Memukul Anak

Berikut ini adalah Cari Tahu Mengenai Pro dan Kontra dari Memukul Anak yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Penelitian terbaru dari University of Texas mengumpulkan lebih dari lima dekade data studi. Para ahli sampai pada kesimpulan yang agak mengejutkan: Tamparan/Pukulan menyebabkan kerusakan emosional dan perkembangan yang sama seperti pelecehan terhadap anak-anak.

Menurut penelitian, semakin banyak anak-anak yang dipukul, semakin besar kemungkinan mereka menentang orangtua mereka dan mengalami perilaku antisosial, agresi, masalah kesehatan mental, dan kesulitan kognitif.

Ini tentu bukan satu-satunya studi sejenis. Ada banyak penelitian lain yang menyoroti efek negatif dari memukul. Mengapa ada perbedaan antara penelitian dan pendapat orangtua?

Jelas, orangtua harus melihat bahwa ada beberapa hal positif yang hilang dari penelitian supaya mereka tetap menggunakan pukulan sebagai bentuk hukuman. 

Jadi, apa yang dipercaya orang sebagai kelebihan dari memukul:

1. Dalam lingkungan yang terkendali, memukul mungkin adalah bentuk hukuman yang efektif.

2. Ini mungkin mengejutkan anak Anda untuk berperilaku lebih baik.

3. Semua anak merespons secara berbeda terhadap berbagai bentuk hukuman.

Sementara, berikut adalah kekurangan atau kontra memukul anak:

1. Itu bisa menyebabkan agresi.

2. Para ahli menentangnya.

3. Ada keadaan yang sangat terbatas di mana itu akan efektif.

Memukul pantat dapat menimbulkan respons yang sama dalam situasi yang sama-sama berbahaya (meskipun, sekali lagi, penelitian menunjukkan bahwa memukul tidak mengubah perilaku jangka pendek atau jangka panjang). 

Terkadang, Anda ingin pesan itu berdering dengan keras dan jelas. Anda ingin kejutan itu tetap bersama anak Anda selama berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun setelah kejadian itu. 

BACA JUGA:  Benarkah Susu Soya Hanya untuk Anak yang Mempunyai Alergi Susu Sapi?

Pada akhirnya, melindungi anak-anak kita seringkali berarti menghentikan mereka lakukan hal-hal yang berbahaya.

Memukul adalah keputusan orangtua yang harus dibuat secara individu. Lakukan riset dan bicaralah dengan orang-orang dan pakar dalam hidup Anda yang Anda percayai. 

Jika Anda memilih untuk memukul, usahakan untuk memastikan Anda hanya menerapkan bentuk hukuman ini dengan cara yang tenang dan terukur sebagaimana yang disarankan oleh penelitian positif supaya efektif.

Selain itu, teruslah menyayangi anak-anak Anda dan berikan rumah yang hangat dan penuh perhatian untuk mereka. Semua anak membutuhkan itu.

Scroll to Top