Mencari Tahu Kemungkinan Baik dan Buruk dari Hamil Anak Kembar dengan Program Kesuburan

Mencari Tahu Kemungkinan Baik dan Buruk dari Hamil Anak Kembar dengan Program Kesuburan

Berikut ini adalah Cari Tahu Kemungkinan Baik dan Buruk dari Hamil Anak Kembar dengan Program Kesuburan yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Pahami bahwa kehamilan kembar tidak selalu menyenangkan. Kehamilan anak kembar dapat membawa komplikasi tertentu dan secara otomatis akan membuat Anda masuk ke dalam klasifikasi “risiko tinggi” dengan dokter atau bidan Anda.

Misalnya, bayi kembar 12 kali lebih mungkin lahir lebih awal dibandingkan bayi tunggal. Dan mereka 16 kali lebih mungkin memiliki berat badan lahir rendah. 

Tidak hanya itu, wanita yang mengandung anak kembar juga berisiko lebih tinggi terkena preeklamsia dan diabetes gestasional.

Semua ini bukan berarti Anda tidak dapat memiliki kehamilan yang sepenuhnya sehat dengan dua bayi. Itu hanya berarti Anda mungkin perlu diawasi sedikit lebih dekat.

Di luar risikonya, banyak faktor yang meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar tidak sepenuhnya dalam kendali Anda. 

Jadi, meskipun Anda dapat memilih untuk makan lebih banyak produk susu dan ubi, Anda tidak dapat benar-benar mengubah tinggi badan, ras, atau riwayat keluarga dari banyak kelahiran. Menambah berat badan dengan sengaja sebelum hamil juga belum tentu adalah ide yang bagus.

Dan jika Anda mengandalkan memiliki anak di usia lanjut untuk meningkatkan peluang Anda memiliki anak kembar, pahamilah bahwa seiring bertambahnya usia, kesuburan berkurang dan lebih banyak kemungkinan kelainan kromosom.

Jika Anda masih terjebak pada dua gagasan, teknologi reproduksi dapat memberi Anda kendali terbesar. Namun para ahli saat ini merekomendasikan wanita yang lebih muda mentransfer hanya satu embrio per siklus IVF untuk hasil terbaik.

BACA JUGA:  Ketahui Persahabatan Pra-sekolah dan Manfaatnya

Obat peningkat ovulasi yang digunakan sendiri atau dengan IUI memerlukan resep dan dapat membawa beberapa risiko serius, seperti kemungkinan lebih tinggi mengalami hiperstimulasi ovarium atau kehamilan ektopik.

Obat-obatan dan prosedur seperti IVF juga mahal dan biasanya disediakan untuk pasangan yang telah didiagnosis infertilitas. Untuk wanita di bawah 35 tahun, infertilitas berarti tidak hamil dengan hubungan seksual berjangka waktu setahun. Dan untuk wanita di atas 35, jangka waktu ini dipersingkat jadi 6 bulan.

Bicaralah dengan dokter Anda, terutama ahli endokrin reproduksi jika Anda lakukan perawatan kesuburan untuk memiliki anak kembar. 

Dokter dapat memberi tahu Anda tentang risiko mengenai apa pun yang unik untuk Anda dan jika lakukan transfer multi-embrio dengan IVF mungkin jadi pilihan.

Scroll to Top