jenis-bahan-kaos-distro

9 Jenis Bahan Kaos Distro

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan kaos yang umum digunakan oleh distro ternama dan juga pemain industri konveksi lainnya, disertai beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Bahan Cotton Combed

Sumber: trimfit.com

Pertama-tama adalah bahan kaos Cotton Combed, yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagain besar dari kamu, karena memang bahan yang satu ini adalah yang paling banyak dignnakan, serta aman untuk kulit sensitif karena terbuat dari 100% kapas (cotton).

Tekstur permukaannya yang halus dan juga kehandalannya dalam menyerap keringat menjadikan Cotton Combed sebagai salah satu bahan kaos terbaik yang ada di pasaran.

Harga bahan kaos cotton combed ini sangat beragam, tergantung dari pilihan warna dan kuantitas pembeliannya, umumnya berada di rentang antara Rp80rb hingga Rp125rb per roll.

Bahan Cotton Carded

Sumber: jcbtshirts.co.za

Jenis bahan kaos selanjutnya adalah Cotton Carded, yang juga, serupa dengan Combed, terbuat dari 100% bahan kapas murni tanpa ada campuran sintetis ataupun bahan kimia.

Yang membedakan jenis kain ini dengan bahan kaos katun Combed adalah pada proses pemintalannya yang tidak disisir seperti pada bahan Cotton Combed sehingga permukaannya agak lebih kasar, masih terdapat banyak benang sisa, namun umumnya harganya lebih murah.

Bahan Cotton Viscose atau CVC

bahan-cvc-viscose

Sumber: falk-cross.eu

Kemudian ada juga bahan Cotton Viscose (CVC) yang merupakan bahan kaos dan pakaian yang terbuat dari campuran antara cotton dengan Polyester sehingga memiliki beberapa kelebihan yang dimiliki kedua jenis bahan tersebut.

Misalnya pada tingkat keawetannya yang sangat baik dikarenakan adanya campuran Polyester Viscose yang memiliki sifat sintetis dan berasal dari proses kimia, ditambah lagi pada permukaannya yang halus dikarenakan adanya campuran cotton murni di dalamnya.

Selain Cotton Combed dan juga Cotton Carded, jenis kain CVC ini juga sering dianggap sebagai salah satu bahan kaos terbaik yang juga umum digunakan sebagai bahan kaos distro.

Bahan Cotton TC (Teteron Cotton)

bahan-teteron-cotton-tc

Sumber: multivendor.info

Serupa dengan CVC, bahan TC (Teteron Cotton) ini merupakan bahan kaos yang terbuat dari campuran Polyester dengan Cotton atau katun murni, namun bedanya pada TC komposisi dari Polyester lebih banyak dibandingkan katunnya (Umumnya Polyester 65%-Cotton 35%).

Bahan TC sering dikenal sebagai bahan yang kurang adem alias mudah gerah saat digunakan karena tidak terlalu baik menyerap keringat, namun tidak mudah menyusut mesipun dicuci berkali-kali, berbeda dengan bahan-bahan yang dibuat dari 100% kapas murni, serta harga bahan-nya lebih murah dibandingkan harga bahan kaos Cotton Combed ataupun Carded.

Bahan Polyester (PE)

bahan-polyester

Sumber: Channel Youtube Patagonia

Bahan Polyester atau yang sering disebut dengan bahan kaos PE merupakan bahan kaos yang terbuat dari 100% bahan sintetis alias buatan, memiliki harga bahan yang lebih murah dibandingkan katun ataupun campuran, dan umum digunakan untuk kaos-kaos yang diproduksi secara massal.

Ciri khas dari bahan PE ini adalah pada tekstur permukaannya yang kasar serta panas saat digunakan karena tidak dapat menyerap keringat dengan baik, namun awet serta tidak mudah menyusut, dan juga anti jamur dan bakteri.

Bahan Hyget

bahan-hyget

Sumber :browntherkelsen2.jiliblog.com

Sama seperti PE, TC, dan CVC, bahan Hyget merupakan bahan kaos yang dibuat dari campuran antara Polyester dan Cotton, namun memiliki ketebalan yang minim alias lebih tipis dibandingkan lainnya.

Warna bahannya lebih mengkilap, tidak mudah kusut, namun sangat gerah alias panas saat dikenakan karena bahan ini sangat buruk dalam menyerap keringat, namun harganya sangatlah murah.

Karenanya, jenis kain ini lebih umum digunakan untuk memproduksi kaos dalam jumlah besar seperti kaos partai ataupun kaos souvenir yang tujuannya untuk dibagi-bagikan kepada banyak orang.

Bahan PIQUE / LACOSTE

bahan-lacoste

Sumber: 80casualclassics.co.uk

Bahan Pique atau sering disebut juga bahan Lacoste merupakan bahan yang terbuat dari 100% Polyester sehingga tergolong bahan sintetis, namun yang membedakan adalah pada tekstur Pique yang memiliki pori-pori besar apabila dibandingkan bahan sintetis lainnya.

Umumnya bahan kaos ini sering digunakan sebagai bahan kaos polo (polo shirt) alias kaos wangki, yang merupakan kaos berkerah dan juga tebal, serta rajutannya yang tidak serapat bahan pada umumnya.

Cotton Bamboo (Katun Bambu)

Sumber: sailfast.com

Jenis kain yang sedang cukup naik daun ini merupakan campuran antara kapas berkualitas dengan bambu, yang memiliki banyak keunggulan apabila dibandingkan bahan kaos katun yang lebih umum seperti Combed ataupun Carded.

Teksturnya yang halus, handal dalam menyerap keringat sehingga adem saat dipakai, dan juga keunggulan-keunggulan katun lainnya menjadikan Cotton Bamboo sebagai salah satu bahan kaos terbaik yang bisa kamu coba.

Di samping itu bahan kaos ini juga diklaim dapat membantu mengurangi bau badan ataupun bau kaki (apabila dijadikan sebagai bahan untuk kaos kaki) yang disebabkan oleh bakteri dan juga anti terhadap serangan jamur.

Sayangnya ketersediaannya masih sangat langka karena masih jarang dipakai oleh kebanyakan toko tempat membeli kain, dan kalaupun ada harganya masih lumayan mahal.

Cotton Supima

bahan-supima-cotton

Sumber: amazon

Bicara tentang bahan kaos terbaik tentunya jenis kain Cotton Supima (Superior Pima) tidak bisa ditinggalkan, karena bahan kaos yang satu ini terbuat dari kapas pilihan berkualitas tinggi dari perkebunan Pima yang terletak di Amerika Serikat.

Semua keunggulan bahan katun juga dimiliki oleh bahan kaos yang satu ini, dan bahkan jauh lebih baik dikarenakan kualitas kapasnya telah banyak diakui sebagai yang terbaik di dunia.

Namun dikarenakan kualitasnya yang tinggi tersebut, ditambah dengan siklus panennya yang jarang dan hanya diambil dari satu perkebunan saja menjadikan harga bahan kaos cotton ini sangat tinggi dan ketersediaannya pun terbatas di pasaran.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top