Fakta atau Mitos: Asam Lemak untuk Merawat Wajah

Fakta atau Mitos: Asam Lemak untuk Merawat Wajah

Berikut ini adalah Perlukah Pakai Asam Lemak Esensial untuk Merawat Wajah? yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Asam lemak esensial (essential fatty acid/EFA) adalah asam lemak yang tidak dapat diproduksi tubuh dan harus dipasok dari luar.

Asam lemak esensial terdiri dari asam lemak tak jenuh ganda omega 3 dan omega 6. Asam lemak ini didapat dari makanan, seperti ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Selain makanan, ternyata asam lemak esensial juga tersedia dalam bentuk minyak, yang juga terkandung pada beberapa produk perawatan kulit.

Pada kulit, asam lemak esensial memiliki peran penting, yakni cegah terjadinya TEWL (Transepidermal Water Loss), yakni hilangnya air yang mengalir dari dalam tubuh melalui epidermis (lapisan kulit luar).

Selain itu, asam lemak esensial juga memiliki senyawa aktif yang bersifat antimikroba dan antiperadangan.

Studi yang dilakukan Oregon State University juga mengamati peran asam lemak esensial untuk kesehatan wajah.

Asam lemak omega 3 dan diketahui dapat memberikan perlindungan pada kulit dari kerusakan dan penuaan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Selain itu, asam lemak esensial juga mengurangi munculnya reaksi kulit sensitif dan gejala peradangan akibat penyakit kulit.

Menggunakan asam lemak esensial memang bisa menjaga tampilan kulit tetap sehat.

Akan tapi, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua orang perlu menambahkan asam lemak esensial dalam perawatan kulitnya. Pasalnya, nutrisi ini bisa didapat dengan mudah dari makanan.

Sebagian besar asam lemak esensial pada minyak tertentu belum diuji efektivitasnya untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Untuk tahu lebih jauh, Anda bisa konsultasi pada dokter kulit.

BACA JUGA:  Jangn Lengah! Ini 6 Gejala Asam Urat yang Sering Diabaikan

Ini berbeda kasus pada orang yang kekurangan EFA. Kondisi mengarah pada kondisi kulit kering, meradang, dan rentan berkomedo. Untungnya, kondisi kulit ini jarang terjadi.

Selain perawatan kulit umum, dokter mungkin merekomendasikan penggunaan asam lemak esensial dokter untuk mengurangi timbulnya gejala.

Perawatan ini akan jadi lebih efektif bila disertai dengan pengobatan dokter dan gaya hidup yang sehat.
 

Scroll to Top