Cara Eksfoliasi Kulit Wajah dengan Benar Supaya Hasilnya Maksimal

Cara Eksfoliasi Kulit Wajah dengan Benar Supaya Hasilnya Maksimal

Berikut ini adalah Cara Eksfoliasi Kulit Wajah dengan Benar Agar Hasilnya Maksimal yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Eksfoliasi kulit adalah proses menghilangkan sel-sel mati dari lapisan luar kulit Anda menggunakan exfoliant, yang bisa berupa exfoliant kimia dan fisik. Eksfoliasi fisik ini bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Metode pertama melibatkan penggunaan alat perawatan kulit, seperti spons, handuk atau sikat, pada kulit Anda untuk menggusur dan mengangkat sel kulit mati. Metode kedua melibatkan penggunaan cairan, gel atau scrub dengan butiran seperti microbeads atau gula untuk menghaluskan dan menghaluskan kulit.

Sementara pada eksfoliasi kimia, alfa hidroksi asam (AHA), asam beta hidroksi (BHA) atau enzim digunakan untuk melonggarkan zat seperti lem yang menyatukan sel-sel kulit mati sehingga mereka mudah dikeluarkan.

Mengapa perlu lakukan Eksfoliasi?

Kulit Anda terus-menerus memperbaiki dan mengganti sendiri. Karena itu, lapisan demi lapisan kulit mati di seluruh tubuh Anda akan terakumulasi.

Eksfoliasi membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang tersisa dari tubuh Anda, sehingga kulit jadi lebih sehat dan lebih cerah.

Selain kulit yang lebih cerah, eksfoliasi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit Anda. Jika kulit Anda penuh dengan sel-sel mati, produk perawatan kulit Anda mungkin tidak dapat menembus jauh ke dalam kulit dan lakukan pekerjaan mereka.

Dengan menghilangkan lapisan kulit paling atas melalui eksfoliasi, perawatan kulit topikal Anda akan lebih mudah meresap lebih jauh ke bawah permukaan kulit sehingga lebih efektif

Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berjerawat, pengelupasan kulit dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat yang sering menyebabkan berjerawat. Ini juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat lebih cepat dengan mempercepat pergantian sel kulit dan merangsang produksi kolagen.

BACA JUGA:  6 Dampak Negatif Keseringan Memakai Makeup

Cara Eksfoliasi kulit wajah

Saat menggunakan exfoliant fisik, mulailah dengan mencuci wajah dengan pembersih biasa. Kemudian, ambil scrub wajah sebanyak seperempat ukuran dan oleskan ke wajah Anda dengan gerakan memutar, hindari area mata. Pijat dengan lembut produk ke kulit selama yang direkomendasikan oleh produk tersebut, biasanya sekitar 30 detik hingga satu menit. Kemudian, bilas dengan air hangat dan tepuk lembut kulit Anda dengan handuk bersih. Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan masker, serum atau krim pelembab.

Saat menggunakan exfoliant kimia, cuci wajah Anda dengan pembersih biasa. Jika pengelupasan bahan kimia Anda menggunakan kain atau pembalut yang telah dibasahi sebelumnya, oleskan ini ke seluruh wajah, leher, dekolollet, dan bahkan bagian atas tangan Anda.

Biarkan beberapa menit supaya zat kimia sepenuhnya terserap ke dalam kulit sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya sesuai dengan ritual perawatan Anda, bisa berupa serum atau krim perawatan. Lakukan hal yang sama untuk eksfoliasi dalam bentuk gel atau serum.

Beberapa jenis exfoliant kimia, sering disebut “peels“, cara menggunakannya sama seperti masker dan diharuskan dibilas setelah beberapa menit. Selalu periksa label produk Anda untuk memastikan Anda menggunakannya dengan benar.

Ingatlah bahwa eksfoliasi kulit wajah Anda hanya boleh dilakukan sekitar satu hingga tiga kali seminggu, dan lakukan dengan lembut.

Karena, eksfoliasi yang terlalu sering atau terlalu keras dapat menyebabkan robekan kecil pada permukaan kulit Anda dan mengupas lapisan pelindung kulit. Jika Anda memiliki jerawat yang telah meradang, rosacea atau kulit hipersensitif, minta dokter kulit Anda untuk menentukan exfoliant apa yang akan digunakan dan seberapa sering menggunakannya.

Scroll to Top