Awas! Bakteri Ini Terkandung dalam Kosmetik, Berbahaya Bagi Kesehatan

Awas! Bakteri Ini Terkandung dalam Kosmetik, Berbahaya Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah Awas! Bakteri Ini Terkandung dalam Kosmetik, Berbahaya Bagi Kesehatan yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Menggunakan kosmetik tak boleh sembarangan, selain harus menguji kecocokan kosmetik dengan jenis kulit perlu juga mengetahui kandungannya. Sebab, beberapa bahan kosmetik bisa membahayakan kulit, bahkan kesehatan seperti bakteri yang terdapat pada beberapa produk.

Mengutip Times of India, penelitian terbaru menemukan adanya bakteri Pluralibacter (P.gergoviae) yang berbahaya bagi kesehatan. Sebelumnya, beberapa produk kosmetik telah diklaim memiliki risiko mikrobiologis.

Hal ini diumumkan oleh sistem peringatan Eropa untuk produk konsumen, ‘Safety Gate’ yang sebelumnya adalah RAPEX.

Kini, terdapat 10 kosmetik yang terdaftar pada RAPEX dan diklaim telah terkontaminasi P. gergoviae.

Jika memiliki produk yang mengandung jenis bakteri tersebut, kamu perlu berhati-hati karena P. gergoviae bisa masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka atau selaput lendir.

Peneliti juga menyatakan bahwa bakteri tersebut bisa menyebabkan infeksi pada masalah kesehatn yang sedang dialami.

Menurut Federal Institute for Risk Assessment (BfR), P. gergoviae seharusnya tidak terkandung dalam kosmetik karena berisiko bagi kesehatan.

Meski terbukti berbahaya bagi kesehatan, Namun belum terbukti berapa banyak dan jenis masalah apa saja yang bisa disebabkan oleh P. gergoviae.

BACA JUGA:  Bahaya Sindrom Keterasingan Orangtua yang Bercerai Terhadap Anak
Scroll to Top