apa-itu-account-executive

Apa Itu Account Executive ? Definisi dan Penjelasannya

Apa Itu Account Executive? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Account Executive adalah karyawan yang bertanggung jawab dalam menjalin hubungan bisnis yang berkelanjutan dengan klien.

Jabatan seorang Account Executive sangat umum ditemukan dalam agensi pemasaran, agensi PR (Public Relation), dan dalam layanan keuangan. Perusahaan teknologi yang menyediakan layanan dukungan perangkat keras dan perangkat lunak juga biasanya akan menugaskan seorang Account Executive untuk mengelola klien utama.

Account Executive atau AE ini berbeda dengan Sales atau Sales Executive, di mana seorang Sales bertugas untuk mencari prospek atau klien baru, sementara AE tugasnya adalah mengelola dan menjaga hubungan bisnis dengan klien yang sudah ada, sembai tetap menawarkan solusi atas setiap kebutuhan klien (yang diharapkan akan memesan layanan lainnya dari perusahaan tempat AE bekerja).

Tugas dan Tanggung Jawab Account Executive

Tugas rutin seorang Account Executive kemungkinan besar mencakup:

  • Bertemu klien untuk mendiskusikan kebutuhan periklanan mereka
  • Bekerja dengan perencana akun (Account Planner) untuk merancang kampanye yang memenuhi ringkasan dan anggaran klien
  • Menyajikan ide dan biaya kampanye kepada klien
  • Briefing tim kreatif yang akan memproduksi iklan
  • Bernegosiasi dengan klien, memecahkan masalah dan memastikan tenggat waktu terpenuhi
  • Memeriksa dan melaporkan kemajuan kampanye
  • Tetap berhubungan dengan klien di semua tahap kampanye
  • Mengelola anggaran akun dan menagih klien
  • Membuat ‘promosi’ untuk memenangkan bisnis baru

Syarat dan Kualifikasi Menjadi Account Executive

Terkadang tidak ada syarat khusus dalam menjadi seorang Account Executive, tetapi akan dapat membantu apabila Anda berasal dari jurusan berikut (tergantung jenis usaha dari perusahaan yang membuka lowongan):

  • Periklanan
  • Pemasaran
  • Statistik atau riset operasional
  • Studi komunikasi dan media
  • Bisnis atau manajemen
  • Psikologi
BACA JUGA:  Beda Arti! 6 Kata Dalam Bahasa Indonesia yang Sering Salah Kaprah

Anda biasanya akan memulai sebagai Junior Account Executive dan menambah pengalaman di tempat kerja, sebagai bagian dari skema pelatihan terstruktur dari sebuah agensi. Pelatihan Anda biasanya mencakup keterampilan pemasaran, teknik riset pasar, penulisan laporan, dan keterampilan komunikasi.

Demikian penjelasan kami mengenai apa itu account executive yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami tentang hal tersebut.

Scroll to Top