apa-itu-account-officer

Apa Itu Account Officer ? Definisi dan Penjelasannya

Apa Itu Account Officer? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Account officer adalah salah satu posisi pekerjaan, yang bertugas mengurus pembukuan keuangan dan catatan organisasi. Tugas mereka termasuk mencatat transaksi, pembayaran dan pengeluaran, serta memproses faktur. Mereka juga mengirimkan tagihan dan faktur, menindaklanjuti pembayaran yang lewat jatuh tempo dan memastikan bahwa faktur dan pembayaran perusahaan cocok dengan benar dengan memeriksa silang dokumen asli ke catatan perusahaan.

Account Officer bekerja dengan profesional lain di departemen akuntansi seperti Bookkeepers dan Account Clerks (Staf Akunting) untuk memastikan keuangan perusahaan dicatat secara akurat.

Tugas dan tanggung jawab Account Officer

Tujuan utama dari Account Officer adalah untuk mengelola catatan keuangan perusahaan, meskipun ukuran organisasi dan industri tertentu dapat mempengaruhi tugas dan tanggung jawab umum mereka. Beberapa tugas sehari-hari mereka yang umum meliputi:

  • Membuat dan memproses faktur
  • Memeriksa silang (Cross check) faktur dengan pembayaran dan pengeluaran untuk memastikan akurasi
  • Mengelola hutang dan piutang perusahaan
  • Mengirim tagihan dan faktur ke klien
  • Melacak pengeluaran organisasi
  • Memproses pengembalian dana 
  • Bekerja dengan agen penagihan pada pembayaran yang telah jatuh tempo
  • Berkomunikasi dengan klien mengenai penagihan dan pembayaran

Demikianlah penjelasan Asaljeplak mengenai apa itu account officer yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami tentang hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: Average: ]
BACA JUGA:  Apa itu 5W 1H (Asdikamba)? Definisi dan Penjelasannya

3 komentar untuk “Apa Itu Account Officer ? Definisi dan Penjelasannya”

  1. Jadi, singkatnya account officer bekerja untuk melindungi bank dari kerugian dengan mengidentifikasi calon nasabah yang memenuhi kriteria dan aturan yang berlaku kah?

    1. Account Executive lebih ke mengelola dan menjaga hubungan dengan pelanggan/klien, kadang sering diberdayakan sebagai sales juga.

      Jabatan Account Executive ini umum ditemukan di perusahaan jasa seperti agensi desain, agensi pemasaran, dsb

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top