apa-itu-3g

Apa itu 3G ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu 3G ? Berikut ini akan Asaljeplak berikan definisi beserta penjelasannya supaya kamu dapat lebih memahaminya.

Definisi 3G

3G (Generasi Ketiga) mengacu pada versi ketiga dari jenis komunikasi nirkabel yang telah banyak digunakan secara komersial di seluruh dunia. Pengembangan dan pengenalan 3G di akhir tahun 2010 jelas merupakan langkah besar menuju arus informasi yang bebas.

Secara teori, layanan 3G memungkinkan pengguna untuk memiliki kecepatan internet minimal 7,2 Mbps (Megabit per detik). Ini memberi pengguna kemampuan untuk mengunduh dokumen, gambar, dan video dalam beberapa menit. Pada kenyataannya, kecepatan layanan 3G hanya bisa mencapai maksimal 3 Mbps.

Karena permintaan luas untuk layanan nirkabel yang memungkinkan individu menjelajahi internet melalui telepon mereka, mobile broadband diperkenalkan oleh Penyedia Layanan Internet (ISP) karena memberi pengguna opsi untuk mengakses informasi online saat mereka mobile.

Agar dapat dianggap sebagai 3G, jaringan tertentu harus memenuhi kriteria berbeda yang ditetapkan oleh standar teknis dalam hal keandalan dan kecepatan. 3G juga harus menawarkan transfer data puncak minimal 200 Kb (Kilobit) per detik. Jaringan pertama yang dianggap 3G sebenarnya diperkenalkan di Amerika Serikat sekitar tahun 2003.

Ketika smartphone menjadi semakin populer, permintaan untuk koneksi nirkabel meningkat karena konsumen menginginkan yang lebih mudah diakses, yang mana hal tersebut benar-benar mendorong kemajuan pengembangan jaringan 4G.

Apa itu 4G ? Definisi dan Penjelasannya

Kegunaan 3G

Layanan 3G biasanya bekerja melalui serangkaian menara (BTS/Base Transceiver Station) yang meneruskan sinyal ke menara telepon lain. Menara ini memastikan bahwa ada jangkauan sinyal yang luas sekaligus dapat diandalkan, kuat, dan responsif dalam hal transmisi dan penerimaan informasi. Kekuatan sinyal bervariasi tergantung pada lokasi geografis pengguna; karena pengguna lebih jauh dari menara, sinyal akan melemah. Pengguna juga harus memperhitungkan bahwa akan ada waktu henti di antara layanan jika pengguna menyimpang terlalu jauh dari menara karena sinyal harus beralih ke menara lain yang lebih dekat. [3]

Sebagian besar ponsel dan smartphone modern sudah memiliki kemampuan bawaan untuk terhubung ke jaringan 3G. Namun, pengguna perlu menyadari bahwa ponsel lama tidak dapat mengakses jaringan 4G dan hanya dapat mengakses jaringan 3G. Ponsel yang lebih baru memiliki kemampuan untuk beradaptasi ke belakang – ini berarti mereka dapat mengakses jaringan 3G.

Perbandingan 3G vs 4G

Dalam kebanyakan kasus, individu tidak mengetahui perbedaan antara 4G dan 3G. Penting untuk mengetahui perbedaannya untuk mengetahui standar dan batasan yang akan dikenakan oleh setiap jenis koneksi pada pelanggannya.

  • 4G berbeda dari 3G dalam hal 4G sepenuhnya berbasis IP. Artinya, ketika menyangkut data seperti data video dan suara yang perlu dikirim dan diterima, ia menggunakan protokol internet. Menggunakan standar transmisi data ini mengurangi risiko data menjadi acak saat dikirimkan.
  • Bicara soal sejarah perkembangannya, “G” berarti generasi. Ini berarti bahwa 4G adalah singkatan dari generasi keempat dan 3G adalah singkatan dari generasi ketiga. Sebagai aturan umum, jika Anda menggunakan operator yang sama yang digunakan, koneksi 4G jauh lebih cepat daripada koneksi 3G. Namun, ini tidak selalu benar, karena jaringan 3G dari operator yang berbeda mungkin lebih cepat dibandingkan koneksi 4G dari operator lain.
  • Hal lain yang harus dipertimbangkan pengguna adalah bahwa begitu generasi baru broadband nirkabel dibuka untuk umum, ini biasanya mengharuskan Penyedia Layanan Internet (ISP/Internet Service Provider) untuk melakukan beberapa peningkatan perangkat keras yang diperlukan ke menara mereka, dan pada akhirnya, untuk melakukan peningkatan pada telepon Anda. demikian juga. Peningkatan yang sedang dilakukan terhadap telepon Anda adalah untuk memastikan bahwa itu akan dapat mengirim dan menerima informasi melalui infrastruktur baru.
  • Ponsel 3G tidak bisa begitu saja berkomunikasi dengan jaringan 4G, tetapi ponsel generasi baru secara khusus dirancang untuk kompatibel ke belakang, yang berarti ponsel yang memiliki koneksi 4G akan dapat berkomunikasi dengan jaringan 3G dan 2G.
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top