apa-itu-3d-touch

Apa itu 3D Touch ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu 3D Touch ? Berikut ini akan Asaljeplak berikan definisi beserta penjelasannya supaya kamu dapat lebih memahaminya.

3D touch adalah sebuah fitur sensitif tekanan yang diperkenalkan oleh Apple pada smartphone iPhone 6S dan iPhone 6S Plus 2015. 3D Touch menggunakan sensor kapasitif yang terintegrasi ke layar smartphone untuk merasakan tiga derajat tekanan dalam sentuhan pengguna dan merespons secara berbeda berdasarkan jumlah tekanan yang diberikan.

Apple mengembangkan 3D Touch sebagai evolusi kemampuan Force Touch dan Multi-Touch yang diperkenalkan pada iPhone dan produk Apple sebelumnya, menambahkan fitur seperti “Peek” dan “Pop” dengan 3D Touch ke Tap, Gesek, dan Jepitan Multi-Touch yang ada. isyarat.

Fitur Peek (ketukan ringan pada layar) dan Pop (ketukan lebih keras) memungkinkan pengguna untuk melihat pratinjau konten di aplikasi tanpa harus benar-benar membuka aplikasi itu sendiri.

Premis di balik 3D Touch adalah memungkinkan pengguna untuk lebih cepat dan efisien melakukan tugas-tugas umum dengan tindakan cepat 3D Touch, bahkan lebih cepat daripada kemampuan Force Touch sebelumnya – dan dengan kemampuan untuk merasakan tekanan tiga derajat daripada hanya dua.

3D Touch juga memberi pengguna umpan balik sentuhan melalui “mesin taptic” yang merespons dengan ketukan halus saat pengguna memulai gerakan 3D Touch.

Beberapa kemampuan terbaru yang disediakan oleh 3D Touch melalui pembaruan sistem operasi seluler Apple iOS 10 termasuk pemberitahuan kalender sekilas, informasi cuaca terperinci, kemampuan untuk memprioritaskan unduhan, menu mini dengan tindakan cepat untuk aplikasi umum dan banyak lagi.

Fitur 3D Touch ini sendiri akhirnya tidak dilanjutkan lagi oleh Apple, dan diganti dengan Haptic Touch. Faktor terbesar penyebab ini terjadi adalah karena pada iPad 3D Touch tidak pernah diimplementasikan, sehingga kemungkinan Apple ingin menyeragamkan pengalaman pengguna saat menggunakan kedua produk.

3D Touch Vs Haptic Touch

IPhone XR yang baru menghadirkan “Haptic Touch” dan bukan 3D Touch. Phil Schiller dari Apple dengan cepat menjelaskan fitur baru selama presentasi Apple, mengatakan tentang ikon kamera di layar kunci: “kamu cukup menekannya, kamu akan merasakan ketukan haptic, dan kamu langsung dibawa ke [aplikasi] kamera. ”

Seperti yang ditunjukkan Apple, ini mirip dengan cara kerja trackpad Force Touch di MacBook Pro. kamu menekan, dan kamu merasakan respons haptic. Sama seperti ketika menggunakan 3D Touch atau menekan tombol Home di iPhone.

Haptic Touch menggunakan Taptic Engine dan memberikan umpan balik haptic ketika layar ditekan pada salah satu iPhone baru Apple. Haptic Touch adalah gerakan sentuh dan tahan, dan dapat digunakan di seluruh sistem operasi iOS 13.

Haptic Touch berfungsi di mana saja 3D Touch‌ berfungsi. kamu dapat menggunakannya pada ikon aplikasi layar Utama untuk menampilkan Quick Actions, kamu dapat menggunakannya pada tautan, nomor telepon, alamat, dan lainnya untuk melihat pratinjau konten atau untuk mengaktifkan gerakan berbeda pada ‌iPhone‌ atau untuk memunculkan berbagai menu kontekstual.

Ada beberapa perbedaan penting dalam perilaku Haptic Touch dan ‌3D Touch‌. Sebagai contoh, dengan ‌3D Touch‌, kamu dapat menekan di mana saja pada keyboard untuk mengubah keyboard iOS menjadi kursor. Dengan Haptic Touch, kamu harus menggunakan gerakan itu di bilah spasi, yang merupakan penyesuaian.

Menghapus aplikasi juga agak berubah. Alih-alih menekan dan menahan sebentar untuk membuat aplikasi “bergoncang,” tekan dan tahan sekarang memunculkan opsi untuk “Mengatur ulang” aplikasi, yang memungkinkan mereka disusun ulang atau dihapus. kamu masih bisa menggunakan metode yang lama, tetapi tekan dan tahan harus jauh lebih lama.

Haptic Touch pada dasarnya bekerja di seluruh sistem operasi ‌iOS 13‌ dan di sebagian besar aplikasi yang dirancang Apple, bersama dengan beberapa aplikasi pihak ketiga. Hampir semua aplikasi memiliki elemen tambahan yang dapat diaktifkan dengan gerakan Haptic Touch, jadi ada baiknya bereksperimen untuk mencari tahu apa saja yang bisa menggunakan fitur tersebut.

Perhatikan bahwa pada 2020iPhone SE‌ tahun 2020, Haptic Touch tidak berfungsi dengan pemberitahuan di layar Kunci atau di Pusat Pemberitahuan.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top