apa-itu-3m

Apa itu 3M ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu 3M ? Berikut ini akan Asaljeplak berikan definisi beserta penjelasannya supaya kamu dapat lebih memahaminya.

3M adalah suatu gerakan yang dicanangkan oleh Menteri Kesehatan, guna mencegah penyebaran penyakit demam berdarah di Indonesia, yang ditularkan melalui jenis nyamuk yang bernama Aedes aegypti.

Istilah 3M sendiri merupakan singkatan dari tiga jenis kegiatan, yaitu:

  • Menguras
  • Menutup
  • Mengubur

Demam berdarah itu sendiri merupakan jenis penyakit yang sudah sejak lama menjadi momok di Indonesia, dan sering dialami oleh banyak orang setiap tahunnya, yang mana penyakit ini cenderung meningkat pada pertengahan musim penghujan sekitar bulan Januari, dan cenderung turun pada bulan Februari hingga ke penghujung tahun.

Kegiatan 3M ini sendiri sifatnya adalah tindakan yang preventif, dan bahkan disebut bisa lebih efektif dibandingkan melakukan pengasapan (fogging).

Kegiatan 3M

Masing-masing kegiatan dalam 3M apabila dijabarkan adalah sebagai berikut:

Menguras

Menguras adalah kegiatan membersihkan tempat-tempat yang dapat menimbulkan genangan air seperti bak mandi, baki, toren, ember, kendi, dan lain sebagainya, yang biasanya menjadi tempat berkumpulnya jentik nyamuk pembawa penyakit tersebut dan menjadi sarang bagi nyamuk.

Menutup

Menutup adalah kegiatan menutup benda atau tempat yang bisa menimbulkan genangan air atau menampung air seperti contoh di atas dengan rapat.

Mengubur

Mengubur adalah kegiatan mengubur, memanfaatkan kembali, atau mendaur ulang benda-benda yang bisa menimbulkan genangan air yang sudah tidak terpakai lagi sehingga tidak dijadikan sarang nyamuk.

Apa itu PSN 3M Plus

Di samping 3M, ada juga program terbaru yang lebih rinci lagi dalam memberantas sarang nyamuk Aedes aegypti tersebut, yang diperkirakan bisa lebih efektif.

PSN 3M Plus adalah kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan melakukan kegiatan 3M, ditambah dengan kegiatan pencegahan lainnya seperti:

  • Menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan
  • Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk
  • Menggunakan kelambu saat tidur
  • Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk
  • Menanam tanaman pengusir nyamuk
  • Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah
  • Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

Stiker dan Kaca Film 3M

3M juga bisa mengacu kepada produsen produk asal Amerika Serikat, yang di Indonesia terkenal dengan produk bahan pembuat stiker, double tape, lem, serta kaca film untuk gedung dan kendaraan.

Produk stiker mereka kebanyakan menggunakan bahan vinyl, dan ada yang berjenis scotchlite, stiker marka jalan, stiker pembatas untuk area berbahaya, stiker reflective, glow in the dark, dan lain sebagainya, yang terkenal sebagai salah satu bahan stiker terbaik.

Kaca film mereka juga sangat umum ditemukan pada kendaraan sewrta gedung-gedung ruko dn perkantoran, bahkan hingga perumahan.

Demikian juga dengan produk lem dan double tape mereka yang sangat umum dipakai bagi yang membutuhkan solusi perekat yang baik.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top