apa-itu-3d-printing

Apa itu 3D Printing ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu 3D printing ? Berikut ini akan Asaljeplak berikan definisi beserta penjelasannya supaya kamu dapat lebih memahaminya.

3d printing adalah proses pembuatan atau percetakan benda padat tiga dimensi, dengan menggunakan file digital.

Penciptaan objek cetak 3D dicapai dengan menggunakan proses aditif. Dalam proses aditif, sebuah objek dibuat dengan meletakkan lapisan material yang berurutan sampai objek dibuat. Masing-masing lapisan ini dapat dilihat sebagai penampang objek yang diiris tipis.

3D printing memungkinkan Anda menghasilkan bentuk kompleks dengan menggunakan bahan yang lebih sedikit dibandingkan metode manufaktur tradisional.

Bagaimana Cara Kerja 3D Printing?

Pertama-tama tentunya Anda harus menyiapkan model 3D daqlam bentuk file digital. Anda dapat memilih untuk membuatnya dari awal atau memakain model yang sudah jadi, yang biasanya banyak tersedia di internet.

Perangkat Lunak 3D Printing

Ada banyak perangkat lunak alias software berbeda yang tersedia. Dari kelas industri hingga open source. Banyak pakar yang sering merekomendasikan pemula untuk memulai dengan menggunakan software Tinkercad. Tinkercad bisa diunduh secara gratis dan berfungsi di browser Anda, Anda tidak perlu menginstalnya di komputer Anda. Tinkercad menawarkan panduan-panduan bagi pemula dan memiliki fitur bawaan untuk mengekspor model Anda sebagai file yang dapat dicetak misalnya .STL atau .OBJ.

Sekarang setelah Anda memiliki file yang dapat dicetak, langkah selanjutnya adalah menyiapkannya untuk printer 3D Anda. Ini disebut slice atau irisan.

Mengiris pada dasarnya berarti mengiris model 3D menjadi ratusan atau ribuan lapisan dan dilakukan dengan perangkat lunak pengiris .

Ketika file Anda diiris, maka file tersebut sedang disiapkanuntuk printer 3D Anda. Menghubungkan file desain ke printer Anda dapat dilakukan melalui USB, SD atau Wi-Fi. File irisan Anda sekarang siap untuk dicetak 3D lapis demi lapis .

Pencetakan 3D mencakup banyak bentuk teknologi dan bahan karena pencetakan 3D digunakan di hampir semua industri yang dapat Anda pikirkan. Sangat penting untuk melihatnya sebagai sekelompok industri yang beragam dengan segudang aplikasi yang berbeda .

Beberapa contoh:

  • produk konsumen (kacamata, alas kaki, desain, furnitur)
  • produk industri (alat manufaktur, prototipe, suku cadang penggunaan akhir fungsional)
  • produk gigi (ggi palsu)
  • prostetik
  • model skala arsitektur & maquettes
  • merekonstruksi fosil
  • mereplikasi artefak kuno
  • merekonstruksi bukti dalam patologi forensik
  • props untuk produksi film
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top