Anak Anda Terdiagnosis PDD-NOS? Coba Cek Ulang!

Anak Anda Terdiagnosis PDD-NOS? Coba Cek Ulang!

Berikut ini adalah Anak Anda Terdiagnosis PDD-NOS? Coba Cek Ulang! yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Foto : Raising Children Network

PDD-NOS atau gangguan perkembangan pervasif – tidak disebutkan secara khusus, adalah salah satu dari lima kategori diagnosis autisme.

Di masa lalu, diagnosis PDD-NOS diberikan jika seseorang dinyatakan memiliki beberapa gejala autisme tapi tidak memenuhi kriteria diagnostik lengkap untuk kondisi seperti gangguan autistik dan sindrom Asperger.

Sebelum 2013, PDD-NOS adalah satu dari lima diagnosis yang termasuk dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental, edisi keempat, revisi teks (DSM-IV-TR) yang diterbitkan pada tahun 2000.

PDD-NOS didiagnosis ketika seseorang memiliki gangguan dalam keterampilan sosial, ketidakmampuan untuk berhasil berinteraksi dengan orang lain, masalah dengan komunikasi verbal atau nonverbal, atau perilaku, minat, dan aktivitas stereotip.

PDD-NOS hanya berlaku untuk orang yang tidak memiliki diagnosis berikut:

– Gangguan perkembangan spesifik pervasif
– Skizofrenia
– Gangguan kepribadian schizotypal
– Gangguan kepribadian penghindar

PDD-NOS juga termasuk diagnosis autisme atipikal, yang digunakan ketika gejala seseorang tidak memenuhi kriteria lengkap untuk diagnosis gangguan autistik, baik karena gejala muncul atau didiagnosis pada usia yang lebih tua, itu bukan tipikal. gejala autisme, atau keduanya.

Pada 2013, American Psychiatric Association memperbarui DSM ke edisi kelima. Dengan perubahan ini, seluruh kategori “gangguan perkembangan yang menyebar” dihilangkan, dan diagnosis PDD-NOS tidak lagi digunakan.

Sebaliknya, gangguan ini ditempatkan di bawah diagnosis gangguan spektrum autisme dalam kategori “gangguan perkembangan saraf”.

Karena PDD-NOS tidak termasuk dalam DSM-5, mungkin tidak akan didiagnosis oleh dokter yang mutakhir. Sebaliknya, mereka yang pernah menerima diagnosis PDD-NOS kemungkinan besar sekarang akan menerima diagnosis ASD dan peringkat keparahan.

BACA JUGA:  5 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Bibir

Anak-anak harus menerima pemeriksaan perkembangan secara teratur sebagai bagian dari setiap pemeriksaan kesehatan rutin.

Selama pemeriksaan ini, dokter akan menanyakan pertanyaan tentang perkembangan anak Anda dan menilai bagaimana anak berkomunikasi, bergerak, dan berperilaku.

Selain itu, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan semua anak diskrining secara khusus untuk ASD antara usia 18 dan 24 bulan.

Jika mereka melihat tanda-tanda kemungkinan masalah perkembangan, mereka akan meminta pemeriksaan kedua yang lebih komprehensif. Mereka mungkin lakukan pemeriksaan ini sendiri atau merujuk Anda ke spesialis, seperti dokter spesialis anak perkembangan atau ahli saraf anak.

ASD juga dapat didiagnosis pada anak-anak yang lebih besar, remaja, dan orang dewasa dengan evaluasi oleh dokter perawatan primer atau seseorang yang berspesialisasi dalam ASD.

Scroll to Top