Amankah Asam Kojic Dipakai Untuk Mencerahkan Kulit

Amankah Asam Kojic Dipakai Untuk Mencerahkan Kulit

Berikut ini adalah Amankah Asam Kojic Dipakai Untuk Mencerahkan Kulit yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Produk Asam Kojic / Merkkosmetik.com

Asam kojic adalah bahan yang ampuh untuk mencerahkan kulit. Senyawa ini terbuat dari beberapa jenis jamur. Acetobacter, Penicillium, dan Aspergillus adalah jenis jamur yang biasanya jadi bahan pembuatan asam kojic.  
Senyawa ini digunakan sebagai zat pencerah kulit karena pengaruhnya terhadap protein yang dikenal dengan nama tirosinase. 

Menurut Dr. Alaina J. James di University of Pennsylvania Medical Center, asam kojic bekerja dengan cegah fungsi tirosinase spesifik yang disebut chatecolase. Enzim chatecolase ini berperan dalam membuat senyawa melanin.
Dengan demikian, dengan menghambat kemampuan protein tirosinase untuk membuat melanin, asam kojic sanggup cegah pigmentasi kulit yang dapat membantu mencerahkan warna kulit. Seperti yang diketahui, melanin adalah pigmen warna yang memengaruhi rambut, kulit, dan warna mata.

Asam kojic telah banyak digunakan dalam berbagai produk kosmetik. Untuk bahan kosmetik yang digunakan sebagai pencerah kulit, konsentrasi yang diperbolehkan biasanya satu persen atau bahkan kurang. Senyawa ini biasanya digunakan untuk produk kosmetik seperti serum, krim, pembersih, dan sabun untuk wajah.

Disamping mencerahkan warna kulit, bahan ini juga diketahui memiliki manfaat baik lainnya bagi kulit. Simak penjelasannya di bawah ini.

Antipenuaan pada kulit

Asam ini diketahui dapat memperbaiki kerusakan kulit seperti kulit kusam dan keriput akibat sinar matahari dan radikal bebas. Selain itu, asam ini bekerja sekaligus untuk menyamarkan bintik-bintik penuaan atau bekas luka.

Antimikroba.

Senyawa ini dapat membantu mengobati jerawat akibat infeksi dan perkembangbiakan bakteri jahat di kulit. Selain itu juga bisa meringankan bekas luka yang ditimbulkan oleh jerawat.

BACA JUGA:  7 Obat Alami untuk Mengatasi Asam Labung Naik

Antijamur

Senyawa ini bahkan ditambahkan ke beberapa produk antijamur untuk meningkatkan keefektifannya. Hal ini mungkin berguna dalam mengobati infeksi jamur pada kulit seperti infeksi jamur, kurap, atau kutu air. 

Biasanya, setiap produk kecantikan memiliki reaksi yang berbeda di tiap orang, termasuk asam kojic. Akan tapi, secara umum diperlukan waktu 2-6 minggu untuk melihat efeknya di kulit Anda.

Jika Anda ingin menggunakan produk yang mengandung asam kojic untuk merawat kondisi kulit Anda yang bermasalah, ada baiknya untuk mengonsultasikan pada dokter terlebih dahulu. Dokter dapat memberi Anda informasi tentang dosis dan perawatan yang menyertainya supaya efek yang dihasilkan lebih maksimal.

Ada baiknya, sebelum Anda mencoba produk yang mengandung asam kojic, terutama penggunaan pada wajah, oleskan dulu di tangan atau belakang telinga dan diamkan kurang lebih selama 15 menit. Jika terjadi efek yang tidak menyenangkan seperti gatal atau kemerahan, tandanya kulit Anda tidak cocok dengan produk tersebut.

Akan tapi sebaliknya, Anda bisa melanjutkan pemakaian jika tidak menghasilkan reaksi negatif apapun. Hentikan pemakaian jika Anda mengalami kemerahan, ruam, iritasi, atau nyeri. Untuk menenangkan iritasi segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penangan terbaik.
 

Scroll to Top