Aman dan Efektifkah Metode Perawatan Setrika Wajah ?

Aman dan Efektifkah Metode Perawatan Setrika Wajah ?

Berikut ini adalah Aman dan Efektifkah Metode Perawatan Setrika Wajah ? yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Setrika wajah, atau radio frequency (RF) adalah prosedur kecantikan tanpa bedah yang menggunakan frekuensi radio untuk mengencangkan dan membentuk kembali lapisan kulit yang kendur.

Cara kerjanya adalah dengan memanaskan bagian wajah hingga ke lapisan dalam. Tujuannya untuk merangsang pertumbuhan kolagen baru yang akan memberikan perubahan langsung pada jaringan. Jaringan pada wajah ini kemudian akan mengencang sehingga tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kulit keriput, dan lain sebagainya pun akan berkurang dengan sendirinya.

Tidak hanya untuk mengencangkan kulit wajah, perawatan ini juga bisa dilakukan untuk menghilangkan jaringan lemak berlebih, menyamarkan selulit, dan contouring tubuh bagi mereka yang menginginkan sedikit modifikasi pada bagian tubuhnya. Misalnya, meniruskan pipi atau menghilangkan lipatan dagu.

Pengencangan kulit dengan setrika wajah adalah prosedur yang relatif aman untuk dilakukan dan dapat digunakan untuk semua warna kulit.

Walau begitu, perawatan ini juga memiliki syarat dan ketentuan. Ibu hamil dan orang yang sedang memakai alat pacu jantung tidak dianjurkan lakukan perawatan ini karena dikhawatirkan gelombang frekuensi yang digunakan akan memengaruhi janin ataupun kerja alat tersebut.

Perawatan ini diklaim memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan perawatan pencegah penuaan lainnya. Pada kenyataannya, memang tidak ada perawatan yang bebas risiko atau efek samping hingga seratus persen. Perhatikan berbagai efek samping setrika wajah berikut ini.

Kulit kemerahan dan bengkak

Kulit yang berubah jadi warna merah dan bengkak adalah efek samping yang paling sering dilaporkan oleh pasien. Walau begitu, efek samping ini akan lekas mereda setelah beberapa jam tindakan.
Jika Anda ingin meredakannya, Anda bisa memberikan kompres es pada wajah. Bila setelah beberapa hari kondisi Anda tidak membaik, segera temui dokter.

BACA JUGA:  Benarkah Vaksin Campak Dapat Menyebabkan Autisme pada Anak

Risiko radiasi

Walaupun perawatan ini telah dirancang sedemikian rupa untuk meminimalisasi radiasi dari frekuensi radio yang digunakan, beberapa orang mungkin masih sensitif terhadap paparan radiasinya. Mereka yang terlalu sensitif, bagaimanapun, akan mengalami rasa sakit yang terkadang membutuhkan obat penenang ketika menjalani proses setrika wajah.

Bekas luka

Teknik setrika wajah yang salah dapat menimbulkan bekas luka yang permanen (tidak bisa hilang), entah karena adanya luka bakar, pigmentasi kulit, atau infeksi. Untuk menghilangkan bekas luka, dokter dapat menyuntikan kortikosteroid ke bekas luka tersebut.

Perawatan setrika wajah menghasilkan efek samping yang berbeda-beda pada setiap orang. Walau begitu efek samping ini bisa dicegah dengan lakukan tindakan pencegahan yang tepat.
Ingat, tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis kulit (dermatolog), dokter bedah kecantikan, ahli farmasi, atau terapis kecantikan yang telah mengantongi sertifikat.
 

Scroll to Top