tips-hidup-sehat-sehatq

5 Tips Hidup Sehat Ala SehatQ.com

Di dalam kondisi pandemi yang masih membayang-bayangi kehidupan seluruh orang saat ini, sangatlah penting bagi kita yang sekarang kebanyakan hanya berdiam diri di rumah untuk tetap menjaga kesehatan dan mulai membiasakan diri untuk menjalankan pola hidup sehat.

Dalam menjalankan pola hidup sehat, kita memerlukan disiplin yang tinggi dan keteguhan diri, supaya bisa terlepas dari kebiasaan-kebiasaan lama yang “tidak sehat”.

Kebiasaan-kebiasaan seperti terlalu banyak duduk atau “selonjoran” di depan televisi, tanpa disertai olahraga atau stretching akan dapat meningkatkan risiko obesitas dan juga penyakit lain seperti misalnya syaraf terjepit.

Atau misalnya kebiasaan merokok dan terlalu banyak meminum kopi yang mungkin sudah menjadi rutinitas sehari-hari, sebaiknya segera dikurangi atau bahkan ditinggal jauh-jauh supaya kesehatan kita tidak semakin memburuk setiap harinya.

Lalu sebenarnya, seperti apa sih hidup sehat itu? Apa saja yang perlu kita lakukan untuk menjalani pola hidup sehat tersebut?

Tips Menjalankan Pola Hidup Sehat
Kali ini, kami akan membagikan beberapa tips hidup sehat yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi yang aktivitas outdoor nya semakin berkurang akibat pandemi ini.

1. Rutin melakukan peregangan

Melakukan stretching alias peregangan dengan rutin akan dapat membantu dalam mengasah sendi-sendi yang ada pada tubuh supaya tidak kaku, dan menjaga agar tubuh Anda tetap fit, dengan hanya meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan sedikit gerakan pemanasan dan juga peregangan.

Peregangan kaki, pinggang, tangan dan leher akan membantu sendi-sendi tetap lentur dan mengurangi risiko cidera seperti kram, nyeri otot, serta gangguan pada saraf.

2. Perbanyak konsumsi air putih

Konsumsi air putih yang cukup, minimal 2-3 liter per hari, akan dapat menjaga aliran darah tetap lancar dan terhindar dari penggumpalan, serta membantu meminimalisir risiko terkena serangan dehidrasi dan membantu fungsi organ tubuh berjalan lancar.

3. Kurangi konsumsi Kopi

Kopi hitam yang bagi kebanyakan orang dirasa pahit, sangatlah baik untuk tubuh sehingga cukup aman dikonsumsi. Tetapi, kopi yang mengandung gula dan tambahan lainnya seperti krim dan susu, apabila diminum terlalu sering justru akan dapat berbahaya karena dapat meningkatkan risiko Anda terkena berbagai penyakit, mulai dari asam lambung, ginjal, diabetes, dan lain sebagainya, sehingga sebaiknya jangan dikonsumsi terlalu sering.

4. Makan teratur dan secukupnya

Segala sesuatu yang dilakukan berlebihan tidak akan memberi manfaat bagi kita, terutama dalam hal kesehatan. Makan juga menjadi salah satu kegiatan rutin yang tidak boleh dilakukan secara berlebihan, karena akan dapat meningkatkan risiko kesehatan selain tentunya juga dapat meningkatkan risiko obesitas. Makanan yang Anda makan juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan.

Karenanya, Anda perlu untuk mulai mengatur porsi makan supaya tidak berlebihan, namun tetap makanlah dengan rutin sehingga tubuh tetap mendapat asupan yang cukup setiap harinya.

5. Berhenti merokok

Merokok, adalah salah satu aktivitas yang masih banyak dilakukan di negara ini meskipun sudah banyak informasi yang diberikan tentang bahaya merokok. Tentunya apabila Anda seorang perokok yang ingin hidup sehat, cobalah untuk mulai mengurangi secara perlahan, dan bahkan akan lebih baik kalau bisa berhenti secara keseluruhan.

Membaca Artikel Kesehatan

Selain mencoba menjalankan beberapa tips di atas, Anda juga bisa memepelajari beragam informasi kesehatan dengan membaca artikel kesehatan yang banyak tersedia di internet, salah satunya adalah yang disediakan oleh SehatQ.com.

Pada web SehatQ tersedia beragam artikel terkait kesehatan yang sangat berguna untuk menambah wawasan dan memberikan informasi seputar penyakit yang sedang dialami, dan beberapa tips hidup sehat yang juga bisa coba diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top