5 Manfaat Bermain Asosiatif yang Berguna untuk Anak di Masa Depan

5 Manfaat Bermain Asosiatif yang Berguna untuk Anak di Masa Depan

Berikut ini adalah 5 Manfaat Bermain Asosiatif yang Berguna untuk Anak di Masa Depan yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Saat si kecil tumbuh, bermain berdampingan dan dengan anak-anak lain akan jadi bagian besar dari dunia mereka.

Anak Anda akan bermain dengan orang lain di taman bermain, di kelompok bermain, di acara sosial, di prasekolah, dll. Jika ada anak-anak lain di sekitar, kelucuan waktu bermain yang berharga dapat terjadi. Dan itu berarti Anda bisa berhenti jadi sumber hiburan nomor satu untuk saat ini.

Ini kadang-kadang disebut permainan asosiatif oleh para ahli perkembangan anak. Ini adalah tahap yang bagus untuk mendapatkan manfaat yang mengikuti si kecil hingga dewasa. Ini termasuk:

1. Pemecahan Masalah dan Resolusi Konflik

Saat anak Anda mulai lebih sering bermain dan berinteraksi dengan anak-anak lain, mereka akan memperoleh beberapa keterampilan pemecahan masalah dan resolusi konflik yang penting, penelitian menunjukkan.

Permainan tidak terarah memungkinkan anak-anak belajar bekerja dalam kelompok, berbagi, bernegosiasi, memecahkan masalah, belajar membela diri.

Meskipun Anda harus selalu mengawasi anak Anda ketika mereka bermain di usia yang sangat muda, cobalah untuk hanya ikut campur jika benar-benar diperlukan. Alih-alih, biarkan mereka menyelesaikan konflik mereka sendiri sebanyak mungkin saat mereka mulai bermain dengan orang lain.

2. Kerjasama

Saat anak Anda bermain dengan anak lain, mereka akan mulai berbagi mainan dan perlengkapan seni. Ini tidak selalu menyakitkan, bahkan orang dewasa pun tidak selalu berbagi dengan baik, tapi mereka perlu belajar kerja sama karena mereka menyadari bahwa beberapa hal adalah milik orang lain.

BACA JUGA:  Sering Merasa Kelelahan? Ini Bagian Otak yang Mengendalikannya

3. Perkembangan Otak yang Sehat

Permainan asosiatif dan terkadang semua permainan secara umum penting untuk otak anak Anda. Ini memungkinkan mereka untuk menggunakan imajinasi mereka saat mereka membuat dan menjelajahi dunia di sekitar mereka.

Penelitian menunjukkan ini membantu si kecil mengembangkan ketahanan untuk menghadapi dan mengatasi tantangan masa depan. Tentu saja sebagai orang tua, kami ingin menyingkirkan semua rintangan dari jalan anak kami, tapi itu tidak mungkin atau tidak membantu untuk hal-hal besar yang ada di depan.

4. Kesiapan Belajar

Kelihatannya tidak seperti itu, tapi penelitian menunjukkan bahwa waktu bermain memberi anak Anda kesiapan sosial-emosional yang mereka butuhkan untuk bersiap menghadapi lingkungan akademis. Itu karena mereka mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk sekolah seperti kognisi, perilaku belajar, dan pemecahan masalah.

Mereka juga berinteraksi dengan orang lain, tapi tidak dengan mengorbankan orang lain, sebuah keterampilan penting yang dibutuhkan anak Anda di prasekolah dan akhirnya, di sekolah dasar.

5. Mengurangi Obesitas Anak

Mengizinkan anak Anda untuk aktif dan terlibat dengan orang lain dapat mengurangi obesitas masa kanak-kanak. Dorong anak Anda untuk bermain dengan orang lain dan aktif beberapa kali seminggu daripada menghabiskan waktu di depan layar. Ini dapat membantu membangun tubuh yang sehat dan aktif.

Scroll to Top