5 Latihan Dasar Panggul untuk Wanita Setelah Melahirkan

5 Latihan Dasar Panggul untuk Wanita Setelah Melahirkan

Berikut ini adalah 5 Latihan Dasar Panggul untuk Wanita Setelah Melahirkan yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Foto : FirstCry Parenting

Otot panggul penting untuk menopang kandung kemih, usus, dan rahim. Saat berkontraksi, organ diangkat dan bukaan ke vagina, anus, dan uretra dikencangkan. Saat otot rileks, urine dan feses bisa keluar dari tubuh.

Otot dasar panggul juga berperan penting dalam fungsi seksual. Memperkuat otot-otot ini dapat mengurangi nyeri panggul saat berhubungan seks dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai sensasi yang menyenangkan. Selama kehamilan, otot dasar panggul menopang bayi dan membantu proses persalinan.

Kehamilan dan persalinan dapat menyebabkan otot dasar panggul melemah, begitu pula faktor-faktor lain seperti usia, obesitas, angkat berat, dan batuk kronis. Otot dasar panggul yang lemah dapat menyebabkan:

– Inkontinensia
– Angin bertiup tak terkendali
– Seks yang menyakitkan

Pelatihan otot dasar panggul adalah pengobatan atau pencegahan konservatif yang terbukti untuk prolaps organ panggul. Penelitian melaporkan praktik ini mengurangi frekuensi dan keparahan gejala prolaps organ panggul.

Cobalah lima latihan ini untuk perkuat otot dasar panggul Anda dan mengurangi efek samping ini.

1. Kegels

Latihan otot panggul, atau Kegels, adalah latihan mengencangkan dan mengendurkan otot dasar panggul Anda. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari Kegel jika Anda mengalami kebocoran urin karena bersin, tertawa, melompat, atau batuk, atau memiliki keinginan kuat untuk buang air kecil sebelum mengeluarkan banyak air seni.

2. Squats

Squat melibatkan otot terbesar di tubuh dan memiliki salah satu hasil terbesar dalam hal peningkatan kekuatan. Saat lakukan gerakan fundamental ini, pastikan postur Anda kokoh sebelum menambahkan alat apa pun.

BACA JUGA:  5 Tanda kalau Anda adalah Orangtua yang Toxic bagi Anak

3. Bridge

Bridge adalah latihan yang bagus untuk glutes. Jika dilakukan dengan benar, ini juga mengaktifkan otot dasar panggul dalam prosesnya. Meski tanpa beban, jeda dan denyut nadi gerakan ini akan membuat Anda merasakannya.

4. Split Tabletop

Tabletop adalah gerakan kaki yang jadi dasar dari banyak gerakan dalam sebuah latihan Pilates. Dengan menambahkan split, Anda juga mengaktifkan pinggul dan otot dasar panggul.

5. Bird Dog

Latihan keseimbangan dan stabilitas, bird dog adalah gerakan seluruh tubuh yang membuat Anda melibatkan banyak otot sekaligus, termasuk dasar panggul.

Jika otot dasar panggul Anda perlu diperkuat, ada beberapa gerakan mudah untuk dimasukkan ke dalam rutinitas Anda yang bisa bermanfaat. Ingatlah untuk melibatkan otot secara sadar selama setiap latihan untuk mencapai hasil yang maksimal.

Scroll to Top