5 Kebiasaan Make Up yang Salah, Membuat Kulit Wajah Menjadi Berminyak

5 Kebiasaan Make Up yang Salah, Membuat Kulit Wajah Menjadi Berminyak

Berikut ini adalah Kebiasaan Make Up yang Bikin Kulit Wajah Jadi Berminyak yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Mengapliasikan makeup yang sesuai dan tidak berlebihan tentunya bisa menambah kecantikan perempuan saat beraktivitas di luar rumah. Tetapi, ada beberapa kebiasaan menggunakan makeup yang justru berpotensi membuat kulit wajah jadi berminyak. Apa saja?

Berikut ini adalah cara-cara ber-make up pemicu kulit berminyak yang perlu dihindari .

1. Menggunakan Banyak Produk Make Up

Mengaplikasikan makeup mulai dari penggunaan primer, counceler, foundation, bedak, blush-on dan masih banyak lagi, semua itu diperuntukkan supaya penampilan wajah nampak mengesankan. Tetapi, terlalu banyak menggunakan produk make up justru bisa berdampak negatif.

Dilansir dari laman Cosmopolitan USA, seorang pakar kosmetik dan kimiawan Mary Schook menjelaskan, penggunaan banyak jenis produk make up yang berbeda dapat mengubah pH kulit, yang pada akhirnya menurunkan sistem kekebalan kulit karena exposure bahan aktif dan kimia.

2. Takaran Make Up Berlebihan

Takaran pemakaian yang tepat dari produk make up turut berperan untuk menunjang kesehatan kulit. Secara spesifik, para pakar kecantikan sebagaimana dilansir dari laman romper.com mengemukakan bahwa takaran pada setiap produk kosmetik haruslah cukup dan tidak berlebihan.

Pasalnya, takaran produk makeup yang berlebihan justru memacu produksi minyak pada kulit. Maka dianjurkan juga untuk menggunakan produk make up khusus oil-free.

3. Tidak Menggunakan Primer

Dilanir dari Huffington Post, menurut seorang pakar Stephen Dimmick yang adalah celebrity make up artist ternama, penggunaan primer adalah langkah penting yang tidak boleh dilewatkan.

Penggunaan primer berfungsi mempersiapkan kondisi kulit supaya tetap terjaga saat menggunakan makeup selanjutnya, sehingga kandungan bahan aktif pada produk kosmetik tidak merusak kulit.

BACA JUGA:  7 Tips agar Makeup Tahan Lama Meskipun Pakai Masker

4. Produk Foundation Tidak Sesuai

Penggunaan foundation adalah kunci dari penampilan wajah. Akan tapi, perlu diperhatikan, supaya tak salah memilih produk foundation. Sebab, kesalahan memilih produk akan menyebabkan kulit bermasalah dan berminyak.

Dilansir dari Allure, seorang pakar kecantikan sekaligus brand ambassador L’Oreal merekomendasikan, untuk menggunakan matte foundation untuk kulit kering dan powder foundation untuk kulit berminyak.

5. Menghapus Make Up Hanya Satu Langkah

Langkah-langkah dalam mengapus make up adalah hal yang juga harus diperhatikan. Dilansir dari laman Huffington Post, seorang pakar bernama Craig Kaffert dari Amarte Skin Care mengatakan bahwa membersihkan makeup dengan baik dapat menentukan kondisi kulit. 

Dalam penjelasannya, ia mengemukakan bahwa proses menghapus make up sebaiknya tidak hanya dilandaskan pada satu langkah saja, seperti menggunakan cleanser. Ada baiknya menggunakan cara double-cleansing supaya bahan aktif pada makeup benar-benar hilang.

Menariknya, cara tersebut jadi kebiasaan perempuan Korea Selatan dalam lakukan rutinitas kecantikan mereka seperti yang dikemukakan Charlotte Cho pada The Cut.

Scroll to Top