4 Tips Mengatasi Bulu Mata Rontok dan Menjaganya Tetap Lebat

4 Tips Mengatasi Bulu Mata Rontok dan Menjaganya Tetap Lebat

Berikut ini adalah Bulu Mata Rontok dan Tips untuk Menjaganya Tetap Lebat yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Bulu mata yang gugur sesekali tidak perlu dikhawatirkan, tapi apa yang terjadi jika bulu mata itu mulai rontok dari waktu ke waktu? Apakah bulu mata itu tumbuh kembali, atau apakah kita ditakdirkan untuk masa depan tanpa bulu mata? Berikut penjelasannya:

Kerontokan bulu mata bisa bermacam-macam, mulai dari kasus ringan hingga parah. Meskipun demikian, mungkin ada sejumlah alasan Anda mengapa bulu mata gugur atau rontok. Berikut beberapa penyebab yang lebih umum:

– Stres. Menurut dokter kulit bersertifikat Jeanine Downie, M.D., stres adalah faktor utama dalam hilangnya bulu mata. Sama seperti stres yang dapat menyebabkan kerontokan rambut, peningkatan kecemasan dapat menyebabkan efek serupa pada bulu-bulu kecil di mata.

– Iritasi dari bulu mata palsu atau ekstensi bulu mata. Meskipun iritasi dari bulu mata palsu itu sendiri jarang terjadi, jika Anda terus menerus menempelkan lem ke garis bulu mata Anda yang sensitif, Downie mengatakan Anda mungkin akan menghadapi satu atau dua bulu mata yang rontok. Camara Aunique, penata rias selebriti dan pendiri garis bulu mata buatan tangan Camara Aunique Beauty, setuju: “Ekstensi bulu mata memang bagus, tapi Anda harus menghabiskan cukup waktu untuk membersihkan bulu mata dengan benar” (yaitu, menghilangkan lem berlebih untuk menghindari iritasi).

– Trikotilomania. Ini adalah suatu kelainan di mana orang mungkin menghadapi dorongan yang tak tertahankan untuk mencabut rambut dari kulit kepala, alis, dan bulu mata.

BACA JUGA:  Ini Dia Tips Babymoon Buat Calon Ibu!

– Menggosok mata. Menggosok mata yang gatal kemungkinan besar tidak akan membahayakan, tapi terus menarik mata Anda dapat merusak kulit kelopak mata dan dapat menyebabkan bulu mata rontok, kata Downie.

– Kadang-kadang itu adalah tanda dari kondisi kesehatan yang mendasari. Dokter kulit bersertifikat Loretta Ciraldo, MD, FAAD, menyebutkan kondisi yang disebut alopecia areata (di mana Anda bisa kehilangan rambut tubuh dalam bentuk melingkar) dan penyakit hipo-tiroid (di mana Anda bisa kehilangan sepertiga terakhir dari alis Anda). Dalam kedua kasus, “Saya memiliki pasien di mana mereka kehilangan sebagian bulu matanya,” jelasnya.

– Iritasi akibat produk mata. Ciraldo menyebutkan hal ini sangat jarang terjadi, Meskipun begitu beberapa orang mungkin mengalami kehilangan bulu mata akibat riasan mata yang mengiritasi (seperti liner, shadow, atau maskara).

– Rontok secara alami. “Beberapa orang memiliki bulu mata yang dapat rontok sedikit lebih banyak dari yang lain,” kata Downie.

Apakah bulu mata tumbuh kembali? Jawaban singkatnya, tergantung. “Mereka bisa tumbuh kembali jika kulit kelopaknya tidak terlalu rusak,” jelas Downie. Jika kulit kelopak mata yang halus menghadapi terlalu banyak trauma (seperti, misalnya, karena terlalu sering menggosok mata atau iritasi yang terus-menerus dari lem ekstensi bulu mata), ini dapat menyebabkan jaringan parut permanen pada tepi bulu mata Anda. Mirip dengan menumbuhkan kembali alis Anda, jika folikel kecil itu terganggu oleh bekas luka atau luka bakar, bulu mata tidak bisa tumbuh kembali, tidak peduli berapa banyak serum bulu mata yang Anda tumpuk.

Tetapi, selama kulit kelopak mata Anda tetap utuh, bulu mata Anda akan tumbuh kembali. Bahkan jika Anda menderita kondisi yang mendasari, seperti alopecia areata atau penyakit hipo-tiroid, “setelah dirawat, bulu mata akan tumbuh kembali,” Kata Ciraldo. Dengan kata lain, tidak perlu meratapi setiap bulu mata yang hilang, selama kelopak mata Anda tetap sehat.

BACA JUGA:  3 Tips Memilih Lipstik Pink Sesuai dengan Jenis Warna Kulit

Cara menumbuhkan kembali dan cegah kerontokan bulu mata adalah berkonsultasi dengan dokter atau kulit perawatan primer Anda jika Anda merasa Anda mungkin menderita salah satu kondisi kesehatan yang disebutkan di atas, dimana pengobatan atau steroid topikal mungkin diperlukan untuk penyakit tersebut. Tetapi jika Anda kehilangan bulu mata kiri dan kanan dan tidak yakin apa yang harus dilakukan, berikut adalah beberapa tip yang disetujui oleh kulit:

1. Hindari Stres Fisik

Karena menggosok bulu mata adalah salah satu penyebab utama hilangnya bulu mata, Anda mungkin ingin berhenti menggosoknya. Itu termasuk dengan telapak tangan dan dengan makeup remover; tisu basah atau kapas, Meskipun begitu ingatlah untuk menghapus riasan mata Anda dengan lembut setiap malam. Anda juga harus berhati-hati saat menggunakan penjepit bulu mata; tidak perlu mencengkeram bulu mata di antara penjepit. Anda mungkin juga ingin mencoba tidur telentang untuk menghindari stres fisik itu; Selain menarik-narik kulit halus Anda dan menyebabkan kerutan di kemudian hari, bantal Anda juga bisa berdampak cukup besar pada kelopak mata Anda.

2. Bersihkan Secara Teratur

Anda harus selalu, selalu melepas maskara Anda setiap malam untuk cegah lebih banyak bulu mata rontok. Terutama jika Anda menyukai ekstensi bulu mata: Membersihkan bulu mata secara efektif dan lembut dapat cegah penumpukan kotoran dari waktu ke waktu, kata Aunique.

3. Mencoba Serum Bulu Mata

Anda juga bisa membeli serum bulu mata, jika Anda mau. Banyak pilihan yang mengandung bahan-bahan bersih dan menutrisi, seperti minyak jarak, madu, dan vitamin E untuk melindungi dan mendorong pertumbuhan rambut-rambut halus tersebut. Downie sangat memilih untuk menggunakannya, dirinya sendiri: “Itu membuat bulu mata saya tumbuh lebih panjang, lebih tebal, dan lebih penuh,” catatnya. Pastikan untuk mengobrol dengan kulit Anda tentang semua opsi di luar sana sebelum mengoleskan serum baru.

BACA JUGA:  Stok Popok Banyak, Apakah Perlu?

4. Ganti Riasan Mata Anda

Jika Anda masih belum tahu apa yang menyebabkan bulu mata Anda hilang, Ciraldo menyarankan untuk tetap menggunakan riasan mata hipoalergenik adalah pilihan yang aman. Penggantian sederhana dapat membantu meredakan iritasi pada garis bulu mata yang mungkin tidak Anda sadari, kata Ciraldo, terkadang satu-satunya manifestasi alergi adalah hilangnya bulu mata. Ini tidak biasa, tentu, tapi perlu ditelusuri.

Bulu mata Anda bisa tumbuh kembali, selama Anda merawatnya dengan baik; tidak menggosok, menghindari produk yang mengiritasi, dan sejenisnya. Karena sekali kelopak mata Anda terluka, tidak ada bulu mata yang hilang (baca: Anda tidak bisa menghidupkan kembali folikel yang mati). Tapi untuk satu atau dua bulu mata yang sesekali jatuh, ada banyak cara untuk merangsang pertumbuhan dan menjaganya tetap penuh, tebal, dan indah.

Scroll to Top