4 Cara Merawat Kulit Kepala yang Berminyak

4 Cara Merawat Kulit Kepala yang Berminyak

Berikut ini adalah Cara Merawat Kulit Kepala yang Berminyak yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Tidak ada yang bisa merusak rambut Anda seperti kulit kepala yang berminyak. Meskipun kotoran dan polusi dapat mencuri kesegaran dari rambut Anda, keringat dan kelembapan di bawah terik matahari menambah masalah rambut berminyak tersebut.

Selain mengganggu penampilan seseorang, kulit kepala yang berminyak juga bisa menyebabkan rasa gatal, dan menimbulkan jamur penyebab ketombe.

Untuk cegah munculnya rasa berminyak, orang dengan kulit kepala berminyak sering kali terlalu sering mencuci rambut. Ini, pada gilirannya, menghilangkan minyak alami rambut, membuat rambut kusam dan tidak bernyawa.

Berikut cara mengurangi minyak tanpa merusak rambut atau mengiritasi kulit kepala Anda.

1. Cuci rambut secara teratur

Mereka dengan kulit kepala yang sangat berminyak harus keramas setiap hari. Keramas membantu menghilangkan minyak berlebih dan kotoran, bersama dengan sisa produk rambut. 

2. Keramas dan gunakan kondisioner

Cukup keramas saja tidak cukup, Anda harus melakukannya dengan benar untuk mendapatkan manfaatnya. Untuk mencuci rambut Anda dengan benar, lakukan hal berikut:

– Dengan lembut gunakan sedikit sampo ke akar dan kulit kepala Anda.
– Cobalah untuk tidak menggunakan kuku Anda atau membuat gesekan yang tidak perlu pada untaian. Menggosok secara agresif dapat mengiritasi kulit kepala Anda dan menyebabkannya menghasilkan lebih banyak minyak.
– Fokus pada kulit kepala Anda, di mana minyak berada, dan hindari panjang rambut.
– Jangan mengoleskan sampo langsung ke ujung rambut Anda dan hindari menggosok dengan kuat. Sebaliknya, biarkan sampo mengalir melalui ujungnya saat Anda membilas.
– Kondisikan hanya ujung rambut Anda dan pastikan untuk membilasnya dengan bersih.

BACA JUGA:  4 Langkah Mudah Memotong Poni Anak Anda

3. Gunakan Aloe Vera

Aloe vera adalah cawan suci untuk perawatan rambut dan kulit. Gel atau bubur lidah buaya akan membantu menyeimbangkan tingkat ph dari kulit kepala Anda dan mencegahnya jadi berminyak. Aloe Vera juga kaya akan sifat antijamur, yang membantu cegah ketombe.

4. Rajin bersihkan peralatan rambut

Tidak ada produk yang akan bekerja dengan baik jika alat yang Anda gunakan kotor. Abaikan kebersihan rambut dan sikat Anda dapat menghambat tampilan surai Anda yang baru dicuci. Sikat Anda mungkin penuh dengan produk penataan rambut, minyak, dan kotoran umum.

Cuci alat penata gaya Anda dengan sedikit sampo atau sabun lembut untuk membersihkan penumpukan. Begitu pula, bersihkan semua rambut yang lepas setelah setiap kali menyikat supaya sikat Anda bebas dari minyak dan kotoran.

Scroll to Top