10 Rutinitas Perawatan Kulit Terbaik untuk Kulit Berminyak

10 Rutinitas Perawatan Kulit Terbaik untuk Kulit Berminyak

Berikut ini adalah Rutinitas Perawatan Kulit Terbaik untuk Kulit Berminyak yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Foto : DERMASCOPE Magazine

Jika Anda pernah melihat ke cermin hanya untuk melihat wajah berkilau yang balas menatap Anda, Anda tidak sendirian, begitu banyak wanita berjuang dengan kulit berminyak. Untungnya, ada banyak cara yang disetujui ahli untuk merawat jenis kulit khusus ini. Dengan pemikiran tersebut, beberapa dokter kulit terkemuka di industri menentukan, sekali dan untuk selamanya, rutinitas perawatan kulit terbaik untuk kulit berminyak.

Pahami Apa yang Termasuk dalam Jenis Kulit Berminyak

Sebelum kita mulai memerangi kilau dengan cara yang benar-benar terbukti, penting untuk terlebih dahulu memahami apa itu kulit berminyak. “Beberapa orang memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif daripada yang lain,” kata dokter kulit bersertifikat Dr. Joshua Zeichner. “Saat produksi minyak dalam jumlah tinggi, hal itu dapat membuat kulit terasa berat atau berminyak, yang kami sebut kulit berminyak.” Konsentrasi minyak ini sering ditemukan dalam zona-T (terdiri dari dahi, hidung, dan dagu), tempat konsentrasi tertinggi kelenjar sebaceous berada — meskipun minyak dapat muncul di bagian mana pun dari wajah.

Tapi apa yang membuat kelenjar minyak seseorang lebih aktif daripada kelenjar minyak orang lain? “Kulit berminyak dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, Namun penyebab yang paling umum adalah keturunan,” kata Dr. Rachel Maiman, seraya mencatat bahwa mereka yang memiliki kulit berminyak mungkin mendengar bahwa orang tua mereka mengalami nasib serupa. “Minyak berlebih juga bisa disebabkan oleh peningkatan kadar hormon seperti yang mungkin terjadi selama pubertas, selama bagian dari siklus menstruasi wanita, selama kehamilan, dan menopause,” tambahnya.

Pahami Bahwa Anda Membutuhkan Minyak

Hal tentang kelenjar minyak adalah, jika seimbang, mereka bermanfaat bagi kesehatan dan penampilan kulit. Selain menghidrasi kulit Anda, produksi minyak membantu mengangkat sel kulit mati dan iritasi lainnya dengan mendorongnya keluar masuk pori-pori, jelas dokter kulit bersertifikat Dr. Ava Shamban. “Meskipun begitu, ketika terlalu aktif, pori-pori mengembang dan mengalami cadangan sel-sel mati dan lumpur yang menempel di dinding pori, yang terlalu berat untuk dikeluarkan,” tuturnya. Minyak berlebih yang tidak digunakan untuk hidrasi alami tetap berada di permukaan kulit, menciptakan tampilan yang berkilau.

BACA JUGA:  Konsumsi 5 Vitamin Penting Ini untuk Kulit Wajah Sehat

Menilai Kulit Anda

Jika Anda membaca ini, ada kemungkinan besar Anda tahu bahwa Anda memiliki kulit berminyak atau merasa mungkin memiliki kulit berminyak. Untuk membantu menjernihkan semuanya, Dr. Maiman mengatakan untuk melihat ke cermin. “Jika Anda melihat pori-pori besar dan membesar, kemungkinan besar kulit Anda berminyak,” tuturnya. Trik bagus lainnya adalah mencuci muka dan menepuknya hingga kering, lalu menilai kulit Anda lima sampai 10 menit kemudian tanpa menggunakan produk apa pun. Jika kulit Anda terasa kencang dan Anda melihat pengelupasan, kulit Anda kering. Jika telah sempurna nyaman, kemungkinan berminyak.” Dr Maiman mengatakan bahwa penelitian dan bukti kehidupan nyata menunjukkan bahwa orang dengan kulit berminyak cenderung mengembangkan lebih sedikit keriput dari waktu ke waktu, dibandingkan dengan mereka yang berkulit di sisi yang lebih kering.

Gunakan Bahan-bahan Ini

Trik untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan mengetahui bahan mana yang memerangi kilau dan mana yang harus dihindari sepenuhnya. Menurut dokter kulit bersertifikat Dr. Melissa Kanchanapoomi Levin, pendiri Entière Dermatology dan instruktur klinis di NYU Langone, bahan pengelupas, pikirkan asam alfa hidroksi, seperti asam glikolat dan asam laktat, dan asam beta hidroksi, seperti asam salisilat yang bekerja keajaiban untuk memecah sel kulit mati dan sebum yang menumpuk, secara efektif membersihkan pori-pori hingga ke inti. “Karena sifat asam salisilat yang menyukai minyak, ia lebih mudah menembus kelenjar minyak daripada asam alfa hidroksi,” jelasnya. “Bagi mereka yang memiliki kulit lebih sensitif, formulasi asam salisilat dalam ukuran mikro sama efektifnya tapi tidak menyebabkan iritasi.”

Selain asam pengelupasan kulit, Dr. Maiman mengatakan untuk merangkul asam hialuronat yang menghidrasi; ini akan membantu menyeimbangkan produksi minyak kulit Anda tanpa menyumbat pori-pori, niacinamide pengurang minyak, dan oil-absorbing clay, juga. Dan jangan lupakan retinol. “Di antara banyak manfaat perawatan kulit lainnya, retinol adalah cawan suci anti-penuaan karena ia membangun kolagen,” tuturnya. “Selain membantu mengembalikan kekenyalan, kulit tampak lebih muda dengan garis halus yang lebih sedikit, retinol mengencangkan kulit dan secara tidak sengaja mengencangkan pori-pori, sehingga mengurangi produksi dan emisi minyak.”

BACA JUGA:  Berapa Lama Anda Harus Berpuasa untuk Menurunkan Berat Badan?

Dr. Zeichner mengatakan untuk menghindari minyak berat yang mengandung lemak jenuh, seperti alpukat, kelapa, dan zaitun, karena ia cenderung menyumbat pori-pori dan dapat menyebabkan jerawat dan bahkan lebih banyak produksi minyak. Dr Maiman mengatakan itu juga adalah ide yang baik untuk menghilangkan alkohol dari rutinitas Anda karena, meskipun dipasarkan untuk menghilangkan minyak berlebih, sebenarnya itu mengeringkan kulit dan mendorong produksi minyak lebih banyak.

Kembangkan Rutinitas 

Mengontrol kulit berminyak dimulai dengan pembersih non-komedogenik bebas minyak. Lebih khusus lagi, cari yang diformulasikan dengan asam salisilat pengelupas atau, jika kulit Anda berada di sisi yang lebih reaktif, asam glikolat (yang lebih lembut). Maiman mengatakan bahwa menggunakan pembersih jenis ini akan membantu membuka pori-pori sekaligus menyeimbangkan produksi minyak. Jika kulit Anda mudah teriritasi, dia menambahkan bahwa Anda mungkin perlu menggunakan pembersih pengelupas secara perlahan ke dalam rutinitas Anda, menggantinya dengan pembersih yang lembut setiap hari.

Rawat Kulit dengan Serum Kaya Antioksidan

Antioksidan seperti vitamin C adalah suatu keharusan, kata Dr. Maiman, karena mereka tidak hanya memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh matahari, tapi juga meminimalkan hiperpigmentasi yang ditinggalkan oleh jerawat yang sering menyertai kulit berminyak; mereka paling baik diserap dalam bentuk serum. Terlebih lagi, mereka dapat membantu mengurangi produksi sebum jika digunakan secara teratur. Dr. Zeichner mengatakan untuk menghindari Vitamin E, karena dapat menyebabkan berjerawat bagi mereka yang memiliki kulit berminyak.

Gunakan Pelembab

Anda tidak ingin mendorong sifat berminyak pada kulit Anda, jadi Dr. Maiman mengatakan untuk memilih pelembab bebas minyak yang ringan. “Hindari krim yang berat dan, seperti pembersih, carilah produk yang nonkomedogenik dan bebas minyak,” tuturnya. “Saya juga merekomendasikan mencari pelembab yang mengandung asam hialuronat untuk mengurangi dehidrasi dari bahan aktif yang kuat, yang dapat memicu produksi minyak berlebih.”

BACA JUGA:  4 Manfaat Mentimun Untuk Kecantikan

Akhiri dengan SPF pada Siang Hari dan Retinol pada Malam Hari

Tidak peduli cuacanya dan terlepas dari apakah Anda akan keluar atau tidak, penting untuk membangun kebiasaan menerapkan SPF 30 atau lebih tinggi setiap hari. “Saya merekomendasikan tabir surya fisik, artinya yang mengandung mineral seperti titanium dan zinc, daripada tabir surya kimiawi, karena cenderung tidak terlalu menyebabkan iritasi dan cenderung tidak menyebabkan jerawat,” kata Dr. Maiman, mencatat, sekali lagi, mencari yang bebas minyak. dan formulasi non-comedogenic. Pada malam hari, dia mengatakan untuk menukar SPF dengan retinol atau retinoid dan menjaga rutinitas Anda tetap sama.

Gunakan Exfoliant Dua Kali Seminggu

“Selain itu, saya merekomendasikan memasukkan asam hidroksi dalam bentuk yang lebih pekat dua kali seminggu,” kata Dr. Maiman. “Ingat, pengelupasan berlebihan bukanlah kuncinya.” Gunakan produk yang memiliki bahan aktif seperti asam glikolat 5% dan asam salisilat 2% untuk BHA dan AHA terbaik.

Jangan Lupa Masker

“Menambahkan clay mask sekali seminggu juga membantu mengurai pori-pori dan mengurangi jerawat,” Dr. Maiman menyimpulkan.

Scroll to Top