10 Efek Perceraian pada Anak yang Tidak Anda Tahu

10 Efek Perceraian pada Anak yang Tidak Anda Tahu

Berikut ini adalah 10 Efek Perceraian pada Anak yang Tidak Anda Tahu yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Berpisah bukanlah hal yang mudah. Seluruh novel dan lagu pop telah menuliskan tentang itu. Dan ketika anak-anak terlibat, perceraian bisa jadi situasi yang sangat sensitif.

Perlu diketahui bahwa perceraian akan berdampak pada anak-anak; terkadang dengan cara yang tidak Anda harapkan. Tapi itu bukanlah sebuah malapetaka dan kesuraman.

Jika Anda merasa kewalahan, ingatkan diri Anda bahwa Anda lakukan apa yang benar untuk Anda dan keluarga Anda. Bergerak maju, cobalah yang terbaik untuk merencanakan, memahami tanda-tanda peringatan potensial, dan buat diri Anda secara emosional tersedia untuk anak Anda.

Berikut adalah beberapa hal dimana anak Anda dapat mengekspresikan perasaan mereka akibat perpisahan orangtua:

1. Merasa Marah

Anak-anak mungkin merasa marah tentang perceraian. Jika Anda memikirkannya, itu masuk akal. Seluruh dunia mereka berubah dan mereka tidak selalu memiliki banyak masukan.

Kemarahan dapat menyerang pada usia berapa pun, tapi itu terutama terjadi pada anak-anak dan remaja usia sekolah. Emosi ini dapat timbul dari perasaan ditinggalkan atau kehilangan kendali. Kemarahan bahkan mungkin diarahkan ke dalam, karena beberapa anak menyalahkan diri mereka sendiri karena perceraian orangtua mereka.

2. Menarik Diri Secara Sosial

Anda juga mungkin memperhatikan bahwa anak supel Anda berubah jadi sangat pemalu atau cemas. Mereka kemungkinan sedang memikirkan dan merasakan emosi yang banyak sekarang. Mereka mungkin tampak tidak tertarik atau bahkan takut dengan situasi sosial, seperti bergaul dengan teman atau menghadiri acara sekolah.

Citra diri yang rendah dikaitkan dengan perceraian dan penarikan sosial, sehingga meningkatkan kepercayaan diri anak Anda dan komunikasi yang baik dapat membantu mereka keluar dari cangkang mereka lagi

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Pertumbuhan Gigi Sang Bayi Supaya Tidak Renggang

3. Nilai Anjlok

Secara akademis, anak-anak yang mengalami perceraian dapat memperoleh nilai yang lebih rendah dan bahkan menghadapi tingkat putus sekolah yang lebih tinggi dibandingkan dengan teman sebayanya. Efek ini dapat dilihat semenjak usia 6 tapi mungkin lebih nampak ketika anak-anak mencapai usia 13 hingga 18 tahun.

Ada beberapa kemungkinan alasan untuk hubungan ini, termasuk bahwa anak-anak mungkin merasa diabaikan, tertekan, atau terganggu oleh meningkatnya konflik di antara orangtua mereka. Seiring waktu, minat yang kurang pada akademisi di tingkat sekolah menengah mungkin menetes ke minat yang kurang dengan melanjutkan pendidikan mereka secara keseluruhan.

4. Merasa Cemas

Anak-anak yang lebih kecil mungkin menunjukkan tanda-tanda kecemasan akan perpisahan, seperti meningkatnya tangisan atau ketergantungan. Tentu saja, ini juga adalah tonggak perkembangan yang cenderung dimulai antara usia 6 hingga 9 bulan dan akan selesai pada saat anak Anda berusia 18 bulan.

Akan tapi, balita yang lebih tua dan anak-anak lebih besar mungkin menunjukkan tanda-tanda kecemasan akan perpisahan atau mungkin meminta orangtua yang lain ketika mereka tidak ada.

Beberapa anak mungkin merespons dengan baik terhadap rutinitas yang konsisten serta alat-alat visual, seperti kalender, dengan kunjungan yang ditandai dengan jelas.

5. Kemunduran

Balita dan anak-anak prasekolah antara usia 18 bulan dan 6 tahun dapat kembali ke perilaku seperti ketergantungan, ngompol, mengisap jempol, dan mengamuk.

Jika Anda melihat kemunduran, itu mungkin adalah tanda meningkatnya stres pada anak Anda atau kesulitan mereka dalam transisi. Perilaku ini bisa mengkhawatirkan dan Anda mungkin tidak tahu harus mulai dari mana dengan membantu si kecil. Kunci-kunci di sini adalah kepastian dan konsistensi yang berkelanjutan di lingkungan dan tindakan yang membuat anak Anda merasa aman.

6. Pola Makan dan Tidur Berubah

Satu studi tahun 2019 menimbulkan pertanyaan apakah anak-anak benar-benar menanggung beban perceraian. Sementara indeks massa tubuh (BMI) pada anak-anak tidak segera menunjukkan dampak, BMI dari waktu ke waktu mungkin secara signifikan lebih tinggi daripada anak-anak yang belum melalui perceraian. Dan efek ini terutama dicatat pada anak-anak yang mengalami perpisahan sebelum berusia 6 tahun.

BACA JUGA:  MMA vs Tinju, Mana yang Lebih Efektif Untuk Pertahanan Diri dan Kebugaran

Anak-anak di sebagian besar kelompok umur juga mengalami masalah tidur, yang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan. Ini kembali ke regresi, tapi juga mencakup hal-hal seperti mimpi buruk atau kepercayaan pada monster atau makhluk fantastik lainnya yang menimbulkan perasaan cemas menjelang tidur.

7. Mereka Dapat Memilih Sisi

Ketika orang tua berkelahi, penelitian menjelaskan bahwa anak-anak mengalami disonansi kognitif dan konflik loyalitas. Ini hanya cara mewah untuk mengatakan bahwa mereka merasa tidak nyaman terjebak di tengah, tidak tahu apakah mereka harus berpihak pada satu orangtua.

Ini mungkin muncul sebagai kebutuhan yang kuat untuk keadilan bahkan jika itu berbahaya bagi perkembangan mereka sendiri. Anak-anak juga dapat menunjukkan ketidaknyamanan mereka dengan meningkatnya sakit perut atau sakit kepala.

Konflik kesetiaan mungkin jadi lebih jelas ketika anak-anak bertambah tua, yang akhirnya menyebabkan putusnya kontak dengan satu orangtua (meskipun orang tua yang dipilih dapat berubah seiring waktu).

8. Mengalami Depresi

Sementara seorang anak pada awalnya mungkin merasa rendah diri atau sedih tentang perceraian, penelitian melaporkan bahwa anak-anak yang bercerai berisiko mengalami depresi klinis. Yang lebih memprihatinkan, beberapa juga berisiko lebih tinggi terhadap ancaman atau upaya bunuh diri.

Sementara masalah ini dapat berdampak pada anak-anak dari segala usia, mereka cenderung lebih menonjol dengan anak-anak usia 11 tahun ke atas. Dan anak laki-laki mungkin lebih berisiko pikiran bunuh diri daripada anak perempuan.

Mendaftar bantuan seorang profesional kesehatan mental berlisensi sangat penting untuk alasan ini.

9. Terlibat dalam Perilaku Berisiko

Penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan, perilaku agresif, dan pengenalan dini untuk aktivitas seksual juga dimungkinkan. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa gadis remaja cenderung lakukan hubungan seks pada usia lebih dini ketika mereka tinggal di rumah tangga di mana ayahnya tidak hadir.

BACA JUGA:  Awas, Hindari Mengucapkan 5 Hal ini Kepada Anak

Penelitian tidak menunjukkan risiko yang sama untuk anak laki-laki. Dan debut seksual awal ini dapat dikaitkan dengan beberapa faktor, termasuk keyakinan yang dimodifikasi tentang pernikahan dan pemikiran tentang melahirkan anak.

10. Memiliki Masalah Hubungan dengan Orang Lain

Akhirnya, penelitian menunjukkan bahwa ketika orangtua bercerai, ada peluang bagus bahwa anak-anak mereka dapat berakhir pada posisi yang sama dengan orang dewasa. Idenya di sini adalah bahwa perpecahan antara orangtua dapat mengubah sikap anak terhadap hubungan secara umum. Mereka mungkin kurang tertarik untuk memasuki hubungan jangka panjang yang berkomitmen.

Dan hidup melalui perceraian menunjukkan pada anak-anak bahwa ada banyak alternatif selain model keluarga. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa anak-anak dapat memilih hidup bersama (hidup bersama tanpa menikah) daripada menikah. Akan tapi, perlu dicatat bahwa ini cukup dinormalisasi dalam budaya kita saat ini, terlepas dari sejarah keluarga.

Dalam banyak penelitian dan tulisan tentang perceraian, jelas bahwa anak-anak adalah manusia yang tangguh. Efek pemisahan cenderung lebih menantang dalam 1 hingga 3 tahun pertama.

Ditambah lagi, tidak semua anak melihat efek negatif dari perceraian. Mereka yang hidup di lingkungan konflik tinggi bahkan mungkin melihat pemisahan sebagai sesuatu yang positif.

Pada akhirnya, itu kembali ke lakukan apa yang benar untuk keluarga Anda. Cobalah yang terbaik untuk menjelaskan pada anak Anda bahwa, apa pun yang terjadi, Anda masih keluarga.

Lebih dari segalanya, anak Anda ingin tahu bahwa mereka memiliki cinta dan dukungan tanpa syarat Anda terlepas dari status hubungan Anda.

Scroll to Top