Scrub Kopi Dapat Mencerahkan Kulit, Menyamarkan Selulit, dan Hilangkan Mata Panda

Scrub Kopi Dapat Mencerahkan Kulit, Menyamarkan Selulit, dan Hilangkan Mata Panda

Berikut ini adalah Scrub Kopi Dapat Mencerahkan Kulit, Menyamarkan Selulit, dan Hilangkan Mata Panda yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Scrub kopi memiliki tiga komposisi utama yang efektif untuk menciptakan butiran exfoliator alami: kopi, gula, dan garam.

Yang Anda butuhkan:

1 cangkir bubuk kopi giling kasar

½ cangkir gula palem atau garam laut

1 cangkir minyak pilihan Anda (minyak zaitun, minyak grapeseed, minyak canola, minyak kelapa)

Campurkan semua bahan kering ke dalam sebuah mangkuk, kemudian tambahkan minyak. Jika Anda menggunakan minyak kelapa, Anda bisa cairkan minyak kelapa dalam microwave terlebih dahulu selama 20-30 detik. Aduk rata hingga jadi adonan kasar.

Anda bisa gunakan sikat mandi atau dengan tangan Anda. Gosokkan adonan scrub kopi ke seluruh tubuh Anda, termasuk wajah dan daerah selulit, dengan pijatan gerakan melingkar. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas bersih dengan air hangat. Ulangi seminggu dua kali, atau setiap kali Anda mandi.

Gunakan bubuk kopi segar, bukan ampas ataupun kopi instan sachet. Selain itu pilih kopi jenis Robusta yang memiliki tingkat kandungan kafein dua kali lipat lebih banyak daripada kopi arabika.

Kandungan kafein dalam kopi memiliki sifat anti-peradangan kuat yang membuatnya ideal untuk mengurangi peradangan dan kemerahan di kulit. Mengutip dari livestrong.com, dalam sebuah studi oleh Seoul National University tahun 1981, peneliti menemukan bahwa efek kafein dalam mengurangi peradangan hampir sama kuatnya dengan aspirin. Hasil studi tahun 1978 di University of Tennessee menemukan bahwa kafein sebagai bahan aktif tambahan pada krim anti-peradangan meningkatkan efektivitas obat secara signifikan.

BACA JUGA:  Pelecehan Psikologis pada Anak yang Harus Anda Ketahui

Meskipun kafein tidak bisa sepenuhnya menghapus lingkaran hitam mata yang disebabkan faktor keturunan, tapi menerapkan kafein di bawah mata Anda akan mengempiskan bengkak dan peradangan yang mengenai dengan lingkaran hitam. Selain itu, kafein juga bisa mengurangi penggumpalan darah di bawah mata Anda yang menyebabkan “mata panda”.

Kafein dalam kopi juga terbilang efektif untuk menyamarkan selulit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetology 2008 menunjukkan bahwa krim anti-selulit mengandung kafein bisa mengurangi selulit sebanyak 17% dari diameter sel lemak, sementara krim yang mengandung siloxanetriol alginate caffeine (SAC) menunjukkan penurunan tampilan selulit hingga 26%.

Bubuk kopi adalah exfoliator mekanik alami, artinya mereka dapat digunakan untuk mengangkat kulit mati untuk memperlihatkan lapisan kulit sehat di bawahnya, sedangkan produk exfoliator pasaran menggunakan bahan kimia bersifat asam untuk mengelupaskan kulit. Pengelupasan kulit mati dengan bubuk kopi bisa memperlancar aliran darah dan membuat kulit Anda tampak lebih kencang dan bersinar.

Scroll to Top