Mitos Parenting dan Revolusi DNA yang Memengaruhi Anak

Mitos Parenting dan Revolusi DNA yang Memengaruhi Anak

Berikut ini adalah Mitos Parenting dan Revolusi DNA yang Memengaruhi Anak yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Foto : Fashionable Hostess

Setiap orangtua ingin anaknya sukses dalam hidup, dan berusaha untuk menyediakan lingkungan terbaik bagi anak mereka untuk berkembang. Tapi apakah ini pada akhirnya usaha yang sia-sia karena masalah genetika? 

Penelitian setengah abad menunjukkan bahwa gen Anda, sifat Anda, adalah faktor penentu dalam siapa Anda, bukan pengasuhan yang Anda dapatkan dari orangtua Anda, tulis Robert Plomin.

Masuklah ke bagian parenting mana pun di toko buku dan Anda akan melihat banyak judul yang berfokus pada masalah seperti makan, tidur, pelatihan toilet, dan cara mengelola hubungan orangtua-anak. 

Buku-buku itu berbeda dalam pendekatannya, tapi satu hal yang sama-sama dimiliki oleh mereka adalah bahwa mereka menghargai pengaruh lingkungan orangtua. Dan itu masuk akal, bukan? Wajar untuk berasumsi bahwa cara anak berkembang bergantung pada cara mereka dibesarkan. Bagaimanapun, ini adalah ide yang tertanam dalam dalam budaya kita.

Namun ini bertentangan dengan penelitian selama 50 tahun yang menunjukkan bahwa genetika, alam, adalah kekuatan sistematis utama yang membentuk anak-anak; kepribadian, kesehatan dan penyakit mental mereka, serta kemampuan dan kecacatan kognitif. 

Penelitian yang menggunakan anak kembar dan adopsi secara konsisten menemukan bahwa perbedaan DNA yang diwariskan mencapai sekitar 50% dari perbedaan antara anak-anak untuk semua ciri psikologis.

Adapun 50% lainnya, penelitian genetika menunjukkan bahwa lingkungan bekerja sangat berbeda dari yang kita kira. Ini bukanlah efek sistematis dari jadi orangtua — anak-anak yang tumbuh dalam keluarga yang sama dengan orangtua yang sama tidak lebih mirip dibandingkan jika anak-anak dibesarkan dalam keluarga yang berbeda. 
Setelah bertahun-tahun penelitian mencoba untuk mengidentifikasi faktor lingkungan yang membuat anak-anak dalam keluarga yang sama berbeda satu sama lain, yang dapat disimpulkan bahwa mereka sebagian besar adalah faktor acak dan idiosinkratik yang tidak dapat dikendalikan oleh orangtua, dengan kata lain, kebetulan. 

BACA JUGA:  Arti Mimpi Melihat atau Digigit Ular

Jadi, pada dasarnya, semua teknik pengasuhan berbeda yang disoroti dalam buku pengasuhan sebenarnya tidak membuat perbedaan pada hasil jangka panjang anak-anak.

Apa yang membuat perbedaan sistematis adalah genetika, Meskipun begitu hampir tidak ada satu pun dari ribuan buku tentang parenting yang membahas genetika. Pengaruh genetika yang luas adalah satu-satunya fakta terpenting yang perlu diketahui orangtua tentang pengasuhan.

Buku parenting juga sepenuhnya mengabaikan kedatangan apa yang akan jadi perkembangan paling inovatif dan radikal dalam sejarah parenting: revolusi DNA. 

Revolusi DNA mulai memungkinkan orangtua membaca cetak biru DNA anak mereka saat lahir dan membuat prediksi tentang masa depan mereka sebagai orang dewasa. Meskipun kekuatan untuk meramalkan masa depan anak-anak mereka saat ini terbatas pada beberapa sifat, seiring dengan perbaikan yang dilakukan, hal itu pada akhirnya akan mengubah pola asuh.

Pesan genetika ini dapat membebaskan orangtua dari dos dan tidak tekanan dari buku nasihat yang memicu kecemasan. Sebagai penawar, pesan utamanya adalah bahwa orangtua harus santai dan menikmati hubungan mereka dengan anak-anak mereka. 

Para orangtua harus lakukan sesuatu untuk anak-anak mereka karena mereka menyayangi mereka dan ingin membuat hidup mereka baik, bukan karena mereka ingin mengubahnya.

Bagian dari kenikmatan jadi orangtua berasal dari melihat anak-anak jadi diri mereka sendiri secara genetik. Mencoba membentuk anak Anda jadi apa yang Anda inginkan tidak akan berhasil dalam jangka panjang karena orangtua hanya memiliki sedikit kendali atas perkembangan anak mereka. 

Yang penting, pesan genetika tidak membutuhkan banyak waktu, tenaga, atau sumber daya. Ini akan membuat hidup lebih mudah bagi orangtua, anak-anak mereka, dan hubungan mereka.
 

Scroll to Top