Memperkenalkan Buah Stroberi pada Bayi Anda

Memperkenalkan Buah Stroberi pada Bayi Anda

Berikut ini adalah Memperkenalkan Buah Stroberi pada Bayi Anda yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Di antara warnanya yang indah, rasa manis, dan kandungan gizinya yang luar biasa, stroberi adalah buah favorit bagi banyak orang. Anda yakin bayi Anda akan menyukainya, tapi sebelum Anda memperkenalkan beri ke dalam menu makanannya, ada beberapa hal yang perlu diketahui.

Buah beri, termasuk stroberi, bisa jadi sumber vitamin dan mineral yang baik. Namun karena setiap bayi dapat mengembangkan alergi, dan makanan yang Anda pilih dapat berdampak pada peluang bayi Anda untuk mengembangkannya, penting untuk memperkenalkan makanan baru dengan sedikit hati-hati.

Antara usia 4 dan 6 bulan, American Academy of Allergy Asthma and Immunology (AAAAI) menyatakan bahwa banyak bayi mulai mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk makan makanan padat. Keterampilan tersebut termasuk kontrol kepala dan leher yang baik, dan kemampuan untuk duduk dengan penyangga di kursi tinggi.

Jika bayi Anda telah menunjukkan minat pada makanan Anda dan memiliki keterampilan ini, Anda dapat memperkenalkan makanan pertama seperti sereal beras atau sereal biji-bijian tunggal lainnya. Setelah bayi Anda jadi ahli makan sereal, mereka siap untuk makanan seperti bubur buah dan sayuran.

Anda dapat mencoba makanan bahan tunggal seperti bubur wortel, labu, dan ubi, buah-buahan seperti pir, apel, dan pisang, serta sayuran hijau. Penting untuk memperkenalkan satu makanan baru pada satu waktu, lalu menunggu tiga sampai lima hari sebelum memperkenalkan makanan baru lainnya. Dengan begitu, Anda punya waktu untuk mengamati reaksi apa pun terhadap makanan tertentu.

BACA JUGA:  Selain untuk Asupan Bayi, ASI Juga Baik Buat Mandi

Menurut AAAAI, bahkan makanan yang sangat alergi dapat dimasukkan ke dalam pola makan bayi Anda setelah mereka mulai makan makanan padat. Makanan yang sangat alergi termasuk susu, telur, ikan, dan kacang tanah.

Di masa lalu, anjurannya adalah menghindari makanan ini untuk mengurangi kemungkinan alergi. Walau begitu menurut AAAAI, menundanya sebenarnya dapat meningkatkan risiko bayi Anda.

Buah beri, termasuk stroberi, tidak dianggap sebagai makanan yang menyebabkan alergi. Namun Anda mungkin memperhatikan bahwa mereka dapat menyebabkan ruam di sekitar mulut bayi Anda. Makanan asam seperti beri, buah jeruk, dan sayuran, serta tomat dapat menyebabkan iritasi di sekitar mulut, tapi reaksi ini tidak boleh dianggap sebagai alergi. Sebaliknya, ini adalah reaksi terhadap asam dalam makanan ini.

Walau begitu, jika bayi Anda menderita eksim atau alergi makanan lain, bicarakan dengan dokter anak Anda sebelum memperkenalkan beri.

Ketika bayi Anda memiliki alergi makanan, tubuhnya bereaksi terhadap protein dalam makanan yang mereka makan. Reaksi dapat berkisar dari ringan hingga sangat parah. Jika anak Anda menunjukkan tanda-tanda alergi makanan, Anda mungkin memperhatikan gejala berikut:

– Gatal-gatal atau ruam kulit gatal
– Pembengkakan
– Mengi atau kesulitan bernapas
– Muntah
– Diare
– Kulit pucat
– Hilang kesadaran

Dalam kasus yang parah, beberapa bagian tubuh terpengaruh pada waktu yang bersamaan. Ini dikenal sebagai anafilaksis dan dianggap mengancam jiwa. Jika anak Anda mengalami kesulitan bernapas setelah makan makanan baru, segera hubungi dokter anak Anda.

Ada pertimbangan lain saat memperkenalkan stroberi pada bayi Anda untuk pertama kalinya. Stroberi yang ditanam secara konvensional termasuk dalam daftar “lusinan kotor” dari Kelompok Kerja Lingkungan karena konsentrasi pestisida yang tinggi. Anda mungkin lebih suka membeli buah beri organik untuk menghindari hal ini.

BACA JUGA:  3 Manfaat Melatih Negosiasi pada Anak Semenjak Dini

Ada juga potensi tersedak. Stroberi utuh, atau bahkan yang dipotong jadi potongan besar, dapat menimbulkan bahaya tersedak bagi bayi dan bahkan balita. Alih-alih dipotong-potong, cobalah membuat bubur stroberi di rumah. Cuci delapan hingga 10 stroberi dan buang batangnya. Masukkan ke dalam blender bertenaga tinggi atau food processor dan haluskan sampai halus.

Scroll to Top