Memahami Obesitas pada Anak-anak

Memahami Obesitas pada Anak-anak

Berikut ini adalah Parenting : Obesitas pada Anak-anak yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Foto : Premier Medical Group

Penyebab obesitas tidak selalu jelas bagi anak-anak tertentu, tapi kita tahu kemiskinan memainkan peran besar. Faktor genetik dan lingkungan adalah variabel lain. Meskipun begitu, para peneliti dari Concordia menemukan bahwa pilihan pengasuhan anak meningkatkan risiko obesitas di masa kanak-kanak.

Mereka membagi orang tua jadi empat kelompok:
 

1. Otoritatif: responsif Meskipun begitu tidak menuntut 

Merupakan tipe orangtua yang memiliki ekspektasi, Meskipun begitu tidak mengatur hal-hal kecil seperti makanan anak-anak melalui disiplin atau penghargaan.

2. Otoritarian atau Disipliner: tidak responsif tapi menuntut 

Orangtua tipe ini berpikir mereka lebih tahu dan memaksa anak-anak mereka untuk makan makanan tertentu, meskipun terdapat protes.

3. Permisif: responsif tapi tidak menuntut

Orangtua tipe ini membiarkan anak-anak mereka makan apa pun yang mereka inginkan.

4. Lalai: tidak responsif atau menuntut

Anak-anak ‘mengurus’ sendiri makan mereka.

Studi ini menemukan bahwa anak-anak dengan orang tua yang otoriter / tidak responsif memiliki kemungkinan 35%-41% lebih gemuk daripada anak-anak dari orang tua yang otoritatif / responsif. Namun pada usia prasekolah, kemiskinan menghapus perbedaan ini dan anak-anak muda yang hidup di bawah garis kemiskinan memiliki peluang 20% lebih besar untuk mengalami obesitas, terlepas dari gaya pengasuhannya.

Para peneliti berspekulasi bahwa pengaturan diri adalah inti dari temuan mereka. Anak-anak dari orang tua yang otoriter tidak mendapatkan kesempatan untuk mempelajari apa yang membuat mereka lapar dan apa yang membuat mereka kenyang. Mereka tidak belajar bagaimana makanan yang berbeda memengaruhi tingkat energi mereka karena mereka tidak diberi kesempatan untuk membuat kesalahan, dan mereka mungkin terlalu berlebihan karenanya.

BACA JUGA:  Warna Lipstik yang Tepat untuk Pemilik Bibir Gelap

Akar obesitas masa kanak-kanak memiliki banyak segi dan strategi, dan untuk mengatasinya sama rumitnya. Sebagai masyarakat kita harus melihat ketimpangan pendapatan dan bagaimana hal itu mempengaruhi kesehatan keluarga, bersama mendidik orang tua tentang bagaimana mereka dapat mengajar anak-anak mereka untuk menjalani kehidupan yang sehat.

Scroll to Top