Manfaat Minyak Tamanu, Ekstrak Biji Buah Cemara

Manfaat Minyak Tamanu, Ekstrak Biji Buah Cemara

Berikut ini adalah Manfaat Minyak Tamanu, Ekstrak Biji Buah Cemara yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Minyak tamanu adalah hasil ekstrak biji buah pohon cemara yang disebut Calophyllum inophyllum. Minyak ini sering digunakan oleh masyarakat di Asia Tenggara karena manfaatnya yang luar biasa untuk kulit seperti jerawat, psoriasis, dan bekas luka.

Penelitian tentang manfaat minyak tamanu untuk kesehatan masih sangat terbatas. Walau begitu, dalam sejumlah studi yang masih terbatas para peneliti telah menemukan bahwa minyak tamanu mengandung calophyllolide, yaitu zat yang diketahui memiliki sifat antiradang. Selain itu, minyak ini juga mengandung senyawa delta-tocotrienol (sejenis vitamin E) serta sejumlah antioksidan yang bermanfaat untuk kulit.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat minyak tamanu untuk masalah kulit Anda. 

1. Mengobati jerawat dan bekasnya

Minyak tamanu sangat bagus untuk perawatan dan penyembuhan jerawat. Pasalnya, minyak tamanu memiliki sifat antimikroba, antibakteri, serta antiradang yang akan membantu mempercepat pengobatan bekas luka jerawat atau keloid.

2. Mengobati luka bakar

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak tamanu diketahui bisa menenangkan kulit Anda yang terbakar, mencerahkan kulit yang menggelap, serta membantu proses penyembuhan luka dengan cepat. Anda bisa mengoleskan minyak tamanu pada daerah kulit yang menggelap atau terbakar beberapa kali sehari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Selain itu, beberapa orang juga menggunakan minyak pohon cemara ini untuk meredakan iritasi dan gatal akibat gigitan serangga. Akan tapi, penelitian mengenai hal ini belum cukup kuat.

3. Melembapkan kulit

Kandungan asam lemak yang tinggi dalam minyak tamanu membuat minyak ini memiliki khasiat untuk melembapkan kulit Anda. Minyak tamanu adalah pelembap alami yang bisa dengan mudah terserap oleh kulit sehingga membuat kulit Anda jadi lebih kenyal dan tidak mudah kering. Beberapa pendukung juga mengklaim bahwa minyak ini dapat membantu meregenerasi sel kulit yang rusak.

BACA JUGA:  Minyak kelapa Dapat Mengurangi Kerontokan, Rambut Makin Lebat dan Berkilau

4. Menghilangkan stretch marks

Salah satu penyebab timbulnya stretch marks adalah kulit yang meregang setelah berkurang atau bertambahnya berat badan. Nah, minyak tamanu dipercaya dalam mengurangi kemunculan stretch marks dan penelitian yang ada menunjukkan bahwa penggunaan minyak tamanu secara rutin diketahui efektif untuk cegah dan mengurangi stretch marks di kulit.

Meskipun minyak tamanu umumnya dianggap aman bila digunakan secara topikal (pemakaian luar), tapi sama seperti minyak pada umumnya, minyak ini juga dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Jika Anda mengalami gatal, kemerahan, iritasi, atau efek samping lainnya setelah menggunakan minyak tamanu, segera hentikan pemakaian.
 

Scroll to Top