Langkah dan Cara Mengajari Bayi Merangkak

Langkah dan Cara Mengajari Bayi Merangkak

Berikut ini adalah Langkah Sederhana untuk Mengajari Bayi Anda Merangkak yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Jika Anda seperti kebanyakan orangtua baru, Anda mungkin menatap bayi Anda dengan takjub dan dengan penuh semangat menunggu pencapaian yang diantisipasi, seperti tertawa, duduk, dan merangkak.

Saat ini, sepertinya bayi Anda tidak akan pernah bisa bergerak. Tapi kenyataannya, mereka akan memanjat furnitur dan tempat tidur bayi sebelum Anda menyadarinya.

Untungnya, Anda tidak perlu mengajari bayi Anda merangkak. Ini adalah tonggak perkembangan alami yang terjadi saat bayi Anda siap. Meski begitu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendorong bayi Anda bergerak, dan tentu saja, ada beberapa hal yang dapat Anda cari untuk memastikan kemampuan motorik kasar bayi Anda berada di jalur yang benar.

Karena bayi memiliki keinginan bawaan untuk bergerak, membantu mereka belajar merangkak bukanlah tentang mengajar, tapi lebih banyak tentang memberi mereka kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan yang mereka butuhkan. Berikut lima hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu bayi Anda belajar merangkak.

1. Beri Bayi Anda Waktu Tengkurap yang Cukup

Meskipun bayi harus selalu tidur telentang, ada baiknya memberi mereka waktu tengkurap setiap hari saat mereka bangun. Saat bayi Anda menghabiskan waktu dengan tengkurap, mereka berlatih mengangkat kepala dari tanah, yang perkuat punggungnya dan membuat anggota tubuhnya bergerak bebas. Kedua aktivitas ini membantu membangun otot yang mereka perlukan untuk merangkak.

Beberapa bayi tidak menikmati waktu tengkurap, terutama pada awalnya. Jika si kecil berteriak atau memprotes, cobalah melakukannya hanya dalam waktu singkat dan hanya beberapa menit setiap kali. Anda juga dapat membuat waktu bermain di lantai lebih menyenangkan dengan memberi mereka waktu beberapa menit di berbagai posisi, termasuk samping, punggung, dan perut. Dan terakhir, cobalah untuk berbaring telentang dan letakkan bayi di perut Anda dengan posisi tengkurap, sehingga Anda dapat melihat wajah mereka saat mereka berlatih mengangkat kepalanya.

BACA JUGA:  Hindari Merendahkan Pasangan di Depan Anak

2. Kurangi Jumlah Waktu di Walkers dan Bouncers

Bayi yang tidak menghabiskan banyak waktu di lantai mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembangkan kekuatan yang mereka butuhkan untuk merangkak. Meskipun ayunan bayi, alat bantu jalan, penjaga, dan kursi bayi lainnya adalah cara terbaik untuk menjaga bayi Anda tetap terkurung dengan aman, berilah bayi Anda waktu di lantai untuk mendorong penjelajahan dan gerakan.

3. Beri Bayi Anda Sedikit Motivasi Ekstra

Bayi telah memiliki dorongan naluriah untuk bergerak, tapi Anda dapat membuatnya sedikit lebih menarik dan memotivasi dengan memberi mereka sesuatu untuk diraih.

Cobalah meletakkan mainan favorit mereka di tanah selama waktu tengkurap, tapi letakkan mainan itu jauh dari jangkauan. Ini akan menarik minat mereka dan memberi mereka tujuan untuk bekerja saat mereka mencoba bergerak. Trik lainnya adalah meletakkan cermin di lantai di depan bayi Anda. Saat bayi melihat pantulannya di cermin, hal ini dapat memotivasi mereka untuk bergeser, dan kemudian secara bertahap merangkak, ke objek tersebut.

Mereka mungkin akan mencoba beberapa cara kreatif untuk mendapatkan mainan tersebut, seperti menggulung dan meregangkan tubuh. Anda mungkin mengalami kesulitan untuk tidak membantu mereka, tapi jika Anda dapat menahan godaan untuk mendekatkan mainan, Anda mungkin akan terkejut melihat betapa sabar mereka saat berusaha menyelesaikan masalah sendiri.

4. Sediakan Ruang yang Nyaman Bagi Mereka untuk Bereksplorasi

Siapkan area di lantai Anda yang memiliki mainan menarik dan hal-hal yang dapat mereka jelajahi dengan aman. Jika Anda memiliki lantai yang tidak dilapisi karpet, Anda dapat membantu bayi Anda mulai bergeser sedikit lebih cepat di lantai dengan memakaikan baju berlengan panjang dan celana. Pakaian pada permukaan yang halus akan membantunya bergerak dengan lebih sedikit gesekan, yang akan membuatnya lebih mudah untuk memulainya.

BACA JUGA:  3 Manfaat Makan Es Krim saat Anak Sedang Demam

5. Turun ke Lantai dan Merangkaklah dengan Bayi Anda

Bayi Anda mungkin mulai merangkak lebih cepat jika Anda atau kakaknya naik ke lantai bersama mereka selama tengkurap. Kenyataannya adalah, bahkan jika bayi melihat mainan favorit mereka beberapa meter jauhnya, mereka mungkin tidak tahu bagaimana cara mulai berlari atau merangkak. Tetapi jika Anda menunjukkan pada mereka apa yang harus dilakukan, mereka mungkin meniru gerakan Anda dan mencoba merangkak ke arah objek tersebut.

Kebanyakan keterampilan motorik lebih rumit daripada kelihatannya, dan merangkak tidak terkecuali. Mungkin tampak seperti bergerak adalah aktivitas yang cukup mendasar bagi seorang bayi, tapi pada kenyataannya, bayi Anda perlu mengembangkan dua kemampuan utama. 

Seorang bayi pertama-tama harus mengembangkan kekuatan otot untuk menopang dirinya di lengan dan kakinya. Dan kedua, mereka harus sanggup mengoordinasikan gerakan anggota badan mereka untuk membuat gerakan terjadi.

Kebanyakan bayi tidak langsung dari tidak bergerak jadi merangkak dengan tangan dan lutut. Faktanya, beberapa bayi tidak pernah belajar merangkak dari tangan kanan dan kaki kiri secara bergantian dengan tangan kiri dan kaki kanan saat berada di tangan dan lutut.

Sebaliknya, banyak bayi jadi kreatif dengan berbagai jenis gerakan. Misalnya, bayi Anda mungkin mulai lakukan gerakan merangkak, dengan berbaring tengkurap dan menarik diri ke depan dengan lengan. Mereka mungkin juga menggunakan kaki mereka lebih dari lengan mereka, mengangkat tubuh mereka dengan meluruskan kaki mereka dan kemudian mendorong ke depan.

Mereka mungkin mencoba duduk dan bergeser ke depan di atas pantat mereka, menggunakan lengan dan kaki mereka untuk bergerak maju. Atau mereka bahkan mungkin tidak merangkak dan langsung dari berguling ke duduk jadi berjalan.

BACA JUGA:  Cara Mendisiplinkan Anak-Anak dengan Konsekuensi Positif

Bagi kebanyakan bayi, keterampilan yang dibutuhkan untuk bergerak berkembang di sekitar titik tengah tahun pertama kehidupan. Anda mungkin akan melihat bayi Anda mulai merangkak antara 6 dan 10 bulan.

Tetapi, jika bayi Anda lebih besar dari rata-rata, mungkin perlu waktu lebih lama bagi mereka untuk mengetahui cara bergerak. Dan jika mereka terutama berfokus pada keterampilan lain, seperti keterampilan motorik halus atau perkembangan bahasa, hal ini dapat menunda fokus mereka pada sistem gerak.

Kemungkinan Anda tidak perlu mengkhawatirkan gerakan bayi Anda. Tetapi, jika Anda memperhatikan bahwa bayi Anda mencoba untuk bergerak, tapi hanya menggunakan satu sisi tubuhnya, bicarakan dengan dokter.

Anda juga harus berbicara dengan dokter jika Anda khawatir bayi Anda tidak mengalami kemajuan dalam kemampuannya untuk bergerak. Dokter Anda dapat menilai apakah perkembangan bayi Anda normal dan sesuai rencana.
 

Scroll to Top