Kulit Belang Pada Tangan dan Kaki, Ini Cara Mengatasinya

Kulit Belang Pada Tangan dan Kaki, Ini Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah Kulit Belang Pada Tangan dan Kaki, Ini Cara Mengatasinya yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Kulit memiliki zat warna gelap (cokelat atau hitam) alami yang disebut melanin. Saat kulit terpapar sinar matahari, maka kulit akan melepaskan melanin untuk mengurangi radiasi sinar ultraviolet (UV). Akibatnya, semakin lama kulit terpapar matahari, maka semakin banyak melanin yang diproduksi dan akhirnya membuat kulit jadi lebih cokelat atau hitam dibandingkan dengan area yang tidak terpapar sinar matahari.

Cara mengatasi kulit belang pada tangan dan kaki

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi dengan scrub dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami atau dengan produk kecantikan. Cara ini dilakukan untuk mengembalikan warna kulit belang maupun kulit kusam dengan mengangkat sel kulit mati.
Anda harus menghindari sinar matahari sementara saat kulit mengalami proses pengelupasan. Meskipun begitu, Anda perlu berhati-hati. Melakukan eksfoliasi dapat membuat kulit Anda lebih rentan terhadap sinar matahari daripada sebelumnya. Karenanya, konsultasikan dulu dengan dokter kulit apakah Anda ingin lakukan eksfoliasi.

2. Masker

Selain eksfoliasi, untuk mengembalikan kulit belang pada tangan atau kaki bisa membuat masker. Ada beberapa bahan masker alami yang dapat Anda gunakan sebagai berikut:

Kunyit

Dilansir dari Healthline, meskipun kunyit belum terbukti meringankan kulit, satu studi menemukan bahwa kunyit dapat membantu melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari jika dibuat jadi krim. Selain itu, kunyit menemukan bahwa kunyit dapat membantu kelembapan kulit.

Teh hitam

Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak teh hitam dapat mencerahkan warna cokelat pada kelinci di laboratorium. Meskipun begitu, penelitian ini perlu dilakukan lebih lanjut pengaruhnya terhadap manusia, terutama masker teh hitam buatan sendiri.

BACA JUGA:  Ternyata Belerang Mempunyai Manfaat untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

3. Produk perawatan kulit

America Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan produk yang memiliki kandungan dapat merawat dan meringankan kulit sehingga dapat mengatasi kulit belang, seperti:

Vitamin c

Asam glikolat

Retinoid seperti retinol, tretinoin, gel adapalen, atau tazaroten

Asam kojic

Asam azelaic

Bahan-bahan aktif di atas dapat membantu meringankan bintik cokelat atau kulit gelap dengan cara mengelupas kulit dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru. Beberapa di antaranya sanggup memperlambat produksi melanin. Meskipun begitu, perlu diperhatikan bahwa Anda hanya boleh menggunakan satu produk untuk perawatan supaya cegah terjadinya iritasi atau efek samping.
 

Scroll to Top