Kenali Perbedaan Hiperaktif dengan ADHD pada Anak

Kenali Perbedaan Hiperaktif dengan ADHD pada Anak

Berikut ini adalah Hiperaktif atau ADHD? Kenali Tanda ADHD Pada Anak! yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) adalah istilah medis resmi untuk kondisi gangguan perhatian-defisit/hiperaktif yang memiliki gejala termasuk disorganisasi, kurang fokus, dan pelupa.

Perilaku anak yang memiliki gangguan ini biasanya tampak normal bagi kebanyakan orang tua, tergantung pada usia dan perkembangannya. Menurut penelitian, diperkirakan 10% anak memiliki masalah ini. 

Anak dengan ADHD memiliki masalah yang dapat mengganggu kemampuan mereka untuk hidup normal. Banyak dari anak-anak ini memiliki konsentrasi abnormal dari apa yang disebut neurotransmiter.

Namun untuk menentukan apakah seorang anak memiliki ADHD, terdapat beberapa faktor-faktor yang harus terpenuhi. Gangguan ini biasanya dapat nampak semenjak masih bayi; misalnya memiliki kecenderungan kurang tidur, dan ketika mereka berkembang, mereka tidak dapat berkonsentrasi atau duduk diam cukup lama. 

Begitu mereka mulai prasekolah dan taman kanak-kanak, mereka tidak tertarik atau fokus pada apa yang mereka lakukan atau pelajari. Selain itu anak dengan ADHD juga impulsif; berbicara atau bertindak tanpa berpikir dan sering menginterupsi orang lain.

Foto: Today

Sebagai orang tua, jika Anda merasa anak Anda memiliki gejala di atas, ada baiknya jika berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosa. Jika terbukti anak Anda memiliki ADHD, maka anak Anda dapat segera mendapatkan terapi yang sesuai; dengan pengobatan, terapi perilaku, atau keduanya.

Beberapa pengobatan dengan stimulan dapat membantu untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus sambil mengurangi perilaku hiperaktif dan impulsif. Walaupun Anda ragu untuk memberikan terapi obat untuk anak Anda, Namun jika tidak diobati pada usia muda, mungkin akan ada masalah jangka panjang.

BACA JUGA:  5 Efek Samping Membentak Anak dalam Jangka Panjang

Mendapatkan perawatan ADHD yang terkendali sangat penting untuk pertumbuhan anak Anda. Banyak dari anak-anak yang tidak terdiagnosis atau tidak diobati akan memiliki masalah di sekolah menengah, termasuk nilai buruk dan ketidakmampuan untuk memenuhi syarat dalam olahraga.

Memperhatikan tanda-tanda ADHD pada anak Anda dan berkonsultasi dengan dokter Anda akan membantu anak Anda pada jalurnya.

Scroll to Top