Keajaiban Minyak Marula untuk Perawatan Kecantikan

Keajaiban Minyak Marula untuk Perawatan Kecantikan

Berikut ini adalah Keajaiban Minyak Marula untuk Perawatan Kecantikan yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Minyak marula adalah hasil ekstraksi dari biji buah pohon marula (Sclerocary birrea) yang berasal dari Afrika Selatan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini segudang manfaat minyak marula yang sayang untuk dilewatkan.

1. Melembapkan kulit

Bagi perempuan Afrika Selatan, biji buah marula sering digunakan untuk melindungi kulit mereka dari cuaca panas dan kering di daerah tersebut.

Minyak marula dapat digunakan pada semua jenis kulit, mulai dari kering, berminyak, sampai kulit yang sensitif. Hal ini karena minyak marula bermanfaat untuk melembapkan kulit kering, tidak akan menyumbat pori-pori, dan tidak mendorong produksi minyak berlebih di kulit.

Kandungan asam lemak palmitat dalam minyak marula akan meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapannya. Sedangkan kandungan asam lemak oleat memiliki kemampuan unik untuk menembus lapisan kulit sampai yang paling dalam. 

Hal ini membuat minyak marula lebih efektif meresap ke kulit daripada jenis minyak lainnya. Tidak hanya itu, teksturnya yang ringan dan mudah diserap dapat melembabkan kulit tanpa meninggalkan sisa minyak pada wajah.

Selain itu, minyak marula memiliki sifat yang menenangkan, membuatnya sangat baik digunakan untuk cegah iritasi dan kemerahan pada orang dengan kulit sensitif.

2. Mencegah penuaan

Sering bertambahnya usia, tubuh lebih banyak memproduksi radikal bebas. Ditambah lagi dengan radikal bebas yang berasal dari pencemaran lingkungan, sinar UV, dan bahan kimia industri, efek radikal bebas bisa menyebabkan stres oksidatif pada tubuh. Akibatnya, kulit Anda rentan mengalami penuaan dini.

BACA JUGA:  Tiga Cara untuk Mengubah Pola Asuh Dalam Menghadapi Anak Remaja

Kandungan antioksidan dan asam lemak yang tinggi dalam minyak marula sanggup menetralkan radikal bebas, mengurangi stres oksidatif pada tubuh, serta cegah penuaan. Minyak marula bekerja meningkatkan elastisitas kulit sehingga mengurangi munculnya keriput di wajah. Tidak hanya itu, efek melembapkan dari minyak marula juga bisa menyamarkan garis-garis halus akibat penuaan.

3. Menghilangkan bekas noda di wajah

Kandungan zat antimikroba yang ada dalam minyak ini dapat membantu menghilangkan segala jenis noda pada wajah. Tidak hanya itu, minyak ini juga telah terbukti bisa melawan patogen yang sering menyebabkan jerawat.

Selain merawat kulit wajah, minyak marula juga memiliki manfaat untuk bagian tubuh lainnya. Minyak ini bisa digunakan pada bibir, rambut dan kuku. Bibir yang kering dan mengelupas bisa diatasi dengan minyak marula supaya teksturnya jadi lebih lembut dan memiliki rona pink alami.

Bagi Anda yang memiliki kuku rapuh, minyak ini juga dapat menguatkan kuku dan menutrisi kutikulanya sehingga nampak lebih sehat dan indah. 

Sementara bagi rambut, minyak marula akan menutrisi kulit kepala serta melapisi helai rambut Anda sehingga terlindungi dari bahaya sinar matahari dan panas alat pengering serta pengeriting rambut.

 

Scroll to Top