Ingin Memanjangkan Rambut, Coba Pakai Sampo Kuda

Ingin Memanjangkan Rambut, Coba Pakai Sampo Kuda

Berikut ini adalah Ingin Memanjangkan Rambut, Coba Pakai Sampo Kuda yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Sampo kuda yang banyak beredar di pasaran umumnya mengandung bahan-bahan aktif berikut:

Keratin. Keratin dalam sampo jenis ini berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus menjaga kesehatan rambut.

Minyak nabati. Meliputi minyak biji bunga matahari, minyak zaitun, minyak alpukat berfungsi untuk menghaluskan rambut. Selain itu, kandungan minyak nabati dalam sampo ini juga dapat membantu mempertahankan kelembapkan kutikula serta membuat rambut lebih berkilau.

Panthenol. Turunan vitamin B-5 yang berfungsi untuk melembapkan atau menjaga rambut tidak mudah lepek dan kering.
Pyrithione zinc. Bahan aktif yang memiliki sifat antiketombe.

Benzalkonium klorida. Bahan aktif yang memiliki sifat antimikroba yang membantu melawan jamur atau ragi penyebab dermatitis seboroik.

Pamor sampo kuda yang tuturnya bisa membuat rambut manusia lebih kuat, sehat, dan lebat pada awalnya datang dari testimoni para peternak kuda. Mereka telah lama menggunakan sebuah produk sampo khusus untuk grooming bulu badan dan surai kuda-kuda ternak mereka.

Seiring waktu, beberapa orang akhirnya mencoba menggunakan sampo kuda pada rambutnya sebagai upaya iseng demi mendapatkan hasil yang sama. Bak gayung yang bersambut, sampo yang semula untuk hewan ini ternyata menghasilkan efek yang sama baiknya ketika digunakan manusia. Itu sebabnya sampo kuda yang banyak beredar di pasaran laris manis diserbu pembeli.

Berikut beberapa klaim manfaat yang ditawarkan sampo kuda untuk kesehatan rambut manusia:

Membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Membantu memperbaiki rambut yang bercabang dan cegah kerusakan rambut lebih lanjut.

BACA JUGA:  Manfaat Mentimun Untuk Perawatan Kulit Disekitar Mata

Membantu membuat rambut lebih lembut dan berkilau.

membantu membuat rambut lebih mudah diatur.

Membantu melindungi warna rambut.

Membantu cegah rambut lepek.

Mengutip dalam laman Healthline, sampo kuda yang terkenal di pasaran bisa memanjangkan rambut bila rambut Anda memang kekurangan asam amino. Sampo ini memberikan memberi kesan rambut yang lebih tebal dan bervolume karena efek menghaluskan dan cleansing dari kandungan minyak nabatinya.

Bukan hanya itu saja, sampo ini juga dapat membantu memperbaiki rambut bercabang sekaligus cegah kerusakan rambut lebih lanjut. Dengan catatan, Anda rajin memotong ujung rambut setiap 6-8 minggu sekali.

Meski begitu, belum ada penelitian medis yang cukup kuat untuk membuktikan berbagai manfaat tersebut. Sejauh ini laporan tentang efek penggunaan sampo ini dalam jangka pendek maupun jangka panjang masih sangat terbatas.

Sampo hewan ini mungkin mengandung beberapa bahan aktif yang sama dengan sejumlah sampo manusia. Meskipun begitu, bahan kimia dalam sampo hewan mungkin saja dapat mengiritasi kulit kepala Anda. Apalagi bila Anda termasuk orang yang sensitif dengan bahan kimia tertentu.

Berikut sejumlah efek samping yang perlu Anda waspadai.

Rambut terlalu kering.

Bila rambut Anda diwarnai, warna rambut Anda mungkin akan cepat memudar.

Rambut mengembang tidak karuan, terutama bila Anda memiliki rambut bergelombang atau keriting.

Kerusakan rambut karena rambut terlalu banyak terpapar keratin yang terkandung dalam sampo.

Muncul ruam dan terasa gatal di kulit kepala, terutama jika Anda menggunakan sampo kuda yang mengandung benzalkonium klorida.
 

Scroll to Top