Faktor Penyebab Pori-pori Wajah Membesar

Faktor Penyebab Pori-pori Wajah Membesar

Berikut ini adalah Anda Perlu Tahu Faktor Penyebab Pori-pori Wajah Membesar yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Seiring berjalanya waktu Pori-pori wajah membesar sering dialami sebagian besar orang khususnya kaum hawa. 

Selain jenis kulit dan genetika,  ada beberapa faktor lain yang bisa jadi penyebab timbulnya masalah kulit tersebut.

Terkesan sepele, nyatanya pori-pori yang membesar bisa membuat kulit jadi rentan mengalami masalah seperti jerawat, pori-pori tersumbat, hingga luka permanen. 

Dilansir dari laman Boldsky, berikut  sejumlah faktor penyebab kulit wajah memiliki pori-pori besar.

1. Sinar Matahari Berlebih

Terpapar sinar matahari yang berlebihan jadi salah satu faktor penyebab timbulnya masalah pori-pori besar. Ketika kulit wajah terkena sinar matahari dalam waktu yang lama, produksi kolagen di kulit jadi berkurang dan jaringan bawah lapisan atas kulit mengembang. 

2. Kulit Berminyak

Kelenjar sebaceous yang terlalu aktif jadi penyebab utama pori-pori membesar. Kulit menghasilkan minyak alami untuk membantunya tetap lembab dan sehat. Ketika produksi minyak di kulit lebih dari yang dibutuhkan, nantinya kulit jadi berminyak. Kelenjar yang terlalu aktif ini membuat kulit rentan terhadap kotoran dan polusi, sehingga bisa menyebabkan pembengkakan dan pori-pori jadi besar seiring waktu.

3. Perawatan Kulit Tidak Tepat

Kebiasaan perawatan kulit yang buruk juga bisa jadi penyebab pori-pori membesar. Misalnya, memencet jerawat dan mengeluarkannya, menggosok berlebihan dan terus-menerus menekan komedo tentu bisa berdampak pada pori-pori kulit nantinya.

4. Tanda Penuaan

Penuaan jadi salah satu alasan paling umum yang menyebabkan pori-pori membesar. Sebab, kulit akan ikut menua seiring bertambahnya usia. Nantinya, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga jadi lebih rentan dan kapasitas regenerasi sel kulit juga ikut berkurang. 

BACA JUGA:  Metode Akupuntur Wajah Bisa Membuat Awet Muda, Amankah ?

5. Genetik

Faktor genetik jadi alasan kulit tidak bisa terbebas dari masalah pori-pori besar. Dalam kasus ini, Anda tidak bisa lakukan apa pun untuk cegah pori-pori tidak jadi besar. Meskipun begitu untuk mengurangi penampilan pori-pori besar, Anda bisa mencoba lakukan rutinitas perawatan kulit yang sehat.
 

Scroll to Top