dampak-positif-negatif-warnet-pelajar

Dampak Positif Dan Negatif Warung Internet Bagi Pelajar

Dampak Positif Dan Negatif Warung Internet Bagi Pelajar – Seperti kita ketahui di zaman kecanggihan Informasi sekarang ini kita dapat memperoleh berbagai macam informasi atau kebutuhan yang kita butuhkan di internet. Mulai news, education, hiburan, shopping, dan berbagai macam kebutuhan dan informasi lainnya tanpa batas di internet.

Namun dengan kehadiran Warung Internet ini, selain dengan keberadaan manfaat positifnya, tentunya tak lepas pula dari hal negatif. Antara lain diindikasikan dengan masih banyaknya situs yang berbau negatif, yang mendukung konten Sara, Radikalisme, Pornografi, Explisit, Phising dan Exploit. Tentunya hal ini juga cukup mengkhawatirkan terutama bila website yang merugikan semacam itu bila di akses oleh kalangan yang belum matang jiwanya seperti siswa pelajar yang belum cukup dewasa.

Internet memang sangat dibutuhkan untuk memajukan pendidikan para pelajar, namun kita harus selalu aktif mengawasi penggunaan internet untuk para pelajar dibawah umur tersebut.Seiring dengan perkembangan internet, layanan penyedia jasa internet yaitu warnet (warung internet) turut tumbuh dengan subur.

Meledaknya bisnis warnet yang seringkali turut menyediakan jasa game online sendiri  merupakan  cerminan  dari  pesatnya  jaringan  komputer  yang dahulunya  berskala  kecil (small  local  network) sampai  menjadi  internet  dan terus berkembang sampai sekarang.

Keadaan Game Online saat ini tidaklah sama seperti ketika  games  online  diperkenalkan  untuk  pertama  kalinya, komputer  hanya  bisa  dipakai  untuk  2  orang  saja untuk bermain game.  Kemudian   muncullah   komputer   dengan   kemampuan time-sharingsehingga  pemain  yang  bisa  memainkan  game  tersebut  bisa  lebih  banyak  dan tidak  harus  berada  di  suatu  ruangan  yang  sama (Multiplayer  Games).

Semua kalangan  menyukai  game,  sehingga  semua  usia  dapat  bermain  game,  dan bahkan  tidak  ada  batasan  dalam  bermain  game,  misalnya  batasan  umur  untuk permainan game tertentu, jadi anak  bisa bermain game yang seharusnya untuk orang dewasa, begitupun sebaliknya.

Game Online merupakan game yang saat ini sudah sangat maju dengan memanfaatkan koneksi internet sebagai jembatan penghubung  antar  para  pemain  yang  memainkan  game  online  tersebut  atau game  yang  bisa  dimainkan  hanya  saat  online  (terkoneksi  dengan  jaringan internet).

Ada saat ini, internet sangat diperlukan dalam mendukung kegiatan belajar mengajar  terutama pada bagian informasi biasanya berkaitan dengan pelajaran dan tugas sekolah. Dahulu informasi hanya bisa didapat dengan membaca buku dan Koran atau mendengarkan televisi dan radio. Akan tetapi berbeda dengan sekarang, hanya dengan mengetik kata kunci pada search engine maka semua informasi akan muncul sesuai dengan kata kunci tersebut.

Dampak positif internet bagi pelajar lainnya adalah bagi yang hobi tulis menulis dapat mempublikasikannya lewat blog. Namun juga harus diperhatikan etika dan aturannya, sehingga tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan. Tulisan pada internet akan menjadi refrensi sepanjang masa dengan sistem internet yang 24 jam non stop, dan diharapkan dapat bermanfaat dari generasi ke generasi.

Tentu saja media internet menjadi pilihan bagi pelajar yang mengasyikan. Praktis dan efisien menjadi pertimbangan utama. Selain itu kecepatan dan keakuratan informasi juga mempengaruhi.

Selain itu pelajar dapat mengembangkan bakat dan minat di bidang Internet, seperti halnya membuka usaha online disamping tidak melanggar hak dan kewajiban seorang pelajar. Pelajar tidak perlu menunggu tokonya untuk melayani konsumen, hanya dengan menentukan ketentuan dan persyaratan bagi konsumen barang sudah dapat dikirim.

Jejaring sosial yang popular di kalangan pelajar seperti email, facebook, twitter juga merupakan hal penting bagi pelajar untuk kemudahan akses berkomunikasi terutama bagi pelajar sekolah menengah pertama dan menengah atas. Selain itu, jejaring sosial diyakini dapat meningkatkan rasa solidaritas antar sesama. Pelajar dapat berteman dengan siapapun dan dapat mengasah kemampuan berbahasa.

Demikian Artikel yang saya buat Tentang peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam membuka usaha Warnet Terbaru. maaf jika ada kekurangan dalam artikel ini. Semoga Bermanfaat Terimakasih. Nah untuk info menarik lainnya anda bisa kunjungi https://skaternet3d.com/

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top