Cara Mengatasi Lingkaran Hitam dan Kantung Mata

Cara Mengatasi Lingkaran Hitam dan Kantung Mata

Berikut ini adalah Tips Perawatan dari Dermatologis untuk Mengatasi Lingkaran Hitam dan Kantung Mata yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Setiap hari kita lakukan banyak hal untuk membuat kulit kita sehat dan bercahaya. Tetapi area bawah mata adalah salah satu area yang lebih tipis dan mudah terabaikan dalam perawatan kulit dasar ini.

Kulit di sekitar mata kita sangat halus dan memiliki lebih sedikit kelenjar minyak dibandingkan dengan bagian wajah lainnya. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan kolagen dan elastin dan protein yang ditemukan di kulit kita yang menyebabkan kulit di bawah mata kita jadi keriput dan kering.

Ada banyak penyebab yang melekat pada lingkaran hitam di bawah mata dan kantung mata seperti kurang tidur atau kebiasaan tidur yang buruk, alergi hiperpigmentasi, area di bawah mata bisa tampak lebih gelap karena penyempitan pembuluh darah, akibat dari hasil produksi tubuh lebih banyak melanin dan menyebabkan hiperpigmentasi, atau dari penipisan kulit di sekitar mata, berkurangnya kadar jaringan lemak di sekitar mata, menipisnya kulit di bawah mata, anemia akibat kekurangan zat besi di tubuh kita, paparan sinar matahari yang berlebihan, sering menggosok mata, penuaan , merokok, kondisi tiroid dan dehidrasi. 
Pada sebagian orang, faktor genetik juga berperan penting sebagai penyebab munculnya lingkaran hitam atau kantung mata. Ada banyak tip yang bisa Anda ikuti untuk mengurangi lingkaran hitam dan kantung mata:

– Untuk cegah darah menumpuk di bawah mata karena menyebabkan warna bawah mata yang lebih gelap, penting untuk membuat pijatan ringan dengan jari dua kali dalam sehari. Harap diingat bahwa Anda tidak perlu menggosoknya.

BACA JUGA:  Cara Memilih Makeup Untuk Warna Kulit Sawo Matang

– Mentimun memiliki sifat astringent yang menyegarkan kulit dan ringan. Untuk ini, dinginkan mentimun segar dan potong jadi irisan tebal. Oleskan irisan ini ke mata Anda selama 10 menit. Jus mentimun yang tersisa di atas kelopak mata, Anda dapat memijatnya dengan lembut menggunakan ujung jari.

– Untuk mengurangi lingkaran hitam dan kantung mata, sangat penting untuk mengeluarkan racun dari tubuh Anda secara terus-menerus. Jadi minumlah setidaknya 10-12 gelas air dalam sehari untuk menghidrasi tubuh Anda.

– Kentang adalah obat yang bagus untuk menyembuhkan lingkaran hitam dan kantung mata. Ini mengandung enzim dengan sifat astringent. Yang membantu mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit. Untuk ini, potong kentang jadi irisan, tusuk dan simpan di lemari es. Oleskan ini setiap hari di atas kelopak mata selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air. Oleskan krim mata yang bagus setelah mengoleskan kentang.

– Lingkaran hitam dan kantung mata disebabkan oleh peningkatan pigmen, baik dari gesekan atau kerusakan akibat sinar matahari. Untuk ini gunakan agen pencerah topikal seperti vitamin C, asam kojic, dan ekstrak akar manis. Agen ini membantu mengurangi pigmentasi kulit, yang pada akhirnya menghasilkan pencerahan lingkaran hitam. Gunakan tabir surya fisik spektrum luas yang mengandung zinc oksida atau titanium dioksida.

– Gunakan kantong teh berkafein di bawah mata Anda untuk mengurangi lingkaran hitam dan kantung mata. Kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat dan meningkatkan aliran darah ke kulit. Ini juga melindungi terhadap sinar UV dan memperlambat proses penuaan. Seduh dua kantong teh selama 3 sampai 5 menit. Simpan kantong teh di lemari es selama 20 menit. Kemudian, peras cairan ekstra dan oleskan ke area bawah mata Anda dan biarkan kantong teh selama 15 sampai 30 menit.

BACA JUGA:  Kondisi Kesehatan Mental yang Sulit Terdiagnosa

– Tambahkan krim retinol ke rutinitas perawatan kulit Anda. Retinol dapat memperbaiki kekurangan kolagen dalam tubuh Anda. Oleskan retinol ke kulit Anda sekali sehari, sekitar setengah jam setelah mencuci wajah.

– Tomat adalah agen pengelupas yang sangat baik, yang sangat efektif untuk mengurangi lingkaran hitam dan kantung mata. Untuk ini, Campurkan jus lemon dan jus tomat segar dan pijat area mata dengan ini setiap hari. Biarkan toner kurang lebih 20 menit dan bersihkan dengan air kelapa.

– Tidur nyenyak dan kurangi stres. Karena keduanya adalah faktor penting untuk lingkaran hitam dan kantung mata.

– Campur minyak kelapa dan minyak almond lalu pijat perlahan dengan gerakan memutar di sekitar mata. Biarkan selama sekitar satu jam. Anda bisa mengaplikasikannya setiap hari atau bisa juga mengaplikasikan masker wajah untuk mengurangi lingkaran hitam dan kantung mata.

Scroll to Top