Cara Efektif Menangani Kerontokan Rambut Setelah Melahirkan

Cara Efektif Menangani Kerontokan Rambut Setelah Melahirkan

Berikut ini adalah Rambut rontok Setelah Melahirkan, Ini Cara Efektif Menangani Kerontokan yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Ilustrasi Rambut Rontok / Ist

Rambut rontok sering dialami oleh sebagian orang setelah melahirkan. Meski ini kejadian wajar Walau begitu para wanita yang baru pertama kali melahirkan kaget dan panik. Sebab, Kondisi ini dikhawatirkan akan menyebabkan kebotakan sehingga mengurangi kepercayaan diri mereka. 

Kondisi ini biasanya akan terjadi selama beberapa bulan awal semenjak melahirkan, bahkan kadang bisa sampai satu tahun. Meskipun begitu seiring berjalannya waktu, keadaan ini akan kembali membaik dan rambut akan tumbuh normal.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan.

Pilih sampo yang tepat
Cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan pertama yaitu dengan memilih  sampo yang tepat. Beberapa jenis sampo dapat memperparah kerontokan rambut setelah melahirkan.

Untuk cegah dan mengatasinya, pilihlah sampo yang mengandung trichazole yang berfungsi menutrisi akar rambut dan cegah kerontokan pada rambut. Selain itu, pilih juga sampo dengan jenis penambah volume seperti volumizing mousse. 
Memakai kondisioner

Sesudah memilih dan memakai sampo yang tepat, jangan lewatkan pula untuk memakai kondisioner. Kamu dapat memakai kondisioner rambut yang bisa membuat rambut lembut, berkilau, serta mudah diatur. Meskipun begitu bila rambut kamu tidak cocok dengan kondisioner, cukup gunakan sampo yang tepat saja. Kemudian, hindari pula keramas menggunakan air panas karena akan membuat rambut kering, rapuh atau mudah rontok.

Kurangi pemakaian hair dryer dan catokan
Hindari pemakaian hair dryer dan catokan rambut. Panas dari penggunaan kedua alat ini bisa membuat rambut jadi kering dan gampang patah. Sebaiknya, setelah mencuci rambut atau keramas biarkan rambut kering dengan sendiri secara alami

BACA JUGA:  6 Cara Merawat Rambut bagi Pengguna Jilbab

Mengonsumsi makanan sehat
Untuk membantu pertumbuhan rambut yang normal atau sehat kembali, utamakan mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung banyak protein dan vitamin. Misalnya ikan, telur, susu, sayuran, dan buah-buahan. Zat besi, vitamin C, vitamin D, magnesium, dan omega-3 adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk mendapatkan rambut sehat.

Mengubah gaya rambut
Mengubah gaya rambut jadi lebih pendek dan membuatnya nampak jadi lebih tebal. Misalnya, gaya bob bisa membuat rambut nampak bervolume. Gaya ini juga lebih praktis dan tidak menganggu aktivitas ibu setelah melahirkan.
 

Scroll to Top