Berbahayakah Paraben Dalam Kosmetik?

Berbahayakah Paraben Dalam Kosmetik?

Berikut ini adalah Beauty : Berbahayakah Paraben Dalam Kosmetik? yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Paraben digunakan sebagai pengawet pada produk kosmetik dan farmasi. Paraben membantu cegah timbulnya jamur dan bakteri, melindungi konsumen, dan menjaga kualitas produk. Dalam istilah kimia, paraben adalah ester dari p-hydroxybenzoic acid.

Perlukah Anda menghindari paraben? Tentu, sesuatu yang berlebihan dapat membahayakan, Akan Namun jumlah paraben yang sedikit pada produk Anda tidak akan mengganggu kesehatan Anda. Pada tahun 1984, organisasi Cosmetic Ingredient Review menyatakan bahwa paraben adalah kandungan yang aman digunakan pada produk kosmetik. 

Meskipun begitu, setelah penelitian pada tahun 2004, Cosmetic Ingredient Review lakukan penelitian sekali lagi di tahun 2005 untuk membuktikan dampak paraben pada kesehatan. Banyak penelitian pada bayi dan wanita yang menemukan bahwa kadar paraben yang sangat kecil pada produk tidak menyebabkan kanker atau membahayakan kesehatan Anda.

Ada 2 cara paraben terserap ke dalam tubuh: melalui kulit dan melalui mulut. Kosmetik, produk kecantikan, dan perawatan memiliki paraben yang memasuki tubuh melalui kulit. Setelah itu, paraben termetabolisme sempurna sebelum masuk ke sistem peredaran dan dikeluarkan melalui urin. Kesimpulannya adalah, tidak mungkin bahwa paraben dalam dosis kecil di produk perawatan kulit dapat menyebabkan kanker.

Banyak organisasi internasional yang telah meneliti efek paraben terhadap kulit. Di Amerika Serikat, American Cancer Society dan FDA telah melihat paraben dari sudut pandang eksperimen dan pengobatan. Mereka menyatakan bahwa paraben pada kosmetik tidak dapat merusak kesehatan maupun menyebabkan kanker payudara. 

Konsumen tidak perlu khawatir terhadap zat ini pada produk perawatan mereka. Organisasi lain, Health Canada, FDA pada Kanada juga menyatakan bahwa belum ditemukannya bukti hubungan antara paraben dan kanker payudara.

BACA JUGA:  3 Cara Mencerahkan Kulit dengan Bubuk Kopi

Paraben tidak membahayakan konsumen seperti yang selama ini dipercaya. Produk yang mengandung kandungan organik juga mengandung paraben. Makanan seperti kacang kedelai, kacang-kacangan, flax, buah-buahan, bluberi, wortel dan ketimun menghasilkan paraben. 

Meskipun begitu tidak perlu khawatir terhadap zat kimia ini. Paraben hanyalah zat kimia umum yang ditemukan pada kosmetik tanpa bahaya kesehatan seperti yang selama ini disebutkan. Jadilah konsumen yang cerdas dalam menerima informasi terhadap produk.

Scroll to Top