Awas, Gangguan Tidur pada Anak dapat Berdampak Psikosis

Awas, Gangguan Tidur pada Anak dapat Berdampak Psikosis

Berikut ini adalah Hati-hati, Gangguan Tidur pada Anak dapat Berdampak Psikosis yang diharapkan bisa berguna, dapat dipraktekkan, serta menambah informasi yang diperlukan mengenai hal tersebut.

Penelitian baru memberikan bukti bahwa masalah tidur pada anak usia dini dikaitkan dengan psikosis dan gangguan kepribadian ambang pada masa remaja. Temuan yang dipublikasikan di JAMA Psychiatry, menunjukkan bahwa masalah tidur yang berbeda dikaitkan dengan gejala psikopatologis yang berbeda. “Sampai saat ini, tidur tidak dianggap sebagai faktor penting dalam perkembangan masalah kesehatan mental, tapi sebagai faktor yang terisolasi. Meskipun begitu, saat ini semakin banyak bukti yang menunjukkan peran penting tidur dalam perkembangan beberapa gangguan mental tertentu,” kata ketua peneliti Isabel Morales-Muñoz, seorang peneliti postdoctoral di Institut Nasional untuk Kesehatan dan Kesejahteraan di Helsinki dan Institut Kesehatan Mental di Universitas Birmingham.

“Menariknya, ada bukti terbaru yang menunjukkan bahwa masalah tidur di masa kanak-kanak bahkan bisa mendahului perkembangan gangguan mental di masa remaja, seperti psikosis dan gangguan kepribadian ambang (BPD). Meskipun begitu, penelitian langka ini hanya berfokus pada satu aspek tertentu dari tidur (mimpi buruk), sedangkan dampak dari masalah tidur lain yang lebih umum di masa kanak-kanak, seperti masalah perilaku tidur (tidur pendek, fragmentasi tidur atau rutinitas tidur yang tidak teratur) terhadap perkembangan gangguan mental spesifik ini belum diselidiki.”

“Juga, meskipun ada beberapa bukti tentang hubungan potensial antara tidur dini dan psikosis dan BPD pada remaja, masih belum diketahui apakah asosiasi serupa muncul; lebih lanjut, tidak jelas mekanisme potensial yang mendasari asosiasi ini, ”Morales-Muñoz menjelaskan.

Untuk penelitian mereka, para peneliti memeriksa data dari kelompok kelahiran Avon Longitudinal Study of Parents and Children, sebuah penelitian longitudinal yang merekrut ibu hamil dari 13.488 bayi ketika didirikan hampir tiga dekade lalu. Sebagai bagian dari penelitian, orang tua melaporkan perilaku tidur anak-anak mereka saat anak berusia 6, 18, dan 30 bulan, dan sekali lagi pada usia 3,5, 4,8, dan 5,8 tahun. Morales-Muñoz dan rekannya secara khusus tertarik pada sekitar 7.000 anak dengan gejala psikotik pada masa remaja awal, dan lebih dari 6.000 anak dengan gejala BPD pada masa remaja awal.

BACA JUGA:  Benarkah Susu Soya Hanya untuk Anak yang Mempunyai Alergi Susu Sapi?

Mereka menemukan bahwa anak-anak yang sering terbangun di malam hari pada usia 18 bulan dan rutinitas tidur yang tidak teratur pada usia 6 dan 30 bulan dan 5,8 tahun lebih mungkin untuk melaporkan pengalaman psikotik pada usia 12 hingga 13 tahun. Selain itu, anak-anak yang kurang tidur pada malam hari dan tidur lebih larut pada usia tiga setengah tahun lebih mungkin untuk melaporkan gejala BPD pada masa remaja awal. Hasilnya menunjukkan bahwa tidur yang sehat dan rutinitas tidur yang teratur penting selama tahap awal masa kanak-kanak dan “bahwa keduanya memiliki dampak khusus dalam perkembangan masalah kesehatan mental tertentu di tahap kehidupan selanjutnya, seperti masa remaja. Misalnya, sering terbangun di malam hari dan rutinitas tidur yang tidak teratur lebih relevan dalam psikosis; sedangkan target di BPD harus durasi tidur, “Morales-Muñoz mengatakan pada PsyPost.

“Selain itu, depresi pada usia 10 bulan memainkan peran yang sangat penting, karena sebagian menjelaskan hubungan antara masalah tidur spesifik ini dan gejala psikotik, sementara tampaknya ada hubungan langsung antara masalah tidur dan BPD, seperti depresi pada 10 tahun tidak memediasi hubungan antara tidur dan gejala BPD. Temuan ini menyoroti relevansi menilai dan / atau mempertimbangkan peran penting dari masalah tidur pada anak usia dini sebagai faktor risiko potensial untuk perkembangan psikopatologi prospektif di masa remaja. Selain itu, masalah perilaku tidur yang berbeda harus ditangani, tergantung pada psikopatologi (yaitu sering terbangun di malam hari dan rutinitas tidur yang tidak teratur lebih relevan dalam psikosis; sedangkan target di BPD harus durasi tidur),” Morales-Muñoz menambahkan.

“Hasil penelitian ini dapat memiliki implikasi penting untuk membantu praktisi mengidentifikasi anak-anak yang mungkin berisiko lebih tinggi mengalami pengalaman psikotik atau gejala BPD pada masa remaja, dan berpotensi mengarah pada desain tidur yang ditargetkan atau intervensi psikologis yang lebih efektif untuk cegah timbulnya atau menipiskan. gangguan mental ini.”

BACA JUGA:  6 Cara Memotivasi Anak

Para peneliti mengendalikan sejumlah faktor, termasuk Walau begitu tidak terbatas pada status sosial ekonomi, pelecehan fisik dan seksual, dan temperamen emosional. Namun seperti semua penelitian, penelitian ini mencakup beberapa batasan. “Ukuran tidur yang digunakan di sini adalah ukuran yang dilaporkan oleh orang tua, dan dengan demikian adalah ukuran subjektif. Oleh karena itu, penelitian di masa depan harus mencakup pengukuran tidur yang lebih obyektif, seperti metode aktigrafi, untuk mengontrol potensi bias dari laporan subjektif. Selain itu, ada faktor potensial lain yang mungkin mempengaruhi hasil ini, seperti kesehatan mental orang tua atau faktor lingkungan dan sosial ekonomi lainnya. Meskipun begitu, dalam studi ini kami mencoba untuk membahas faktor perancu yang paling relevan,” Morales-Muñoz menjelaskan.

“Saat ini, masih ada setidaknya dua pertanyaan penting yang perlu dijawab: 

1) apakah faktor lain yang relevan potensial, selain depresi pada usia 10 tahun, mungkin mendasari hubungan antara masalah perilaku tidur di masa kanak-kanak dengan gejala psikotik dan BPD. di masa remaja. Beberapa faktor potensial ini bisa jadi faktor kognitif, seperti fungsi eksekutif; 

2) apakah intervensi tidur memang akan cegah dan / atau memperbaiki perkembangan gejala psikotik dan / atau BPD di masa depan, yang akan memberikan bukti peran penyebab potensial dari tidur.”

Scroll to Top