apa-itu-swot

Apa itu SWOT ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu SWOT? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Mungkin kamu baru saja melihat atau mendengar istilah Swot dan tertarik ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Karenanya, Asaljeplak akan coba jelaskan secara rinci mengenai Swot supaya kamu bisa lebih memahaminya.

Apa Itu SWOT

Swot adalah suatu metode analisis yang mempertimbangkan faktor-faktor internal (Strengths dan Weaknesses) serta faktor-faktor eksternal (Opprtunities dan Threats), sehingga bisa dirumuskan srategi yang tepat dan sesuai.

Masing-masing faktor S, W, O, dan T tersebut nantinya akan dijabarkan kembali dan dibuat daftar untuk masing-masingnya, dan setelah itu, masing-masing faktor akan disandingkan dan dibuat strategi yang tepat dari masing-masing persandingan.

Analisis SWOT juga dikenal dengan istilah Matriks TOWS.

Strengths

Secara harfiah, strengths berarti kekuatan(-kekuatan), yang mana faktor ini akan berisikan apa saja yang menjadi kekuatan pada diri kamu atau organisasi atau usaha yang kamu jalankan, dilihat secara internal (dari dalam).

Misalnya, berapa banyak karyawan yang kamu miliki, berapa banyak modal yang kamu miliki, seberapa unik produk atau jasa yang ingin kamu tawarkan, dan lain sebagainya.

Yang nantinya dimasukkan ke dalam daftar ini hanyalah yang benar-benar menjadi kekuatan atau keunggulan kamu, dan atau yang dilihat unggul di mata kompetitor.

Misalnya terkait soal modal, jangan masukkan ke dalam strengths apabila modal kamu tidak seberapa atau lebih kecil dibandingkan kompetitor, dan hanya dimasukkan apabila kamu tahu bahwa itu merupakan keunggulan.

BACA JUGA:  Apa itu Google Ads ? Definisi dan Penjelasannya

Beberapa poin yang bisa dimasukkan ke dalam Strengths antara lain seperti:

  • Keunggulan kompetitif (Competitive Advantage) dari organisasi/perusahaan,
  • Unique Selling Proposition (USP) dari organisasi/perusahaan,
  • Keunggulan sumber daya yang dimiliki (SDA/SDM) organisasi/perusahaan,
  • Produk dari organisasi/perusahaan yang bekerja paling baik.
  • Kekuatan merek dari organisasi/perusahaan,
  • Loyalitas pelanggan dari organisasi/perusahaan,
  • Kekuatan neraca organisasi/perusahaan
  • dan lain sebagainya….

Weaknesses

Secara harfiah, weaknesses berarti kelemahan(-kelemahan), yang mana faktor ini akan berisikan apa saja yang menjadi kelemahan pada diri kamu atau organisasi atau usaha yang kamu jalankan, dilihat secara internal (dari dalam).

Masukkan hanya faktor-faktor yang memang menjadi kelemahan kamu, atau yang dianggap kelemahan di mata kompetitor.

Beberapa poin yang bisa dimasukkan ke dalam Weaknesses antara lain seperti:

  • Kelemahan merek dari organisasi/perusahaan,
  • Loyalitas dari organisasi/perusahaan yang buruk,
  • Biaya produksi dari organisasi/perusahaan yang terlalu tinggi,
  • Hutang organisasi/perusahaan yang terlalu besar,
  • SDA/SDM dari organisasi/perusahaan yang terlalu minim,
  • dsb…

Opportunities

Secara harfiah, opportunities berarti peluang(-peluang), yang mana faktor ini akan berisikan apa saja yang menjadi peluang bagi kamu atau organisasi atau usaha yang kamu jalankan, dilihat secara eksternal (dari luar).

Hanya masukkan faktor-faktor yang merupakan peluang bagi kamu atau organisasi atau usaha yang kamu jalankan, yang bisa kamu jadikan kesempatan untuk meningkatkan kesuksesan.

Misalnya adanya regulasi atau kebijakan-kebijakan pemerintah yang sangat mendukung usaha kamu berkembang, adanya tren pasar yang bisa membantu peningkatan penjualan, dan lain sebagainya.

Beberapa poin yang bisa dimasukkan ke dalam Opportunities antara lain misalnya:

  • Penurunan tingkat tarif dari pemerintah,
  • Regulasi yang lebih longgar untuk industri yang dimasuki organisasi/perusahaan,
  • Regulasi ekspansi bisnis yang longgar,
  • dsb…

Threats

Secara harfiah, threats berarti ancaman(-ancaman), yang mana faktor ini akan berisikan apa saja yang menjadi ancaman bagi kamu atau organisasi atau usaha yang kamu jalankan, dilihat secara eksternal (dari luar).

BACA JUGA:  Apa Itu Abalone ? Definisi dan Penjelasannya

Hanya masukkan faktor-faktor yang merupakan ancaman bagi kamu atau organisasi atau usaha yang kamu jalankan, yang bisa kamu jadikan kesempatan untuk meningkatkan kesuksesan.

Misalnya perkembangan teknologi untuk industri yang kamu masuki ternyata sangat cepat, sehingga bisa menjadi ancaman kestabilan usaha apabila kamu tidak siap, dan itu mesti dimasukkan ke dalam faktor-faktor di dalam threats ini.

Beberapa poin yang bisa dimasukkan ke dalam Threats antara lain adalah:

  • Musim panas berkepanjangan yang memengaruhi produksi dari organisasi/perusahaan,
  • Kenaikan BBM yang memengaruhi biaya operasional organisasi/perusahaan,
  • Jumlah kompetitor yang terus bertambah,
  • UMP terus meningkat, menyulitkan perekrutan SDM baru,
  • dsb…

Kegunaan dan Fungsi Analisis SWOT

Beberapa kegunaan dan fungsi dari analisis SWOT antara lain adalah:

  • Analisis SWOT adalah teknik perencanaan strategis yang menyediakan alat penilaian.
  • Analisis SWOT bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan inti, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mengarah pada analisis berbasis fakta, perspektif segar, dan ide-ide baru.
  • Analisis SWOT akan lebih efektif ketika beragam kelompok atau suara dalam suatu organisasi bebas untuk memberikan masukan data yang realistis.

Cara Membuat Analisis SWOT

Membuat analisa SWOT tidaklah terlalu rumit, kamu hanya perlu membuat daftar dari masing-masing faktor S, W, O, dan T, yang diisi dengan hal-hal yang sesuai seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Setelah sudah mengetahui apa saja Strengths, apa saja Weaknesses, apa saja Opportunities, dan apa saja Threats, yang perlu kamu lakukan adalah menyandingkan faktor internal dengan eksternal dan buat strategi baru dari situ.

  • Analisis SO (Strengths-Opportunitites), membandingkan faktor-faktor yang menjadi kekuatan dengan peluang, dan buat strategi dari kedua faktor tersebut,
  • Analisis ST (Strengths-Threats), membandingkan faktor-faktor yang menjadi kekuatan dengan ancaman, dan buat strategi dari kedua faktor tersebut,
  • Analisis WO (Weaknesses-Opportunitites), membandingkan faktor-faktor yang menjadi kelemahan dengan peluang, dan buat strategi dari kedua faktor tersebut,
  • Analisis WT (Weaknesses-Threats), membandingkan faktor-faktor yang menjadi kelemahan dengan ancaman, dan buat strategi dari kedua faktor tersebut,
BACA JUGA:  Apa itu 3G ? Definisi dan Penjelasannya

Efektifitas analisis dan perumusan strategi menggunakan SWOT akan sangat bergantung pada seberapa lengkap dan akurat faktor-faktor yang kamu masukkan ke dalam S,W,O,dan T tersebut, dan juga pada saat menentukan strategi apa yang diambil.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu SWOT yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami mengenai hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: Average: ]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top