apa-itu-router

Apa itu Router ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu Router? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Mungkin kamu baru saja mendengar atau melihat istilah Router dan tertarik ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Karenanya, Asaljeplak akan mencoba menjelaskan secara rinci mengenai apa itu router supaya kamu bisa lebih memahaminya.

Apa itu Router

Router adalah perangkat jaringan yang maju paket data antara jaringan komputer . Router melakukan fungsi mengarahkan lalu lintas di Internet . Data yang dikirim melalui internet, seperti halaman web atau email , berbentuk paket data. Sebuah paket biasanya diteruskan dari satu router ke router lain melalui jaringan yang membentuk sebuah internetwork (misalnya Internet) hingga mencapai node atau server tujuan.

Sebuah router terhubung ke dua atau lebih jalur data dari jaringan IP yang berbeda . Ketika sebuah paket data masuk pada salah satu jalur, router membaca informasi alamat jaringan di header paket untuk menentukan tujuan akhir. Kemudian, dengan menggunakan informasi dalam tabel perutean atau kebijakan peruteannya, paket tersebut mengarahkan paket ke jaringan berikutnya dalam perjalanannya.

Jenis router IP yang paling dikenal adalah router rumah dan kantor kecil yang hanya meneruskan paket IP antara komputer rumah dengan Internet. Router yang lebih canggih, seperti router perusahaan, menghubungkan bisnis besar atau jaringan ISP hingga router inti yang kuat yang meneruskan data dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur serat optik backbone Internet.

Macam dan Jenis Router

Beberapa jenis router yang umum digunakan antara lain adalah:

  • Wired router (Router Kabel)
  • Wireless router (Router Nirkabel)
  • Core router dan edge router
  • Virtual router

Wired Router (Router Kabel)

Router Kabel atau Wired Router adalah perangkat berbentuk kotak yang terhubung langsung ke komputer melalui kabel atau koneksi kabel. Satu port koneksi dari router kabel digunakan untuk menghubungkan modem untuk menerima paket data internet, sementara satu set port memungkinkan router kabel untuk terhubung ke komputer untuk mendistribusikan paket data internet.

Contoh router berkabel adalah router broadband Ethernet, di mana router ini mendukung teknologi terjemahan alamat jaringan (Network Address Translation / NAT) yang memungkinkan beberapa komputer terhubung dalam router kabel untuk berbagi satu alamat Protokol Internet (IP).

Router kabel menggunakan (SPI) firewall sembari menyediakan komunikasi antar komputer dalam jaringan untuk tujuan keamanan.

Wireless Router (Router Nirkabel)

Seperti jaringan kabel, router nirkabel terhubung langsung ke modem melalui kabel untuk menerima paket data Internet. Namun, alih-alih membawa data melalui kabel ke komputer, router nirkabel mendistribusikan paket data secara wireless menggunakan satu atau lebih antena pemancar sinyal.

Antena akan membawa paket data kode biner atau seri 1s dan 0s yang diubah menjadi sinyal radio dan disiarkan secara nirkabel. Komputer dengan penerima nirkabel (Wifi dongle atau Wifi USB atau Wifi Adapter) kemudian dapat menerima sinyal radio ini dan mengubahnya kembali menjadi kode biner. Tidak seperti router berkabel yang membuat jaringan area lokal kabel (LAN), router nirkabel membentuk jaringan area lokal nirkabel (Wi-Fi).

Untuk melindungi WLAN, router nirkabel biasanya menggunakan pemfilteran alamat media access control (MAC) nirkabel dan keamanan Wi-Fi Protected Access (WPA).

Core router dan edge router

Core router adalah router kabel atau nirkabel yang mendistribusikan paket data internet dalam satu jaringan, tidak seperti kabel atau nirkabel yang mendistribusikan paket data antara beberapa jaringan.

Sebaliknya, edge router adalah router kabel atau nirkabel yang mendistribusikan paket data Internet antara satu atau lebih jaringan tetapi tidak mendistribusikan paket data dalam jaringan.

Virtual router (Router Virtual)

sumber: sdxcentral

Router virtual bertindak sebagai router default untuk komputer yang berbagi jaringan seperti router kabel. Fungsi router menggunakan Virtual Router Redundancy Protocol (VRRP), yang menjadi aktif ketika router fisik utama gagal atau dinonaktifkan.

Demikian penjelasan Asaljeplak mengenai apa itu router yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami tentang hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top