apa-itu-proxy-server

Apa itu Proxy Server ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu Proxy Server? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Mungkin kamu baru saja mendengar atau melihat istilah Proxy Server dan tertarik ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Karenanya, Asaljeplak akan mencoba menjelaskan secara rinci mengenai apa itu proxy server supaya kamu bisa lebih memahaminya.

Apa itu Proxy Server

Proxy Server adalah jenis server yang menyediakan layanan relay untuk memungkinkan pengguna untuk membuka dan mengelola data melalui Internet dengan lebih cepat dan aman. Proxy Server berfungsi sebagai “middleman” alias perantara dalam komunikasi antar komputer. Proxy Server umumnya memakai informasi dari komputer yang berfungsi sebagai gateway antara pengguna dan web server. Ketika suatu permintaan dikirim melalui proxy, proxy akan meneruskan permintaan tersebut ke web server dan mengembalikan hasilnya ke pengguna melalui komputer yang berfungsi sebagai gateway.

Fungsi dan Kegunaan Proxy Server

Proxy Server atau Server Proxy biasanya mendukung pengguna yang menelusuri situs web di jaringan internal atau yang ingin memblokir watu tertentu dari situs tersebut. Proxies juga memungkinkan pengujian aplikasi web secara konsisten, bahkan jika perangkat dengan lokasi berbeda mengaksesnya. Secara umum, mereka membuat pengguna tetap aman dan terenkripsi ketika mereka menggunakan layanan web.

Proxy Server memungkinkan pengguna internet untuk lebih aman dalam berselancar melalui Internet tanpa berisiko keamanan dan privasi. Proxy kadang-kadang juga dapat menyamar sebagai IP dan kemudian mentransfer data secara aman. Proxy juga dapat membantu pada masalah kecepatan jika koneksi Internet lambat.

Sebagian besar Organisasi menggunakan proxy server untuk menutup akses terhadap situs berkonten berbahaya yang berasal dari luar organisasi dan memastikan bahwa semua data yang dikirim dari organisasi tetap terenkripsi. Hal ini memastikan bahwa para pengguna di organisasi ini bisa berselancar di internet dengan aman.

BACA JUGA:  Apa itu Browser ? Definisi dan Penjelasannya

Proxy server dapat dikonfigurasi lebih lanjut untuk menyimpan informasi yang diteruskan pertukaran antara klien dan server serta informasi yang diminta berkunjung ke situs tertentu. Hal ini memungkinkan admin organisasi untuk mengecek jika data dikirim ke luar server tidak berada di jalan yang benar.

Cara Kerja Proxy Server

Proxy Server bertindak sebagai perantara antara pengguna dan server web. Proxy Server menggunakan alamat IP yang berbeda atas nama pengguna, menyembunyikan alamat asli pengguna dari server web. 

Konfigurasi server proxy umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Seorang pengguna memasukkan URL situs web ke browser mereka.
  2. Proxy Server menerima permintaan pengguna.
  3. Proxy Server meneruskan permintaan ke server web.
  4. Server web mengirimkan respons (data situs web) kembali ke server proxy.
  5. Proxy Server meneruskan respons ke pengguna.

Jenis Proxy Server

Ada banyak jenis server proxy, dikategorikan berdasarkan arus lalu lintas, tingkat anonimitas, aplikasi, layanan, IP, dan aksesibilitas.

Di bawah ini adalah klasifikasi dari beberapa jenis proxy server:

1. Forward Proxy

Forward proxy (umumnya dikenal sebagai ‘proxy’) adalah jenis server proxy yang biasanya mengirimkan permintaan dari pengguna di jaringan internal ke Internet melalui firewall. 

Forward proxy dikonfigurasi untuk ‘mengizinkan’ atau ‘menolak’ permintaan pengguna untuk melewati firewall untuk mengakses konten di Internet. 

Jika proxy mengizinkan permintaan pengguna, proxy akan meneruskannya ke server web melalui firewall. Server web mengirimkan responsnya ke proxy. Proxy kemudian mengirimkan respons ini kembali ke pengguna. 

Proxy penerusan pertama-tama akan memeriksa apakah informasi yang diminta pengguna di-cache sebelum mengambilnya dari server. Proxy menyimpan informasi yang di-cache itu sendiri, menghilangkan kebutuhan untuk memintanya dari server. Jika informasi yang diminta di-cache, proxy akan mengirimkannya langsung ke pengguna.

Jika proxy menolak permintaan pengguna, proxy akan mengirimkan pesan kesalahan atau pengalihan kepada pengguna. 

2. Reverse Proxy

Reverse proxy adalah jenis server proxy yang biasanya meneruskan permintaan dari Internet ke pengguna di jaringan internal melalui firewall; pada dasarnya, proxy maju di ‘mundur’. 

Reverse proxy dikonfigurasi untuk membatasi dan memantau akses pengguna ke server web yang berisi data sensitif . Permintaan pengguna dilewatkan melalui Internet melalui firewall ke proxy terbalik.

Jika proxy mengizinkan permintaan pengguna, ia mengambil informasi ini dari server web dan merespons pengguna.

BACA JUGA:  Apa itu Quarter Life Crisis ? Definisi dan Penjelasannya

Reverse proxy pertama-tama akan memeriksa apakah informasi yang diminta pengguna di-cache sebelum mengambilnya dari server. Proxy menyimpan informasi yang di-cache, menghilangkan kebutuhan untuk memintanya dari server. Jika informasi yang diminta di-cache, proxy akan mengirimkannya langsung ke pengguna.

Jika proxy menolak permintaan pengguna, proxy akan mengirimkan pesan kesalahan atau pengalihan kepada pengguna.

3. Anonymous Proxy Server

Server Proxy Anonimitas Tinggi (Level 1)

Proxy anonimitas tinggi menawarkan keamanan paling tinggi bagi pengguna. Mereka menyembunyikan alamat IP pengguna dan tidak mengidentifikasi diri mereka sebagai proxy ke server web (tidak seperti proxy anonim). Proxy ini secara rutin mengubah alamat IP saat membuat permintaan ke server web, memungkinkan privasi tingkat tinggi.

Server Proxy Anonim (Level 2)

Proxy anonim (juga disebut proxy distorsi) menyembunyikan alamat IP asli pengguna saat mereka mengunjungi situs web. Server proxy ‘mendistorsi’ alamat IP-nya sendiri dengan mengubah geolokasinya ke server web. Proxy anonim mengidentifikasi sebagai proxy dalam permintaan server web.

Proxy anonim adalah salah satu proxy yang paling umum digunakan. Mereka dapat digunakan untuk menyembunyikan lokasi geografis, menghindari pemasaran yang ditargetkan, atau mengakses situs yang disensor di lokasi sebenarnya pengguna.

TOR (The Onion Router) adalah browser web open source gratis yang merutekan lalu lintas internet pengguna melalui jaringan server sukarelawan untuk menyediakan anonimitas. TOR membantu menghapus visibilitas atas aktivitas Internet dengan mengenkripsi, mendekripsi, dan mengenkripsi ulang permintaan web berkali-kali sebelum mencapai server tujuan – sebuah proses yang dikenal sebagai ‘onion routing’ atau ‘perutean bawang’.

Proxy anonim adalah kebalikan dari proxy transparan.

Server Proxy Transparan (Level 3)

Proxy transparan adalah kebalikan dari proxy anonim. Seperti namanya, proxy transparan tidak menyembunyikan informasi pengenal apa pun tentang pengguna.

Mereka mengirim permintaan ke server web yang menunjukkan datang langsung dari pengguna. Proxy transparan disiapkan oleh operator jaringan atau situs web, bukan pengguna, dan biasanya digunakan oleh organisasi, perpustakaan umum, dan sekolah untuk tujuan penyaringan konten situs web. Proxy transparan adalah salah satu proxy termudah untuk disiapkan.

4. Server Proxy Protokol

Server Proxy HTTP

Proxy HTTP menggunakan protokol HTTP dan tidak dikonfigurasi oleh pengguna. Sebaliknya, mereka dikonfigurasikan oleh browser atau di dalam antarmuka situs web. Proxy HTTP bekerja secara eksklusif dengan konten web dan tidak dapat digunakan untuk tipe data lainnya.  

BACA JUGA:  Apa itu Hedging ? Definisi dan Penjelasannya

Proxy HTTP memungkinkan pengguna menjelajahi web dengan alamat IP yang berbeda tetapi tidak menawarkan privasi atau keamanan tambahan apa pun. Semua aktivitas pengguna masih terlihat melalui Internet, sama seperti tanpa proxy. 

Sementara beberapa proxy HTTP memungkinkan pengguna untuk terhubung ke situs web HTTPS, mengaktifkan koneksi internet terenkripsi, hal ini tidak selalu terjadi. Proxy HTTP dapat sepenuhnya memfilter koneksi HTTPS atau hanya mengizinkan pengguna untuk terhubung ke versi situs web yang tidak aman, meskipun itu juga memungkinkan koneksi yang aman. 

Banyak proxy HTTP gratis dan memonetisasi layanan mereka dengan menyuntikkan iklan ke koneksi yang tidak aman. Pengguna harus berhati-hati saat mengakses proxy HTTP.

Server Proxy HTTPS

Proxy HTTPS (juga disebut Proxy SSL) berfungsi mirip dengan proxy HTTP tetapi berbeda karena membuat koneksi yang aman. Proxy HTTPS bekerja secara eksklusif dengan konten web dan tidak dapat digunakan untuk tipe data lainnya.

Proxy HTTPS mengenkripsi semua lalu lintas web menggunakan protokol HTTPS . Situs web HTTPS sudah dienkripsi melalui sertifikat SSL , menawarkan koneksi pribadi dan aman kepada pengguna. Jika pengguna terhubung ke situs web HTTPS melalui proxy HTTPS, koneksi mereka akan diamankan dua kali lipat. 

Server Proxy SOCKS

Proxy SOCKS (SOCKets Secure) memungkinkan semua jenis lalu lintas yang kompatibel dengan protokol SOCKS5. Protokol SOCKS5 merutekan lalu lintas pengguna melalui server pihak ketiga – server proxy SOCKS – melalui TCP (Transmission Control Protocol).

Proxy SOCKS tidak menawarkan enkripsi mereka sendiri. Mereka hanya dapat beroperasi melalui koneksi aman jika situs web/aplikasi tempat mereka bekerja menggunakan enkripsi itu sendiri. 

Sebagian besar server proxy SOCKS mendukung SHH, yang memungkinkan koneksi aman dengan aplikasi yang juga mendukung SHH. Penting untuk dicatat bahwa meskipun SHH diaktifkan, proxy SOCKS tidak menjamin anonimitas. 

Proxy SIP

Proxy SIP (Session Initiation Protocol) berfungsi sebagai perantara antara perangkat SIP (misalnya telepon) melalui protokol SIP. Proxy SIP mengontrol panggilan dalam jaringan dengan meminta informasi dari registri SIP dan mengarahkan panggilan yang sesuai. 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, proxy server memiliki berbagai macam kegunaan yang membuatnya menjadi aspek penting dalam jaringan internet modern. Perusahaan dan pemilik jaringan dapat menggunakan proxy server untuk meningkatkan keamanan jaringan serta untuk melacak dari mana lalu lintas berasal. Proxy juga membuat koneksi Internet lebih cepat dan andal. Ini juga memungkinkan pengguna berselancar di Internet secara aman.

Demikian penjelasan kami mengenai apa itu proxy server yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami tentang hal tersebut.

Scroll to Top