apa-itu-google-play-store

Apa itu Google Play ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu Google Play? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Mungkin kamu baru saja mendengar atau melihat istilah Google Play dan tertarik ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Karenanya, Asaljeplak akan mencoba menjelaskan secara rinci mengenai apa itu Google Play supaya kamu bisa lebih memahaminya.

Apa itu Google Play

Google Play adalah layanan distribusi digital yang dioperasikan dan dikembangkan oleh Google, yang berfungsi sebagai toko aplikasi resmi untuk perangkat bersertifikat yang berjalan pada sistem operasi Android dan turunannya beserta Chrome OS, yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri, mengunduh, dan menginstal aplikasi yang dikembangkan dengan kit pengembangan perangkat lunak Android (SDK) dan diterbitkan melalui Google.

Tidak hanya aplikasi Android, Google Play juga berfungsi sebagai toko media digital yang juga menawarkan pembelian musik atau lagu, buku, film, dan program televisi. Konten yang telah dibeli di Google Play Film & TV dan Google Play Buku dapat diakses di browser web, dan melalui aplikasi Android.

Google Play juga sering disebut dengan nama Google Play Store atau Play Store, dan pada awal-awal pengembangannya menggunakan nama Android Marketplace.

Google Play Store memiliki lebih dari 82 miliar unduhan aplikasi pada tahun 2016 dan mencapai lebih dari 3,5 juta aplikasi yang diterbitkan pada tahun 2017. Pengembang aplikasi juga dapat mengikuti program monetisasi Admob (Semacam Adsense tetapi khusus untuk aplikasi Mobile dan berbadis Android), sehingga nantinya akan bisa menayangkan iklan dari dalam aplikasi yang mereka kembangkan dan mendapatkan pemasukan dari situ.

Sejarah Google Play

Google Play merupakan kombinasi dan integrasi dari tiga produk Google yang berbeda, yaitu Android Market, Google Music, dan Google eBookstore, yang pada awalnya berdiri secara terpisah.

Android Market pertama kali diumumkan oleh Google pada tanggal 28 Agustus 2008, dan tersedia untuk pengguna pada tanggal 22 Oktober. Pada Desember 2010, pemfilteran konten ditambahkan ke Android Market, halaman detail setiap aplikasi mulai menampilkan gambar promosi di bagian atas, dan ukuran maksimum aplikasi dinaikkan dari 25 megabita (MB) menjadi 50 MB.

Google eBookstore diluncurkan pada 6 Desember 2010, memulai debutnya dengan tiga juta eBook, menjadikannya “koleksi eBook terbesar di dunia”.

Pada bulan November 2011, Google mengumumkan Google Music, bagian dari Play Store yang menawarkan pembelian musik. Pada bulan Maret 2012, Google meningkatkan ukuran maksimum aplikasi yang diizinkan dengan mengizinkan pengembang melampirkan dua file expansion ke unduhan dasar aplikasi, di mana setiap file ekspansi tersebut dapat memiliki ukuran maksimum 2 gigabyte (GB), sehingga secara keseluruhan pengembang aplikasi dapat membuat aplikasi dengan ukuran file sebesar 4 gigabyte. Masih pada bulan Maret 2012, Android Market diganti namanya menjadi Google Play.

Google Play Store, termasuk semua aplikasi Android , kemudian juga hadir di Chrome OS pada bulan September tahun 2016.

Pada bulan Mei tahun 2021, Google Play mengumumkan rencana untuk menerapkan bagian (tab) baru dengan informasi privasi untuk semua aplikasi di etalasenya. Proyek ini serupa dengan label privasi App Store dan diharapkan akan dirilis secara penuh pada paruh pertama tahun 2022.

Nantinya fitur ini akan menunjukkan kepada pengguna jenis informasi apa yang dikumpulkan setiap aplikasi, apakah data yang disimpannya dienkripsi dan apakah pengguna dapat memilih untuk tidak dilacak oleh aplikasi.

Fungsi dan Kegunaan Google Play

Seperti telah disebutkan sebelumnya, fungsi dan kegunaan Google Play antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sebagai aplikasi untuk membeli, mencari, mengunduh, dan menginstal game dan aplikasi Android yang terdaftar ke dalam Google Play,
  • Sebagai aplikasi untuk menyewa film box office.
  • Sebagai aplikasi untuk membeli lagu atau musik dari artis favoritmu,
  • Sebagai aplikasi untuk membeli E-Book.

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu Google Play yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami tentang hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top