apa-itu-access-point

Apa Itu Access Point ? Definisi dan Penjelasannya

Apa Itu Access Point? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Access Point adalah perangkat yang membuat jaringan area lokal nirkabel, atau WLAN, biasanya di kantor atau gedung besar. Access Point (AP) akan terhubung ke router kabel, switch, atau hub melalui kabel Ethernet, dan memproyeksikan sinyal Wi-Fi ke area yang ditentukan.

Access Point bertindak sebagai portal untuk perangkat untuk terhubung ke jaringan area lokal, dan digunakan untuk memperluas jangkauan nirkabel dari jaringan yang ada dan untuk meningkatkan jumlah pengguna yang dapat terhubung ke jaringan tersebut.

Misalnya, jika Anda ingin mengaktifkan akses Wi-Fi di area resepsionis perusahaan Anda tetapi tidak memiliki router dalam jangkauan, Anda dapat memasang Access Point di dekat meja depan dan menjalankan kabel Ethernet melalui langit-langit yang mengarahi ke ruang server.

Perbedaan Access Point dengan Router

Router adalah perangkat jaringan yang melayani dua fungsi utama:

  1. Menghubungkan beberapa komputer, ponsel, tablet, atau perangkat lain untuk membentuk jaringan area lokal terkelola, dan
  2. Menyediakan akses Internet ke semua perangkat yang kompatibel yang terhubung ke router.

Jaringan area lokal (LAN) dapat diatur hanya dengan menggunakan router dan menghubungkan satu atau beberapa perangkat ke sana. Router modern memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat baik melalui kabel Ethernet atau secara nirkabel (menggunakan Wi-Fi).

Router cocok apabila digunakan dalam skala kecil, seperti saat ingin menyediakan hotspot Wifi di rumah atau kafe yang ruangannya kecil, sementara Access Point (beserta perangkat lain seperti switch) akan lebih tepat digunakan di perusahaan atau kantor-kantor, terutama yang memiliki banyak divisi di lantrai-lantai gedung yang berbeda.

Router bisa bertindak sebagai Access Point, namun tidak semua Access Point bisa menjadi router, bahkan biasanya Access Point digunakan untuk memperluas jangkauan jaringan yang disediakan oleh router.

Perbedaan Access Point dengan Extender atau Repeater

Extender adalah perangkat yang bertindak sebagai repeater nirkabel. Seperti namanya, perangkat ini digunakan untuk memperluas jangkauan koneksi nirkabel yang ada. Ini menciptakan replika dari jaringan WiFi yang ada yang berfungsi sebagai dukungan tambahan dan karena itu membantu dalam meningkatkan jangkauan WiFi dari router utama. Akibatnya, mereka ditempatkan di antara Access Point dan klien paling jauh dari koneksi yang ada.

Perbedaan utama antara Access Point dengan Extender atau Repeater adalah pada fungsinya, di mana Access Point bertindak sebagai pusat titik jaringan di lokasi tertentu yang tidak terjangkau oleh router utama, sementara Extender hanya bertindak sebagai perpanjangan tangan dan sedikit memperluas jaringan utama.

Demikian penjelasan kami mengenai apa itu access point yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami tentang hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top