apa-itu-acapella

Apa Itu Acapella ? Definisi dan Penjelasannya

Apa Itu Acapella? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Acapella atau A Capella adalah komposisi musikal yang dihasilkan oleh suara manusia tanpa menggunakan instrumen apa pun. Istilah Acapella berasal dari bahasa Italia, yang secara harfiah berarti “Menggunakan gaya seperti Kapel/Gereja kecil (Chapel), yang mengacu kepada gaya bernyanyi seperti paduan suara Gereja kecil (Berbeda dengan Gereja besar yang biasanya paduan suara diiringi organ atau bahkan piano/baby piano).

Sejarah Musik Acapella / A Cappella

A capella diperkirakan bisa jadi sudah sepanjang sejarah manusia itu sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa menyanyi dan vokalisasi mungkin merupakan apa yang digunakan manusia purba untuk berkomunikasi sebelum ditemukannya bahasa. Potongan paling awal dari lembaran musik diperkirakan berasal dari zaman sedini 2000 SM, sementara lembaran musik yang tertua yang ditemukan secara utuh adalah dari abad pertama Masehi, yang berjudul Seikilos Epitaph.

Pada sejarah awal agama-agama Islam, Yahudi dan Kristen, penggunaan instrumen musik pada saat menyanyikan lagu-lagu pemujaan bukanlah hal yang umum, misalnya pada Nasheed (yang di Islam dikenal sebagai Nasyid), Zemirot (nyanyian pemujaan Yahudi), dan Gregorian (yang umum ditemukan pada Gereja Katolik Roma), meskipun pada perkembangannya akhirnya penggunaan instrumen mulai umum digunakan pada masing-masing agama tersebut

Demikian penjelasan Asaljeplak mengenai apa itu acapella yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami mengenai hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top