apa-itu-bisnis-online

Apa itu Bisnis Online ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu Bisnis Online? Berikut ini akan Asaljeplak jelaskan definisi dan penjelasannya supaya kamu lebih mengerti dan memahami hal tersebut.

Apa itu Bisnis Online ?

Pertama-tama yang perlu diketahui adalah mengenai definisi dari bisnis online itu sendiri, mulai dari definisi, kegiatan apa saja yang termasuk kedalamnya, dan bagaimana cara yang tepat untuk memulainya.

Bisnis online adalah suatu kegiatan usaha atau bisnis, yang dalam melakukan transkasi dengan pelanggan dilakukan melalui jaringan internet alias online, mulai dari proses negosias hingga pada proses transkasinya.

Jenis usaha yang termasuk ke dalam bisnis online sendiri sebenarnya sangat beragam, mulai dari yang paling umum yaitu membuka toko online, baik pada marketplace ternama ataupun pada media sosial seperti Instagram, hingga kepada menawarkan jasa melalui website ataupun pada marketplace khusus jasa dan pekerja lepas.

Mengapa Bisnis Online ?

Ada beberapa alasan mengapa bisnis online kami jadikan sebagai salah satu metode terbaik dalam menjelaskan mengenai cara sukses usia muda, yang antara lain adalah sebagai berikut :

1. Modal yang minim

Salah satu keunggukan yang paling utama dari bisnis online adalah pada faktor minimnya modal yang diperlukan dalam memulai keguatan usaha apabila dibandingkan dengan bisnis tradisional.

Kamu tidak perlu menyewa ruko atau memiliki tempat untuk memulai bisnis dan bisa membuka lokasi bisnis dengan beragam pilihan yang bisa dipilih mulai dari nol rupiah, dan semahal-mahalnya tetap tidak akan semahal menyewa ruko sendiri.

Dalam kegiatan operasionalnya sendiri bisnis online juga bisa dilakukan tanpa modal seperti dengan menjadi droopshipper, atau menawarkan keahlian kamu kepada orang lain yang tentunya tidak membutuhkan kamu untuk membeli barang.

Minimal, modal yang dibutuhkan adalah paket data dan akses internet yang mana hal ini bisa dihilangkan apabila kamu memiliki akses gratis terhadap hal tersebut.

2. Perkembangan teknologi

Faktor kedua adalah perkembangan teknologi, yang mana sudah semakin berorientasi ke arah digital dan menmanfaatkan jaringan internet dengan lebih menyeluruh, sehingga dengan melakukan bisnis online lebih dini maka akan lebih baik karena kamu bisa meraup pelanggan lebih dulu ketimbang yang memulai belakangan.

Ditambah lagi, setiap hari semakin banyak orang yang hidupnya tidak bisa lepas dari teknologi, mulai dari ponsel yang selalu aktif akses internetnya, hingga ke laptop dan komputer rumah atau kantor yang juga terhubung ke dunia world wide web (www).

Semakin bermunculannya developer game dan aplikasi lokal di Google Play Store misalnya, yang banyak hanya dikelola oleh satu orang saja, merupakan penkamu bahwa semakin banyak game developer, atau mereka yang baru belajar, untuk mencoba mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan di aplikasi atau game mereka.

Kemudian semakin banyakya pula Youtuber, Blogger, dan toko online di internet asal indonesia yang kebanyakan di inisiasi oleh anak muda juga menkamukan hubungan erat antara bisnis online dengan teknologi.

3. Bisa dilakukan paruh waktu

Lalu kemudian faktor lainnya adalah fleksibilitas dan kemudahannya apabila dibandingkan untuk dilakukan di waktu senggang atau paruh waktu, sehingga kamu tetap ibisa melakukan pekerjaan atau kegiatan lainnya.

Tentunya ini akan tergantung pada seberapa besarnya bisnis online yang kamu jalankan, namun tetap akan lebih fleksibel dibandingkan bisnis tradisional yang setiap harinya harus kita datangi dan pantau atau terlibat dalam kegiatan operasionalnya.

Contoh Bisnis Online

Beberapa ide dan contoh bisnis online yang bisa kamu coba antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Toko Online (Jualan produk sendiri atau dropship),
  2. Penghasilan dari Google Admob melalui Aplikasi Android atau iOS,
  3. Membuat aplikasi toko online (Android, iOS) dan menjual produk sendiri atau dropship,
  4. Menyediakan kursus online,
  5. Jasa pembuatan aplikasi,
  6. Jasa pembuatan chatbot,
  7. Jual beli nama domain,
  8. Menghasilkan uang melalui blog, (menjadi publisher Adsense dan platform sejenis),
  9. Menjadi asisten virtual,
  10. Jual beli website,
  11. Jasa Pembuatan Website,
  12. Menjadi broker real estate online,
  13. Jasa penerjemah online,
  14. Jasa penulis artikel online,
  15. Berjualan template desain.
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top