apa-itu-abstraksi

Apa Itu Abstraksi ? Definisi dan Penjelasannya

Apa Itu Abstraksi? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Abstraksi adalah proses atau perbuatan memisahkan, penyusunan abstrak, keadaan linglung (dalam konteks psikologi atau kejiwaan), metode untuk mendapatkan kepastian hukum atau pengertian melalui penyaringan terhadap gejala atau peristiwa.

Definisi Abstraksi dalam Berbagai Bidang Ilmu

Penggunaan kata abstraksi juga terdapat di berbagai bidang ilmu, yang memiliki definisi-definisinya sendiri, antara lain sebagai berikut:

A. Bidang Medis

Dalam bidang medis, Abstraksi adalah ringkasan poin-poin penting dari suatu artikel medis,

B. Ilmu Komputer

Dalam ilmu komputer, abstraksi adalah proses representasi data dan program dalam bentuk sama dengan pengertiannya (semantik), dengan menyembunyikan rincian / detail implementasi.

Bentuk utama dari abstraksi adalah abstraksi bahasa (komputer dan pemrograman): bahasa buatan dikembangkan untuk menyatakan aspek tertentu dari sistem. Bahasa komputer dapat diolah oleh komputer.

Contoh proses abstraksi adalah pengembangan bahasa pemrograman dari bahasa mesin, ke bahasa rakitan, dan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Tiap tingkatan digunakan sebagai batu loncatan ke tingkatan lain. Abstraksi bahasa juga terdapat dalam bahasa skrip.

Sementara Abstraksi data merupakan tingkatan/level bagaimana melihat data dalam sebuah sistem basis data.

Tiga level abstraksi data:

  1. Level Fisik (Physical Level). Pemakai melihat data sebagai gabungan dari struktur dan datanya sendiri dan berkompeten dalam mengetahui bagaimana representasi fisik dari penyimpanan/pengorganisasian data (teks, angka, himpunan bit data, dll).
  2. Level Lojik/Konseptual (Conseptual Level). Menggambarkan data apa yang sebenarnya (secara fungsional) disimpan dalam basis data dan hubungannya dengan data yang lain.
  3. Level Penampakan (View Level). Untuk pemakai yang hanya membutuhkan sebagian data/informasi dalam basis data yang kemunculannya di mata pemakai diatur oleh aplikasi end-user.

C. Matematika

Dalam ilmu matematika, abstraksi adalah proses untuk memperoleh intisari konsep matematika, menghilangkan kebergantungannya pada objek-objek dunia nyata yang pada mulanya mungkin saling terkait, dan memperumumnya sehingga ia memiliki terapan-terapan yang lebih luas atau bersesuaian dengan penjelasan abstrak lain untuk gejala yang setara.

Abstraksi dalam Bahasa Inggris

Abstraksi sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Inggris Abstraction, yang memiliki arti ‘ringkasan’, ‘intisari’, ‘ikhtisar’.

Demikian penjelasan kami mengenai apa itu abstraksi yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami tentang hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top