apa-itu-google-chrome

Apa itu Google Chrome ? Definisi dan Penjelasannya

Apa itu Google Chrome? Pada artikel kali ini Asaljeplak akan menjelaskan mengenai hal tersebut secara lengkap, mulai dari definisi, makna, dan berbagai hal yang terkait hal itu.

Mungkin kamu baru saja mendengar atau melihat istilah Google Chrome dan tertarik ingin mengetahui apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Karenanya, Asaljeplak akan mencoba menjelaskan secara rinci mengenai apa itu Google Chrome supaya kamu bisa lebih memahaminya.

Apa itu Google Chrome

Google Chrome adalah browser web lintas platform yang dikembangkan oleh Google, yang pertama kali dirilis pada tahun 2008 untuk Microsoft Windows, dan dibangun dengan komponen perangkat lunak gratis dari Apple WebKit dan Mozilla Firefox.

Sebagian besar kode sumber Chrome berasal dari proyek perangkat lunak sumber terbuka dan gratis yaitu Google Chromium, tetapi dilisensikan sebagai perangkat lunak bebas berpemilik (proprietary freeware).

Pada bulan Oktober tahun 2021, StatCounter memperkirakan bahwa Chrome memiliki 68% pangsa pasar browser di seluruh dunia (setelah mencapai puncaknya pada 72,38% pada November 2018) di komputer pribadi (PC), paling banyak digunakan di tablet (setelah melampaui Safari ), dan merupakan browser yang dominan pada smartphone, dan pada 65% di semua platform digabungkan.

Sejarah Google Chrome

CEO Google periode 2001-2011, Eric Schmidt, menentang pengembangan browser web independen selama enam tahun. Dia menyatakan bahwa, pada saat itu, “Google adalah perusahaan kecil”, dan dia tidak ingin menjalani “perang browser” dengan aplikasi lainnya.

Namun, setelah pendiri Googlr, Sergey Brin dan Larry Page, menyewa beberapa pengembang Mozilla Firefox dan membuat demonstrasi Chrome, Schmidt mengatakan bahwa “(Demonstrasi yang ditunjukkan) Itu sangat bagus sehingga pada dasarnya memaksa saya untuk berubah pikiran.”

Pada bulan September 2004, rumor Google membangun browser web pertama kali muncul ke permukaan. Jurnal online dan surat kabar AS menyatakan pada saat itu bahwa Google sedang merekrut mantan pengembang web Microsoft ke dalam tim pengembang. Rumor tersebut mencuat tak lama setelah Mozilla Firefox 1.0 dirilis, yang popularitasnya melonjak dan mengambil pangsa pasar dari Internet Explorer yang memiliki masalah keamanan.

Pengembangan browser Google pun akhirnya dimulai pada tahun 2006 dan dipelopori oleh Sundar Pichai (CEO Alphabet Inc, induk perusahaan Google, saat ini) yang pada saat itu masih menjabat sebagai staf divisi riset dan pengembangan Google (manajer untuk Google Search Toolbar). Kesuksesannya mengembangkan Chrome pula yang membuat Pichai diangkat menjadi VP Product Development di Google pada tahun 2008, dan akhirnya berhasil naik menjadi CEO di tahun 2015.

Fungsi dan Kegunaan Google Chrome

Fungsi utama Google Chrome adalah sebagai peramban (browser) di dunia maya atau internet, namun aplikasi ini juga bisa digunakan untuk hal lainnya seperti file explorer, dan pembaca PDF. Mereka juga menyediakan marketplace untuk extension pihak ketiga yang bisa menambah fungsi dan kegunaan dasar dari aplikasi browser tersebut.

Demikian penjelasan Asaljeplak mengenai apa itu Google Chrome yang diharapkan bisa membuat kamu semakin mengerti dan memahami mengenai hal tersebut.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top