apa-bahasa-spanyol-aku-kamu-dia-mereka

Apa Bahasa Spanyolnya Aku, Kamu, Dia, Kalian, Mereka

Pada artikel kali ini, Asaljeplak akan menjelaskan mengenai apa bahasa Spanyol dari kata Aku, Kamu, Dia, Kalian, dan Mereka, yang diharapkan bisa membantu kamu yang sedang mencaritahu mengenai hal tersebut.

Dalam berbahasa Spanyol, tentunya akan sangat krusial untuk mengerti bagaimana cara merujuk kepada diri sendiri atau orang lain atau subjek dari kalimat, baik itu dalam kata ganti orang pertama, kedua, maupun orang ketiga, yang pastinya akan menjadi landasan penting saat bercakap-cakap dengan orang lain, terutama dalam bahasa Spanyol.

Terutama, dalam berbahasa Spanyol, kata kerja yang digunakan dalam suatu kalimat akan berubah bentuk (konjugasi) tergantung dari siapa yang menjadi subjeknya, jadi mengetahui cara merujuk kepada subjek sangatlah penting dan akan berpengaruh pada bentuk kata kerja yang digunakan.

Lalu, bagaimana caranya?

Apa Bahasa Spanyolnya “Aku” atau “Saya”

Dalam bahasa Spanyol, kata yang digunakan untuk “aku” adalah “yo” (dibaca: “yo”, meskipun ada beberapa dialek yang membacanya seperti “Jo” atau “Cho”). Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata “yo” dalam kalimat:

  1. Yo hablo español. (Aku berbicara bahasa Spanyol.)
  2. Yo vivo en Madrid. (Aku tinggal di Madrid.)
  3. Yo tengo un perro. (Aku memiliki seekor anjing.)
  4. Yo estudio medicina. (Aku belajar kedokteran.)
  5. Yo estoy cansado/a. (Aku lelah.) (Gunakan “cansado” apabila subjek (Yo) adalah laki-laki, dan gunakan “cansada” apabila subjek (Yo) adalah perempuan/wanita).

Dalam bahasa Spanyol, kata “yo” digunakan sebagai kata ganti orang pertama tunggal yang mengacu pada diri sendiri, mirip dengan kata “aku” dalam bahasa Indonesia, dan dapat digunakan sebagai subjek dalam kalimat untuk menyatakan bahwa seseorang sedang melakukan atau memiliki sesuatu. Misalnya, “yo hablo” berarti “aku berbicara” dan “yo tengo” berarti “aku memiliki”.

Berikut adalah beberapa penjelasan lebih lanjut tentang penggunaan kata “yo” dalam bahasa Spanyol:

  1. Subjek dalam Kalimat: Kata “yo” digunakan sebagai subjek dalam kalimat untuk menunjukkan bahwa seseorang sedang melakukan suatu tindakan. Contoh: “Yo hablo español” (Aku berbicara bahasa Spanyol), “Yo trabajo en una oficina” (Aku bekerja di kantor).
  2. Penegasan atau Kontras: Dalam beberapa situasi, kata “yo” digunakan untuk menekankan atau membedakan diri sendiri dari orang lain dalam percakapan. Misalnya, jika seseorang berkata “Nadie puede hacerlo mejor que yo” (Tidak ada yang bisa melakukannya lebih baik dariku), kata “yo” digunakan untuk menunjukkan keyakinan bahwa dirinya yang paling baik dalam hal tersebut.
  3. Kepemilikan: Kata “yo” digunakan untuk menyatakan kepemilikan atau memiliki sesuatu. Contoh: “Yo tengo una casa nueva” (Aku memiliki rumah baru), “Yo tengo dos hermanos” (Aku memiliki dua saudara laki-laki).
  4. Mengungkapkan Perasaan atau Kondisi: Kadang-kadang, kata “yo” digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau kondisi pribadi. Contoh: “Yo estoy feliz” (Aku bahagia), “Yo estoy cansado/a” (Aku lelah).

Perlu diingat bahwa dalam bahasa Spanyol, penggunaan kata ganti orang pertama tunggal “yo” seringkali dapat dihilangkan jika subjeknya sudah jelas dari kata kerja atau konteksnya. Misalnya, ketimbang mengatakan “Yo hablo español” (Aku berbicara bahasa Spanyol), orang Spanyol seringkali hanya mengatakan “Hablo español” ((Aku) Berbicara bahasa Spanyol).

Ser dan Estar pada “Aku” (Yo soy dan Yo estoy)

“Yo soy” dan “Yo estoy” keduanya adalah ungkapan yang menggunakan kata kerja “ser” (to be) dan “estar” (to be) dalam bahasa Spanyol. Namun, keduanya memiliki penggunaan dan makna yang berbeda. Berikut adalah penjelasan mengenai keduanya:

  1. “Yo soy”: Frasa ini menggunakan kata kerja “ser” dan digunakan untuk menyatakan identitas, karakteristik, atau sifat yang bersifat permanen atau intrinsik. Digunakan untuk menggambarkan keadaan yang tidak berubah seiring waktu. Contoh penggunaannya adalah:
    • “Yo soy estudiante” (Aku adalah seorang mahasiswa).
    • “Yo soy alto/a” (Aku tinggi).
    • “Yo soy de México” (Aku berasal dari Meksiko).
  2. “Yo estoy”: Frasa ini menggunakan kata kerja “estar” dan digunakan untuk menyatakan keadaan sementara, lokasi, atau kondisi fisik atau emosional yang dapat berubah. Contoh penggunaannya adalah:
    • “Yo estoy cansado/a” (Aku (sedang) lelah).
    • “Yo estoy en casa” (Aku (saat ini) sedang di rumah).
    • “Yo estoy feliz” (Aku (sedang) bahagia).

Perbedaan antara “ser” dan “estar” dalam bahasa Spanyol merupakan perbedaan antara atribut yang bersifat permanen dan atribut yang bersifat sementara atau situasional. “Ser” digunakan untuk mengungkapkan hal-hal yang lebih mendasar atau karakteristik yang lebih tetap, sedangkan “estar” digunakan untuk mengungkapkan keadaan atau kondisi yang lebih sementara atau dapat berubah seiring waktu.

Penting untuk memahami konteks dan makna yang ingin Anda sampaikan ketika menggunakan “yo soy” dan “yo estoy” agar sesuai dengan situasi yang diungkapkan.

Apa Bahasa Spanyolnya “Kamu” atau “Anda”

Dalam bahasa Spanyol, terdapat beberapa kata yang digunakan untuk menyebut “kamu” atau “Anda” tergantung pada konteks dan tingkat keformalan percakapan. Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai cara menyebut “kamu” dalam bahasa Spanyol:

  1. “Tú”: Ini adalah bentuk informal untuk menyebut “kamu” dalam bahasa Spanyol. Ini digunakan dalam percakapan yang santai atau dengan teman, keluarga, atau orang yang lebih muda dari Anda. Contoh penggunaannya adalah “Tú eres inteligente” (Kamu pintar) atau “¿Cómo estás tú?” (Bagaimana kabarmu?).
  2. “Usted”: Ini adalah bentuk formal untuk menyebut “kamu” dalam bahasa Spanyol. Ini digunakan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua, orang yang lebih berkuasa, atau dalam situasi resmi atau profesional. Contoh penggunaannya adalah “Usted es muy amable” (Anda sangat ramah) atau “¿Puedo ayudarle en algo, señor/ señora?” (Bisakah saya membantu Anda dengan sesuatu, tuan/nyonya?).
  3. “Vos”: Ini adalah bentuk alternatif untuk menyebut “kamu” dalam beberapa negara di Amerika Latin, seperti Argentina dan Uruguay. Penggunaannya lebih umum dalam percakapan informal di daerah-daerah tersebut. Contoh penggunaannya adalah “Vos sos divertido/a” (Kamu lucu) atau “¿Cómo estás, vos?” (Apa kabarmu?).
BACA JUGA:  Apa Bahasa Spanyolnya PERMISI?

Perlu diingat bahwa kata ganti orang kedua (kamu) dalam bahasa Spanyol ini mempengaruhi konjugasi kata kerja yang mengikutinya. Misalnya, jika menggunakan “tú”, kata kerja akan dikonjugasikan sesuai dengan bentuk “tú” seperti “tú eres” (kamu adalah), sedangkan jika menggunakan “usted”, kata kerja akan dikonjugasikan sesuai dengan bentuk “usted” seperti “usted es” (Anda adalah).

Pilihan kata untuk menyebut “kamu” ini penting untuk menyesuaikan tingkat keformalan dan hubungan dengan orang yang Anda ajak bicara. Pastikan untuk memilih kata yang sesuai dengan konteks dan hubungan yang diinginkan.

Ser dan Estar pada “Kamu/Anda” (Tú eres, Tú estás, Usted es, dan Usted está)

“Tú eres”, “Tú estás”, “Usted es”, dan “Usted está” semuanya merupakan kombinasi antara subjek orang kedua tunggal (“tú” atau “usted”) dan kata kerja “ser” (to be) dan “estar” (to be) dalam bahasa Spanyol. Namun, keduanya memiliki penggunaan dan makna yang berbeda. Berikut penjelasan mengenai penggunaan masing-masing kombinasi:

  1. “Tú eres”: Digunakan ketika berbicara dengan seseorang secara informal, seperti teman, keluarga, atau rekan sebaya. Frasa ini menggabungkan subjek “tú” (kamu) dengan kata kerja “ser” untuk menyatakan identitas atau karakteristik yang bersifat permanen atau intrinsik. Contoh penggunaannya adalah:
    • “Tú eres inteligente” (Kamu pintar).
    • “Tú eres mi mejor amigo/a” (Kamu sahabat terbaikku).
    • “Tú eres un buen cantante” (Kamu penyanyi yang bagus).
  2. “Tú estás”: Juga digunakan ketika berbicara secara informal dengan seseorang, tetapi kali ini menggunakan kata kerja “estar”. Frasa ini menggabungkan subjek “tú” (kamu) dengan kata kerja “estar” untuk menyatakan keadaan sementara atau kondisi fisik atau emosional yang dapat berubah. Contoh penggunaannya adalah:
    • “Tú estás cansado/a” (Kamu lelah).
    • “Tú estás feliz” (Kamu bahagia).
    • “Tú estás en casa” (Kamu berada di rumah).
  3. “Usted es”: Digunakan ketika berbicara dengan seseorang secara formal atau dalam situasi resmi. “Usted” adalah bentuk formal untuk “kamu” dalam bahasa Spanyol. Frasa ini menggabungkan subjek “usted” (Anda) dengan kata kerja “ser” untuk menyatakan identitas atau karakteristik yang bersifat permanen atau intrinsik. Contoh penggunaannya adalah:
    • “Usted es muy amable” (Anda sangat ramah).
    • “Usted es un experto en su campo” (Anda adalah seorang ahli di bidang Anda).
    • “Usted es el jefe de la empresa” (Anda adalah bos perusahaan).
  4. “Usted está”: Juga digunakan ketika berbicara secara formal atau dalam situasi resmi, tetapi kali ini menggunakan kata kerja “estar”. Frasa ini menggabungkan subjek “usted” (Anda) dengan kata kerja “estar” untuk menyatakan keadaan sementara atau kondisi fisik atau emosional yang dapat berubah. Contoh penggunaannya adalah:
    • “Usted está ocupado/a” (Anda sedang sibuk).
    • “Usted está enfermo/a” (Anda sedang sakit).
    • “Usted está en una reunión” (Anda sedang dalam rapat).

Perbedaan antara “ser” dan “estar” dalam bahasa Spanyol adalah bahwa “ser” digunakan untuk sifat yang lebih tetap atau intrinsik, sedangkan “estar” digunakan untuk keadaan yang lebih sementara atau situasional. Pilihan antara “tú” dan “usted” menunjukkan tingkat keformalan dalam percakapan.

Apa Bahasa Spanyolnya “Dia”

Dalam bahasa Spanyol, terdapat beberapa cara untuk menyebut “dia” tergantung pada konteks dan jenis kelamin orang yang dimaksud. Berikut adalah penjelasan rinci mengenai cara menyebut “dia” dalam bahasa Spanyol:

  1. “Él”: Kata ini digunakan untuk menyebut “dia” jika orang yang dimaksud adalah laki-laki. Ini adalah bentuk maskulin dari kata ganti orang ketiga tunggal. Contoh penggunaannya adalah “Él es mi hermano” (Dia adalah saudara laki-laki saya) atau “Háblale a él” (Bicaralah padanya, merujuk pada seorang laki-laki).
  2. “Ella”: Kata ini digunakan untuk menyebut “dia” jika orang yang dimaksud adalah perempuan. Ini adalah bentuk feminin dari kata ganti orang ketiga tunggal. Contoh penggunaannya adalah “Ella es mi amiga” (Dia adalah teman perempuan saya) atau “Dile a ella” (Katakan padanya, merujuk pada seorang perempuan).

Perlu dicatat bahwa dalam bahasa Spanyol, penggunaan kata ganti orang ketiga tunggal (“él”, “ella”) akan mempengaruhi konjugasi kata kerja yang mengikutinya. Misalnya, jika menggunakan “él” (dia laki-laki), kata kerja akan dikonjugasikan sesuai dengan bentuk “él” seperti “él habla” (dia berbicara). Jika menggunakan “ella” (dia perempuan), kata kerja akan dikonjugasikan sesuai dengan bentuk “ella” seperti “ella habla” (dia berbicara).

Pilihan kata untuk menyebut “dia” ini penting untuk menyesuaikan jenis kelamin dan tingkat keformalan percakapan. Pastikan untuk menggunakan kata yang sesuai dengan konteks dan hubungan yang diinginkan.

Ser dan Estar pada “Dia” (Él es, Ella es, Él está, dan Ella está)

Perbedaan antara “ser” dan “estar” ketika digunakan dengan “él” (he) dan “ella” (she) dalam bahasa Spanyol adalah sebagai berikut:

  1. “Ser”:
    • Digunakan dengan “él”: “Él es” berarti “he is”.
    • Digunakan dengan “ella”: “Ella es” berarti “she is”.
    • “Ser” digunakan untuk menyampaikan atribut yang bersifat permanen atau intrinsik, seperti identitas, pekerjaan, nasionalitas, atau karakteristik pribadi yang cenderung stabil sepanjang waktu. Contoh penggunaannya adalah:
      • “Él es médico” (Dia (laki-laki) adalah seorang dokter).
      • “Ella es inteligente” (Dia (perempuan) pintar).
      • “Él es de España” (Dia (laki-laki) berasal dari Spanyol).
      • “Ella es alta” (Dia (perempuan) tinggi).
  2. “Estar”:
    • Digunakan dengan “él”: “Él está” berarti “he is”.
    • Digunakan dengan “ella”: “Ella está” berarti “she is”.
    • “Estar” digunakan untuk menyampaikan keadaan atau kondisi yang bersifat sementara, lokasi, atau kondisi fisik atau emosional yang dapat berubah seiring waktu. Contoh penggunaannya adalah:
      • “Él está cansado” (Dia (laki-laki) lelah).
      • “Ella está en el parque” (Dia (perempuan) sedang berada di taman).
      • “Él está feliz” (Dia (laki-laki) bahagia).
      • “Ella está preocupada” (Dia (perempuan) khawatir).

Perlu dicatat bahwa pilihan antara “ser” dan “estar” dalam bahasa Spanyol akan mempengaruhi makna dan interpretasi kalimat. “Ser” lebih berfokus pada sifat yang lebih tetap dan intrinsik, sementara “estar” lebih berfokus pada keadaan atau kondisi yang lebih sementara atau situasional.

BACA JUGA:  Contek Cara Memaksimalkan Pemasaran Versi Spesialis SEO Berikut Ini!

Penting untuk memahami konteks dan makna yang ingin Anda sampaikan ketika menggunakan “ser” dan “estar” dengan “él” dan “ella” agar sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

Apa Bahasa Spanyolnya “Kami”

Dalam bahasa Spanyol, terdapat beberapa cara untuk menyebut “kami” tergantung pada konteks dan bentuk kata ganti orang pertama jamak yang digunakan. Berikut adalah penjelasan rinci mengenai cara menyebut “kami” dalam bahasa Spanyol:

  1. “Nosotros”:
    • Digunakan jika kelompok yang dimaksud terdiri dari laki-laki saja atau campuran laki-laki dan perempuan.
    • “Nosotros” merujuk pada “kami” jika pembicara termasuk laki-laki atau campuran laki-laki dan perempuan.
    • Contoh penggunaannya adalah:
      • “Nosotros somos estudiantes” (Kami adalah mahasiswa).
      • “Nosotros vamos al parque” (Kami pergi ke taman).
      • “Nosotros nos divertimos” (Kami bersenang-senang).
  2. “Nosotras”:
    • Digunakan jika kelompok yang dimaksud terdiri dari perempuan saja.
    • “Nosotras” merujuk pada “kami” jika pembicara adalah perempuan atau jika kelompok yang dimaksud terdiri dari perempuan saja.
    • Contoh penggunaannya adalah:
      • “Nosotras somos amigas” (Kami adalah teman-teman).
      • “Nosotras vamos de compras” (Kami pergi berbelanja).
      • “Nosotras nos ayudamos” (Kami membantu satu sama lain).

Perlu diingat bahwa dalam bahasa Spanyol, pilihan kata ganti orang pertama jamak (“nosotros” atau “nosotras”) harus disesuaikan dengan jenis kelamin pembicara atau kelompok yang dimaksud. Jadi, jika pembicara atau kelompok terdiri dari laki-laki atau campuran laki-laki dan perempuan, kita menggunakan “nosotros”. Jika pembicara atau kelompok terdiri dari perempuan saja, kita menggunakan “nosotras”.

Ser dan Estar pada “Kami” (Nosotros/Nosotras somos dan Nosotros/Nosotras estamos)

Perbedaan antara “Nosotros/Nosotras somos” dan “Nosotros/Nosotras estamos” dalam bahasa Spanyol:

  1. “Nosotros/Nosotras somos”:
    • “Nosotros somos” digunakan ketika kelompok yang dimaksud terdiri dari laki-laki saja atau campuran laki-laki dan perempuan.
    • “Nosotras somos” digunakan ketika kelompok yang dimaksud terdiri dari perempuan saja.
    • Kalimat ini mengungkapkan identitas atau sifat yang melekat pada kelompok tersebut.
    • Contoh penggunaannya:
      • “Nosotros somos estudiantes” (Kami adalah mahasiswa).
      • “Nosotras somos amigas” (Kami adalah teman-teman).
      • “Nosotros somos altos” (Kami tinggi).
      • “Nosotras somos inteligentes” (Kami pintar).
  2. “Nosotros/Nosotras estamos”:
    • “Nosotros estamos” digunakan ketika kelompok yang dimaksud terdiri dari laki-laki saja atau campuran laki-laki dan perempuan.
    • “Nosotras estamos” digunakan ketika kelompok yang dimaksud terdiri dari perempuan saja.
    • Kalimat ini mengungkapkan keadaan atau kondisi sementara dari kelompok tersebut.
    • Contoh penggunaannya:
      • “Nosotros estamos cansados” (Kami lelah).
      • “Nosotras estamos ocupadas” (Kami sibuk).
      • “Nosotros estamos en casa” (Kami berada di rumah).
      • “Nosotras estamos contentas” (Kami senang).

Perbedaan utama antara “somos” dan “estamos” adalah bahwa “somos” lebih mengungkapkan identitas atau sifat yang melekat secara lebih permanen, sedangkan “estamos” lebih mengungkapkan keadaan atau kondisi yang bersifat sementara atau situasional.

Pilihan antara “somos” dan “estamos” tergantung pada apa yang ingin Anda sampaikan. Jika Anda ingin mengungkapkan identitas atau sifat yang melekat pada kelompok tersebut, gunakanlah “somos”. Namun, jika Anda ingin mengungkapkan keadaan atau kondisi sementara dari kelompok tersebut, gunakanlah “estamos”.

Apa Bahasa Spanyolnya “Kalian”

Berikut ini penjelasan rinci mengenai cara menyebutkan “kalian” dalam bahasa Spanyol:

  1. “Vosotros/Vosotras”:
    • “Vosotros” digunakan untuk merujuk kepada kelompok yang terdiri dari laki-laki saja atau campuran laki-laki dan perempuan.
    • “Vosotras” digunakan untuk merujuk kepada kelompok yang terdiri dari perempuan saja.
    • Biasanya digunakan di Spanyol Eropa, sedangkan di Amerika Latin lebih umum menggunakan “ustedes” sebagai bentuk jamak resmi dan informal.
    • Contoh penggunaannya:
      • “Vosotros sois estudiantes” (Kalian adalah mahasiswa).
      • “Vosotras sois amigas” (Kalian adalah teman-teman).
      • “Vosotros habláis español” (Kalian berbicara bahasa Spanyol).
      • “Vosotras estáis ocupadas” (Kalian sedang sibuk).
  2. “Ustedes”:
    • “Ustedes” digunakan di seluruh dunia berbahasa Spanyol sebagai bentuk jamak formal dan informal untuk merujuk kepada “kalian”.
    • Bentuk ini digunakan baik untuk kelompok yang terdiri dari laki-laki saja, perempuan saja, atau campuran laki-laki dan perempuan.
    • Contoh penggunaannya:
      • “Ustedes son estudiantes” (Kalian adalah mahasiswa).
      • “Ustedes son amigas” (Kalian adalah teman-teman).
      • “Ustedes hablan español” (Kalian berbicara bahasa Spanyol).
      • “Ustedes están ocupados” (Kalian sedang sibuk).

Perlu dicatat bahwa kata kerja dalam bahasa Spanyol harus dikonjugasikan sesuai dengan bentuk kata ganti orang kedua jamak yang digunakan. Misalnya, untuk “vosotros”, kita menggunakan kata kerja dalam bentuk jamak orang kedua “sois”, sedangkan untuk “ustedes”, kita menggunakan kata kerja dalam bentuk jamak orang ketiga seperti “son” atau “están”.

Pilihan antara “vosotros/vosotras” dan “ustedes” tergantung pada preferensi regional dan konteks percakapan. Di Amerika Latin, “ustedes” lebih umum digunakan sebagai bentuk jamak formal dan informal, dan bahkan bisa dibilang tidak ada yang menggunakan “vosotros/vosotras”.

Namun, berbeda dengan di Spanyol, “vosotros/vosotras” lebih umum digunakan untuk menyebut “kalian” secara informal dan “ustedes” digunakan untuk menyebut “kalian” secara formal.

Ser dan Estar pada “Kalian” (Vosotros/Vosotras sois, Vosotros/Vosotras sois estáis, Ustedes son, dan Ustedes están)

Dalam bahasa Spanyol, untuk menyebutkan “kalian” dan menggunakan kata kerja “ser” atau “estar”, berikut penjelasan rinci mengenai perbedaan penggunaannya:

  1. “Vosotros/Vosotras sois”:
    • “Vosotros sois” digunakan ketika ingin mengungkapkan identitas atau sifat yang melekat pada kelompok kalian.
    • “Vosotras sois” digunakan jika kalian adalah kelompok perempuan saja.
    • “Sois” adalah konjugasi dari “Ser” untuk “Vosotros/Vosotras”.
    • Contoh penggunaannya:
      • “Vosotros sois estudiantes” (Kalian adalah mahasiswa).
      • “Vosotras sois amigas” (Kalian adalah teman-teman / Kalian berteman).
      • “Vosotros sois inteligentes” (Kalian pintar).
      • “Vosotras sois altas” (Kalian tinggi).
  2. “Vosotros/Vosotras estáis”:
    • “Vosotros estáis” digunakan ketika ingin menyampaikan keadaan atau kondisi sementara kalian.
    • “Vosotras estáis” digunakan jika kalian adalah kelompok perempuan saja.
    • “Estáis” adalah konjugasi dari “Estar” untuk “Vosotros/Vosotras”.
    • Contoh penggunaannya:
      • “Vosotros estáis cansados” (Kalian lelah).
      • “Vosotras estáis ocupadas” (Kalian sibuk).
      • “Vosotros estáis en casa” (Kalian berada di rumah).
      • “Vosotras estáis contentas” (Kalian senang).
  3. “Ustedes son”:
    • “Ustedes son” digunakan untuk menyatakan identitas atau sifat yang melekat pada kelompok kalian secara formal.
    • “Son” adalah konjugasi dari “Ser”
    • Contoh penggunaannya:
      • “Ustedes son estudiantes” (Kalian adalah mahasiswa).
      • “Ustedes son amigas” (Kalian adalah teman-teman).
      • “Ustedes son inteligentes” (Kalian pintar).
      • “Ustedes son altos” (Kalian tinggi).
  4. “Ustedes están”:
    • “Ustedes están” digunakan untuk menyatakan keadaan atau kondisi sementara kalian secara formal.
    • “Están” adalah konjugasi dari “estar”.
    • Contoh penggunaannya:
      • “Ustedes están cansados” (Kalian lelah).
      • “Ustedes están ocupados” (Kalian sibuk).
      • “Ustedes están en casa” (Kalian berada di rumah).
      • “Ustedes están contentos” (Kalian senang).
BACA JUGA:  Cara Menanyakan dan Menunjukkan Arah dalam Bahasa Spanyol

Sama seperti lainnya, “Ser” digunakan untuk menyatakan identitas atau sifat yang melekat secara lebih permanen, sementara “estar” digunakan untuk menyatakan keadaan atau kondisi sementara.

Apa Bahasa Spanyolnya “Mereka”

Berikut penjelasan rinci mengenai cara menyebutkan “mereka” dalam bahasa Spanyol:

  1. “Ellos”:
    • “Ellos” digunakan untuk merujuk kepada kelompok yang terdiri dari laki-laki saja atau campuran laki-laki dan perempuan.
    • Contoh penggunaannya:
      • “Ellos son estudiantes” (Mereka adalah mahasiswa).
      • “Ellos son amigos” (Mereka adalah teman).
      • “Ellos hablan español” (Mereka berbicara bahasa Spanyol).
      • “Ellos están ocupados” (Mereka sedang sibuk).
  2. “Ellas”:
    • “Ellas” digunakan untuk merujuk kepada kelompok yang terdiri dari perempuan saja.
    • Contoh penggunaannya:
      • “Ellas son estudiantes” (Mereka adalah mahasiswi).
      • “Ellas son amigas” (Mereka adalah teman perempuan).
      • “Ellas hablan español” (Mereka berbicara bahasa Spanyol).
      • “Ellas están ocupadas” (Mereka sedang sibuk).

Perlu dicatat bahwa dalam bahasa Spanyol, kata benda dan kata sifat yang mengikuti kata ganti orang ketiga jamak haruslah dalam bentuk jamak yang sesuai. Misalnya, jika menggunakan “ellos”, kata kerja dan kata sifat yang mengikutinya haruslah dalam bentuk jamak laki-laki. Sedangkan jika menggunakan “ellas”, kata kerja dan kata sifat yang mengikutinya haruslah dalam bentuk jamak perempuan.

Pilihan antara “ellos” dan “ellas” tergantung pada jenis kelamin anggota kelompok yang sedang Anda bicarakan. Jika kelompok tersebut terdiri dari laki-laki saja atau campuran laki-laki dan perempuan, gunakan “ellos”. Jika kelompok tersebut terdiri dari perempuan saja, gunakan “ellas”.

Ser dan Estar pada “Mereka” (Ellos/Ellas son dan Ellos/Ellas están)

Berikut penjelasan mengenai perbedaan antara penggunaan “ser” dan “estar” pada kata ganti “mereka” dalam bahasa Spanyol:

  1. “Ser”:
    • “Ser” digunakan untuk menyatakan identitas atau sifat yang melekat secara lebih permanen pada kelompok “mereka”.
    • Contoh penggunaannya:
      • “Ellos son estudiantes” (Mereka adalah mahasiswa).
      • “Ellas son amigas” (Mereka adalah teman-teman perempuan).
      • “Ellos son inteligentes” (Mereka pintar).
      • “Ellas son altas” (Mereka tinggi).
  2. “Estar”:
    • “Estar” digunakan untuk menyatakan keadaan atau kondisi sementara pada kelompok “mereka”.
    • Contoh penggunaannya:
      • “Ellos están cansados” (Mereka lelah).
      • “Ellas están ocupadas” (Mereka sedang sibuk).
      • “Ellos están en casa” (Mereka berada di rumah).
      • “Ellas están contentas” (Mereka senang).

Penggunaan “ser” dan “estar” pada kata ganti “mereka” mirip dengan penggunaannya pada kata ganti jamak lainnya. “Ser” digunakan untuk mengungkapkan identitas atau sifat yang melekat secara lebih permanen pada kelompok “mereka”, sementara “estar” digunakan untuk mengungkapkan keadaan atau kondisi sementara.

Perlu diingat bahwa kata kerja dan kata sifat yang mengikuti kata ganti orang ketiga jamak haruslah dalam bentuk jamak yang sesuai dengan jenis kelamin anggota kelompok. Misalnya, jika menggunakan “ellos”, kata kerja dan kata sifat yang mengikutinya haruslah dalam bentuk jamak laki-laki. Sedangkan jika menggunakan “ellas”, kata kerja dan kata sifat yang mengikutinya haruslah dalam bentuk jamak perempuan.

Catatan mengenai “Usted” dan “Ustedes”

Seperti telah diinformasikan sebelumnya, “Usted” digunakan untuk merujuk pada kata ganti orang kedua tunggal, sementara “Ustedes” untuk kata ganti orang kedua plural. Akan tetapi, keduanya sering digolongkan ke dalam kelompok kata ganti orang ketiga, akibat kemiripan dari konjugasinya dengan “Él”, “Ella”, “Ellos”, dan “Ellas”.

Maksudnya begini:

  • Pada “Él” dan “Ella”, penggunaan “to be” (ser) nya adalah “es”, ini mirip dengan “Usted” yang juga menggunakan “es”, menjadi “Él es”, “Ella es” dan “Usted es”.
  • Pada “Él” dan “Ella”, penggunaan “to be” (estar) nya adalah “está”, ini mirip dengan “Usted” yang juga menggunakan “está”, menjadi “Él está”, “Ella está” dan “Usted está”.
  • Pada “Ellos” dan “Ellas”, penggunaan “to be” (ser) nya adalah “son”, ini mirip dengan “Ustedes” yang juga menggunakan “son”, menjadi “Ellos son”, “Ellas son” dan “Ustedes son”.
  • Pada “Ellos” dan “Ellas”, penggunaan “to be” (estar) nya adalah “están”, ini mirip dengan “Ustedes” yang juga menggunakan “están “, menjadi “Ellos están”, “Ellas están” dan “Ustedes están”.

Pengucapan dalam Bahasa Spanyol

Ingat, saat berbicara dalam bahasa Spanyol, ada beberapa huruf yang pengucapannya berbeda, diantaranya sebagai berikut:

  • Huruf “H” tidak dibaca sama sekali, jadi misalnya kata “Hola” maka akan dibaca sebagai “Ola”,
  • Kombinasi huruf “LL” atau “ll” dibaca seperti huruf “Y”,
  • Huruf “J” dibaca sebagai huruf “H”,
  • Huruf “E” dibaca seperti “É” seperti dalam bahasa Sunda,
  • Huruf “C” umumnya dibaca seperti “K”, namun saat bertemu huruf “E” (ce) dan “i” (ci) maka akan dibaca seperti huruf “S” (se dan si),
  • Huruf “G” dibaca seperti “G”, namun saat bertemu huruf “E” (ge) dan “i” (gi) maka akan dibaca seperti huruf “H” namun tidak diucapkan secara tegas (he dan hi),
  • Huruf “Ñ” dibaca seperti “NY” (seperti dalam kata “nyoman”), misalnya kata “niño” (bocah laki-laki) akan dibaca “ninyo”,
  • Huruf “R” selalu diucapkan secara tegas dan tebal, terutama saat membaca kata yang huruf “R” nya ganda, seperti “Perro” (anjing),
  • Kombinasi “CH” dibaca seperti pada bahasa Indonesia, misalnya “Chacha”,
  • Huruf “V” dibaca seperti huruf “B” tipis,
  • Huruf “O” dibaca seperti “O” pendek,
  • Huruf “Y” dibaca seperti “Y”, namun kadang ada beberapa dialek di negara berbahasa Spanyol yang mengucapkannya terdengar seperti “J” atau “Ch”, misalnya pada kata “Yo” (Aku/Saya) secara umum dibaca sebagai “Yoh”, namun kadang ada yang pengucapannya menjadi “Jo”, “Jyo”, atau “Cho”,
  • Huruf “L” dibaca seperti huruf “L” tebal
  • Selain yang disebutkan di atas, pengucapannya kurang lebih seperti pada bahasa Indonesia.

Kesimpulan

Setelah mempelajari pengucapan “aku” (yo), “kamu” (tú atau usted), “dia” (él/ella), “kalian” (vosotros/vosotras atau ustedes), dan “mereka” (ellos/ellas), kita dapat menyimpulkan bahwa bahasa Spanyol memiliki beragam kata ganti orang yang digunakan dalam berbagai konteks dan situasi.

Penting untuk memperhatikan perbedaan gender dan jumlah dalam penggunaan kata ganti tersebut. “Aku” digunakan untuk merujuk pada diri sendiri, “kamu” digunakan untuk merujuk pada orang yang diajak bicara, “dia” digunakan untuk merujuk pada orang ketiga tunggal, “kalian” digunakan untuk merujuk pada orang ketiga jamak, baik secara formal maupun informal, sementara “mereka” digunakan untuk merujuk pada kelompok orang ketiga jamak.

Selain itu, dalam bahasa Spanyol, perhatikan juga perbedaan antara kata kerja “ser” dan “estar” yang digunakan untuk menyatakan identitas, sifat yang melekat, atau keadaan dan kondisi sementara. Dengan memahami pengucapan dan penggunaan kata ganti ini, kita dapat berkomunikasi dengan lebih baik dalam bahasa Spanyol dan memahami orang-orang di sekitar kita dengan lebih baik pula.

Scroll to Top